Music Review: 21 – Adele (Album)


Adele Laurie Blue Adkins (ADELE)

Should I give up or should I just keep chasing pavements even if it leads nowhere..

Tahu lirik diatas? atau setidaknya pernah ngeh dengan lirik di atas? Saya rasa sebagai pencinta musik pastinya anda tahu lagu apa yang saya maksud. Ya, lirik tersebut diambil dari lagu..

Chasing Pavements milik penyanyi yang berasal dari daratan Inggris raya, Adele, yang dirilis tahun 2008 lalu. Jujur saya suka lagu Chasing Pavements karena kakak saya yang berprofesi sebagai penyiar radio selalu memutar lagu tersebut di-playlist-nya saat On Air. Pada saat itu saya tidak terlalu menggandrungi Adele dan sama sekali tidak tahu bagaimana appearance dari seorang Adele.

Pada akhir bulan februari kemarin tidak sengaja saya mendengar sebuah lagu berjudul Rolling in the Deep yang dinyanyikan Adele di sebuah radio dan langsung jatuh cinta dengan lagunya. Berkali – kali didengar lagu ini membuat saya ingin mengetahui siapa Adele sebenarnya dan saya terkejut ternyata Adele yang selama ini ada di kepala saya tidak seperti Adele yang sebenarnya. Dalam pikiran saya Adele adalah penyanyi kulit hitam karena suaranya yang soulful tapi ternyata seorang penyanyi kulit putih yang curvy dan umurnya hanya terpaut satu tahun lebih tua dari saya. Lagi – lagi saya tertipu, dulu saya pikir Amy Winehouse adalah penyanyi kulit hitam. Ternyata oh ternyata Adele itu imut sekali seperti Leighton Meester versi berisi, hehe.. Dan ternyata Adele pernah satu kelas dengan teman sesama penyanyi asal Inggris, Leona Lewis.

Adele: Amazing British Young Talent

Ternyata lagu Rolling in the Deep sudah dirilis sejak lama di daratan Eropa pada 29 November 2010 lalu dan menuai pujian dari pengamat musik. Saat membuka chart Billboard Top 200 Album minggu kemarin saya melihat album Adele yang berjudul 21 bertengger di posisi tersebut dan masih menjadi juara di minggu ini. Karena albumnya mampu merajai chart paling prestisius di dunia, saya jadi tertarik untuk mendengarkan seluruh lagu dari album Adele ini. Sebelumnya saya tidak pernah mendengar full album dari Adele jadi saya tidak bisa membandingkan karyanya yang sekarang dengan album debutnya dulu yang bertajuk 19.

Cover Album Adele 2

Album 21 berisi 11 lagu yang hampir semua lagu ditulis oleh Adele sendiri dibantu beberapa musisi – musisi papan atas asal Inggris seperti Ryan Tedder dari One Republic, Rick Rubin, Paul Epworth, dan lainnya. Talenta besar dari Adele sungguh patut diacungi jempol, Adele yang mengaku sangat terinspirasi oleh musik Spice Girls, Etta James, dan Peggy Lee ini mampu menulis lagu – lagu yang bagus dengan didukung suara unik yang soulful seperti perpaduan Keyshia Cole dan Tompi. Album 21 ini bernuansa campuran Blues, Soulful, Gospel, dan sedikit Country feel. Sangat mengejutkan memang di usianya yang baru menginjak 23 tahun, Adele bisa punya banyak referensi musik dan mengekspresikannya dalam bentuk musik yang dewasa dan berkualitas. Pasar musik yang sedang menggandrungi nuansa dance electropop terpaska harus sedikit melirik ke arah Adele yang ternyata sukses dengan jalurnyayang old fashion dan lebih organik.

Rolling in the Deep Cover

Ada beberapa lagu yang memang menjadi favorit saya dari album Adele ini. Pertama tentu saja Rolling in the Deep yang Adele deskripsikan sebagai “dark bluesy gospel disco tune” dan memang benar bernuansa gelap karena tema lagunya yang menggambarkan bagaimana sakitnya perasaan perempuan dipermainkan perasaanya oleh sang kekasih yang berselingkuh. Diawali dengan alunan gitar akustik lalu beat drum yang menghentak, backing choir di chorus yang ear-catching dan membuat kita ingin sing along dengan vocal Adele yang unik, ditambah dentingan piano yang menyatu dalam nuansa blues dan gospel. Sungguh menyenangkan.

Lagu kedua favorit saya adalah Rumor Has It yang diproduseri oleh Ryan Tedder. Lagu ini sangat tidak Ryan Tedder-ish sekali kecuali drum loop yang menghentak – hentak khas One Republic. Sungguh berbeda dari tipikal lagu karya Ryan Tedder yang pop seperti Halo milik Beyonce, Already Gone milik Kelly Clarkson, atau lainnya. Rumor Has It buat saya unik dari segi vocal arragement choir-nya, dicampur dengan feel blues dan soulfulnya Adele. Pada bagian bridge Rumor Has It menonjolkan sisi Blues-nya yang sangat keren.

Siapa yang tidak kenal lagu Lovesong milik grup band legendaris The Cure yang rilis di tahun 1989? Sebuah lagu yang evergreen dan edgy pernah juga dibuat cover version oleh group 311 untuk original soundtrack 50 First Date dan banyak musisi lainnya yang menyanyikan ulang lagu ini seperti Tori Amos, Blake Lewis, Death Cab for Cutie, dan lainnya. Di album ini Adele juga membawa kita bernostalgia kembali lewat lagu ini dengan nuansa Bluesy, lagu ini jadi lebih fresh untuk didengar.

Super Talented Adele
Introducing Ms. Talented: Ms. Adele

Lagu lainnya juga sangat enak didengar seperti Don’t You Remember yang bernuansa sedikit Country dan Ballad, He Won’t Go yang bernuansa R&B dan sedikit retro mengingatkan seperti gaya bermusik Alicia Keys, I’ll Be Waiting bernuansa Soul, Funk dan Gospel seperti lagu Soar milik Christina Aguilera di album stripped dengan sedikit sentuhan Macy Gray, dan tentunya yang akan menjadi single kedua dari album ini Set Fire to the Rain, sangat patut diacungi jempol dengan iringan piano dan drum lebih kental nuansa pop-nya.

Ya, keseluruhan album ini memang sangat saya rekomendasikan. Sebuah kualitas musik yang dewasa dari seorang penyanyi muda yang sangat berbakat dari Britania Raya. Mirip dengan pendahulunya Amy Winehouse dan Duffy yang sukses membawa old school sound a la eropa ke ranah pop di Amerika Serikat dan dunia. Tak salah memang album Adele ini menjuari Billboard Hot 200 Album Chart dan pada 2009 lalu memenangkan 2 Grammy Awards untuk Best New Artist dan Best Female Pop Vocal Performance. A Very worth to buy album. Mudah – mudahan label di Indonesia akan merilis album ini juga secara resmi.

Tracklist 21 by Adele:
1. “Rolling in the Deep” 3:48
2. “Rumour Has It” 3:43
3. “Turning Tables” 4:10
4. “Don’t You Remember” 4:03
5. “Set Fire to the Rain” 4:02
6. “He Won’t Go” 4:38
7. “Take It All” 3:48
8. “I’ll Be Waiting” 4:01
9. “One and Only” 5:48
10. “Lovesong” 5:16
11. “Someone Like You” 4:45
12. “If It Hadn’t Been For Love” 3:08

Album Score (4/5)

Buka juga Adele’s Official Web : Disini

Download Album 21 Legal : Adele iTunes

Lihat Official Music Video “Rolling In The Deep” dari Adele


©writtenbyrioaditomo140311

38 thoughts on “Music Review: 21 – Adele (Album)

    1. Hi Andre, terima kasih ya sudah mau mengunjungi blog saya.. Terima kasih juga atas pujiannya tapi saya belum ada apa – apanya kok dibanding sesepuh blog yang lain… Hehehehe… Album ini memang luar biasa memberi angin segar ditengah – tengah musik pop yang sesuai dengan selera pasar yang itu – itu saja…

    1. Hahaha, berarti bukan perasaan aku aja ya apalagi di foto2 di post ini mirip leighton banget.

      Sama, sebelum bikin post ini ga pernah tau penampakan Adele kaya apa cuma tau lagunya.

      Aku suka blog sama konsep kamu di blog itu.. sukses ya maudy🙂

  1. Salam kenal Mas Rio … saya juga fans baru dari Adele … sekarang ini yang jadi favourite saya : Someone Like You ….. lagu Adele yang lain akan saya cermati juga. Adele wajahnya ok banget dalam artian positif ….

  2. bro gmna cara ngedownload semua lagunya adele.?
    gw cari d 4shared…ngak bisa…plg hanya beberapa…?
    tolong amsukannya.?>

    1. Halo Dinda, thanks udah mampir ke blog saya. Link-nya saya kirim ke email kamu langsung ya, coba dulu di download saya gak tanggung jawab sama isi linkya dan kualitas mp3 nya oke🙂

  3. aq juga baru tau ttg Adele.scr ga sengaja aja liat video klip nya di tv.pas didenger2in, suaranya sangar banget.oks banget.jadi pingin beli kaset CD album nya ^^

  4. Secara umum lagu adele bgus bgt. Vokal nya jempol lah.. Apa lagi yg Set fire to the rain dan don’t you remember. Merinding dgr nya. Salut lah..

    Semoga adele mengeluarkan trus pengalaman pribadi nya dlm lirik2 lagu. Saya menanti..

  5. Hai Rio,

    Blog yang recommended ketika saya mencari tahu tentang siapakah Adele dan lagu-lagunya yang mana yang harus didengar.
    Adele yang lahir ketika saya sudah menikmati suara-suara bagus Whitney Houston, Cindy Lauper, Madonna, Wilson Phillips. Saat ini tidak salah jika saya bisa katakan Adele ada di deretan mereka yang pernah berjaya dijamannya.
    Adele memberikan kesegaran baru dalam kancah musik dunia dengan suara indahnya yang powerful dan khas.
    Thanks sudah berbagi di blognya.

    1. Terima kasih juga Mbak Rosalina sudah mampir ke Blog saya. Bisa dibilang Adele adalah Voice of 2010’s Generation, setiap masa punya ikon-nya masing – masing, jaman saya juga ada Christina Aguilera🙂

  6. Ulasan yang asyik utn dibaca🙂
    btw boleh dishare donk link utk download semua lagunya Adele..tks Bro🙂

    1. Halo Mbak Sally, terima kasih sudah mampir. Nanti saya coba kirim lewat e-mail ya tapi isinya bukan tanggung jawab saya soalnya saya cuma cari link-nya aja🙂

  7. terpuaskan dengan baca Blog ini sungguh luar biasa semuanya lengkap tapi kenapa tidak dimasukkan jg jadi diri Adele nya ya..?? jd kan kita tahu kapan and diman Adele dilahirkan..

  8. kak rio, makasih infonya🙂
    oh ya, aku dipanggil “adele” oleh orang2 terutama kakak2 tingkat ku

    oh ya, aku mau jg dong kak link kumpulan lagu2 nya adele🙂

  9. Album 21 Adele Adkins memang luar biasa, lagu-lagunya keren dan kalo buat aku sih lagu-lagunya ngga bosen buat didengar🙂
    i’ll be waiting for the next Adele album

  10. terima kasih admin udah ngereview penyanyi favorit saya, Adele. saya jadi lebih tahu banyak tentangnya. mungkin saya akan lebih sering2 mampir di halaman ini.
    tapi kalau saya boleh komen dikit, daripada lagu rolling in the deep versinya chester b. saya lebih suka yang versi akustiknya boyce avenue (CHECK : http://www.youtube.com/watch?v=j7JF6tf7OSQ). meskipun lagunya tentang amarah tapi om boyce membuatnya menjadi lebih santai ala akustik
    tapi sehebat apapun penyanyinya saya tetep suka kalau adele yang nyanyi

  11. nice review…lagu-lagu yang dinyanyikan Adele memang patut diacungi empat jempol…salute to Adele…and to you for writing a nice review…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s