Music Video’s Battle: Britney, Gaga, or J.Lo?


Awal tahun 2011 ini kita sudah dihebohkan oleh tiga diva pop dunia Britney Spears, Lady Gaga, dan Jennifer Lopez yang kembali meramaikan tangga lagu dunia lewat single – single terbaru mereka. Dimulai oleh Britney Spears yang merilis single Hold It Against Me 11 januari 2011 silam, satu bulan kemudian disusul oleh Lady Gaga dengan Born This Way lalu Jennifer Lopez dengan On The Floor featuring Pitbull. Ketiga diva pop dunia tersebut memang sudah lama tidak merilis album, J.Lo terakhir merilis album pada tahun 2007, Britney merilis album kompilasi pada tahun 2009, dan Lady Gaga terakhir merilis album extended play dari album pertamanya, The Fame Monster, di tahun 2009. Kecuali Lady Gaga yang masih meramaikan tangga lagu dengan single Alejandro tahun lalu, Britney dan J.Lo sama – sama rehat dan baru merilis single resmi di tahun ini.

Baik Britney, Gaga, dan J.Lo sudah merilis video klip untuk masing – masing single. Britney merilis video klip Hold It Against Me pada 18 Februari lalu disutradarai oleh Jonas Akerlund, 10 hari kemudian Gaga muncul dengan Born This Way disutradarai oleh Nick Knight, disusul Jennifer Lopez yang merilis video musik On The Floor yang disutradarai TAJ Stansberry pada 3 Maret lalu. Sepertinya seru ya jika kita menilai video klip mana yang paling keren dari tiga video klip tersebut. Maka di catatan feature saya kali ini, saya akan sedikit mengulas dan memberi penilaian pada video klip milik Britney, Gaga, dan J.Lo. So who own the throne? Check it out readers.

Britney Spears – Hold It Against Me


Sutradara: Jonas Akerlund | Rilis: 18 February 2011
Watch Here
: Britney Spears Vevo


Sinopsis:
Dalam video klip Hold It Against Me, Britney Spears berperan sebagai seorang penyanyi yang datang dari luar angkasa. Menurut nalar saya, konsep video klip ini sederhana ingin memperlihatkan perjalanan karier Britney dari melejit bak roket kemudian kariernya terus menanjak lalu harus rela turun karena banyak hal termasuk citra buruk dan gosip – gosip yang beredar. Tetapi ada momen dimana Britney berusaha melawan ego dan sifat buruknya hingga bisa bangkit lagi dari keterpurukannya selama ini. Semua suka – duka Britney divisualisasikan lewat cat warna – warni, perjalan karier Britney divisualisasikan lewat TV yang menjadi latar saat Britney memakai gaun pengantin yang memuat video – video lama miliknya seperti Baby One More Time, Sometimes, dan lainnya, dan usaha Britney melawan sisi gelap dan egonya divisualisasikan lewat adegan aksi baku hantam dua orang Britney.

In My Opinion:
Jonas Akerlund yang memang sudah sangat piawai meramu video klip, sebelumnya Jonas sudah berhasil menggarap video klip Madonna dan Lady Gaga. Dalam video klip ini Jonas mampu memvisualisasikan makna – makna yang tersurat dengan sangat baik. Britney seperti biasa tampil cantik tetapi postur tubuhnya sekarang terlihat tidak seseksi dulu. Menurut saya Britney tidak nyaman dengan wardrobe-nya sehingga terlihat kaku saat menari atau mungkin bukan salah wardrobe tetapi memang karena postur tubuh Britney yang membuat dia terlihat kurang lincah. Dari segi art directing, properti, dan setting studio semua cukup memukau. Overall bagus kecuali Britney yang tidak terlihat nyaman dengan wardrobenya.
Score: (3,5/5)

***

Lady Gaga – Born This Way


Sutradara: Nick Knight | Rilis: 28 February 2011
Watch Here: Lady Gaga Vevo

Sinopsis:
Lady Gaga berperan sebagai ibu alien, iblis alien, anak alien, alien bertato bertuxedo, dan alien yang menirukan gaya Michael Jackson. Sepertinya video klip ini all about alien and new born race of the imperfect aliens.

In My Opinion:
Lady Gaga muncul lagi dengan tampilan eksentrik sebagai alien, sungguh sangat ajaib. Konsepnya bagus ada sentuhan film A Space Odyssey di awal dengan scoring yang mantap, ada sentuhan video klip fashion a la Madonna, ada beberapa bagian koreografi yang mirip dengan koreografi Madonna di Express Yourself, dan tentu saja video klip Born This Way ini memang sangat kental Madonna-nya sama seperti lagunya. Video klip yang dibuat secara teaterikal ini disutradarai oleh Nick Knight yang pernah mensutradarai video klip milik Bjork “Pagan Poetry”. Nick Knight sendiri punya basic di bidang fotografi maka tidak heran banyak komposisi – komposisi indah dalam video klip ini. Yang paling keren dan patut diberi acungan jempol adalah tim make-up-nya karena bisa menghadirkan make-up yang keren di setiap scene dan di setiap wardrobe-nya. Tribute Gaga di akhir video untuk Michael Jackson juga sangat menucri perhatian. Intinya meskipun sepertinya Gaga ingin mentasbihkan dirinya sebagai Madonna yang baru (which is ga apa – apa juga), video klip Born This Way ini sangat bagus dan keren.
Score: (4/5)

***

Jennifer Lopez featuring Pitbull – On The Floor


Sutradara: TAJ Stansberry | Rilis: 3 Maret 2011
Watch Here: Jennifer Lopez Vevo

Sinopsis:
Lopez memerankan dua karakter, si professional dancer dan si ratu dansa. Video klip ini bercerita tentang penari yang datang ke sebuah club paling terkenal dan menari di tengah – tengah “Party People”. Club tersebut diawasi oleh ratu dansa yang diperankan juga oleh J.Lo dan raja dansa Pitbull, keduanya mengawasi dari balkon di club tersebut.

In My Opinion:
Video klip On The Floor memang tipikal video klip dance kebanyakan. Club, pesta, scene penyanyi close-up, scene penyanyi sedang menari memakai baju seksi, perhiasan dan properti yang disponosri merk terkenal, and so on. Yang istimewa dari video klip ini adalah tampilan fisik Jennifer Lopez alias J.Lo yang masih sangat seksi, segar, dan prima diusianya yang sudah kepala empat dan memiliki anak kembar, selebihnya tidak ada yang istimewa kecuali memang lagunya yang memang enak didengar dan enak untuk joget. Tidak ada yang berubah dari Pitbull masih menggunakan tuxedo, kacamata hitam, dan clubbing all night. Memang konsep video klip ini dibuat sesuai dengan konsep lagunya. Overall lumayan lah melihat J.Lo yang look so hot and stunning in this music video.
Score: (3/5)

***

Akhirnya dari poin – poin di atas dapat disimpulkan bahwa video klip yang paling keren antara Hold It Against Me – Britney, Born This Way – Gaga, dan On The Floor – J.Lo adalah *drum roll please*…… “LADY GAGA – BORN THIS WAY” yang memang wajar menjadi yang terbaik karena digarap dengan jenius oleh kepala – kepala yang hebat seperti Nick Knight, Lady Gaga, Tim Make Up, dan Tim Artistik-nya. Walaupun J.Lo memperoleh score paling sedikit tetapi lagu On The Floor menjadi favorit saya dibandingkan dua lagu lainnya. So, ini menurut saya, gimana menurut anda who deserves the throne, is it Britney Spears, Jennifer Lopez, or Lady Gaga?

©writtenbyrioaditomo080311

3 thoughts on “Music Video’s Battle: Britney, Gaga, or J.Lo?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s