Movie Review: Bedevilled (2010)


Bedevilled | 2010 | Korean Movie | Drama-Thriller

Korea memang jagonya membuat film – film bergenre drama yang dibalut dengan unsur thriller, darah – darah, dan unsur balas dendam, salah satunya adalah Bedevilled (2010). Mari kita bertemu dengan Hae-won (Ji Sung-Won) seorang karyawati bank di Seoul yang tipikal wanita karier seusianya, single, kurang bisa berempati, pasif, cenderung apatis, dan perfeksionis dalam bekerja. Hae-won baru – baru ini menjadi saksi mata sebuah pembunuhan seorang gadis di jalanan, hal ini membuat dia takut diburu oleh kawanan pembunuh tersebut sehingga mengaku pada polisi bahwa dia lupa siapa pembunuh gadis itu. Selagi menghadapi kebingungan sebagai seorang saksi mata, Hae-won disibukan oleh pekerjaan di kantor yang menyita kesabaran dan emosi. Disela – sela itu, Hae-won terus mendapatkan surat dan telepon dari sahabat kecilnya, Bok-nam (Yeong-hie Seo), yang tinggal di sebuah pulau bernama Moo-do Island, tempat kakek Hae-won tinggal dulu.

Sebuah peristiwa terjadi di kantor Hae-won dan memaksanya untuk menenangkan diri di Moo-do Island. Di pulau terpencil yang hanya dihuni beberapa orang yang kebanyakan wanita lansia tersebut, Hae-won disambut hangat oleh Bok-nam yang memang sudah mengharapkan kedatangannya. Kehidupan Bok-nam di Moo-do Island ternyata sangat menyedihkan, dia mendapatkan perlakuan yang sangat kasar baik secara fisik. psikis, dan seksual dari suami, adik iparnya yang cacat mental, mertuanya, dan juga warga yang provokator. Kesengsaraan hidup Bok-nam dan masa depan putrinya semata wayangnya lah yang menjadi dasar mengapa Bok-nam ingin Hae-won datang dan membawa mereka ke Seoul dan memulai hidup normal disana. Ternyata kedatangan Hae-won yang begitu diharapkan justru sama sekali tidak membantu meringankan kepedihan hidup Bok-nam sampai akhirnya terjadi sebuah insiden yang membangunkan sisi monster dalam diri Bok-nam.

Film ini adalah debut penyutradaraan dari Chul-soo Yang dan sebagai seorang sutradara debutan dia mampu dengan baik mengeksekusi dan membangun mood penonton dari awal sampai mendekati puncaknya film ini. Di bagian awal kita berhasil dibuat berempati pada tokoh Bok-nam dan merasakan kepedihan dan kemirisan yang dirasakan Bok-nam, jujur saya sendiri merasakan depresif di awal – awal film ini. Selanjutnya film yang sejak awal dibuat dalam suasana melodramatis berhasil diubah menjadi thriller-slasher yang cukup intens, kita tidak hanya dibuat berdebar – debar tetapi kita juga bisa merasakan amarah yang meluap – luap sama seperti Bok-nam. Adegan – adegan sadis dan darah – darah yang bercucuran dibuat serasional mungkin dan tidak berlebihan. Sebenarnya sebagai pencinta genre slasher saya menginginkan adegan yang lebih sadis dan lebih intens lagi tetapi film ini memang bukan murni thriller/slasher jadi adegan sadis dan berdarah – darah memang sudah pas porsinya.

Aktor dan aktris yang mendukung film ini semuanya memang bermain dengan baik dan mampu masuk dalam karakter masing – masing tetapi yang sangat mencolok tentunya adalah Yeong-hie Seo yang berperan sebagai Bok-nam. Aktris Yeong-hie Seo berhasil menjadi sosok Bok-nam yang tertindas, optimis ditengah kepedihan hidupnya hingga menjadi Bok-nam yang penuh amarah dan kejam. Totalitas Yeong-hie Seo memerankan Bok-nam terlihat dari perubahan fisik aslinya yang cantik menjadi kumal, saya bahkan tidak menyadari bahwa saya pernah melihat Yeong-hie Seo sebelumnya di film thriller korea, The Chaser. Di film The Chaser Yeong-hie Seo tampil cantik, putih, dan kurus namun demi totalitasnya berperan sebagai Bok-nam, Yeong-hie Seo sepertinya rela menaikkan berat badan dan menggelapkan kulitnya.

Tidak bisa dipungkiri Bedevilled adalah sebuah sajian drama/thriller yang berkualitas namun saya agak kecewa dengan bagian ending film ini karena sepertinya Bedevilled mempunyai potensi yang besar menghadirkan twist dan ending yang lebih hebat dan mencengangkan. Secara keseluruhan Bedevilled adalah tontonan yang recommended tetapi bersiap – siaplah emosi anda dibuat naik turun oleh Bedevilled.

Movie Score (4/5)

Bedevilled Official Trailer:


©writtenbyrioaditomo240211

3 thoughts on “Movie Review: Bedevilled (2010)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s