10 Film Horror Nasional Terseram dalam 1 Dekade (Part1)


10 Film Horror Nasional Terseram dalam 1 Dekade

Horror adalah salah satu genre film yang digandrungi banyak orang khususnya di Indonesia. Apa buktinya kalau horror banyak disukai masyarakat kita? Coba cek di website jaringan bioskop terbesar di Indonesia, lihat film – film apa saja yang sedang dan akan segera tayang di studio – studio mereka. Saya yakin pasti anda akan melihat judul – judul film nasional yang mengandung unsur – unsur karakter horror seperti pocong, kuntilanak, hantu ini atau hantu itu, dan sebagainya. Walaupun isinya tidak melulu horror tetapi judul – judul yang mengandung makna horror tersebut dapat membangkitkan rasa penasaran orang – orang.

Saya adalah salah satu penggemar film horror nasional apalagi kalau di film itu ada adegan – adegan  yang membawa unsur – unsur tradisional, etnik, legenda urban, dan hantu – hantu lokal. Tapi sayangnya sekarang ini jarang sekali film horror nasional yang benar – benar membawa kita dalam ketakutan yang sesungguhnya. Film horror sekarang tidak seperti film horror pada era 80an yang mampu  membuat bulu kuduk berdiri padahal Cuma mendengar efek suara lolongan anjing, gambar – gambar kuburan, atau melihat mata pemeran hantu yang melotot padahal hanya menggunakan tata rias seadanya.

Ada beberapa film horror jaman dulu yang begitu melekat di ingatan saya karena mampu menjadi mimpi buruk saya waktu kecil. Apakah anda ingat atau tahu adegan Suzzana makan sate di film Sundel Bolong (1981)? Adegan Leak (Mahkluk yang hanya kepala dan jeroannya terbang) menghampiri “anu”-nya Ibu hamil dan menghisap bayinya di film Mystics In Bali (1981)? Adegan anak lelaki yang hendak shalat lalu jendelanya terbuka dan di depan jendela ada sesosok Kuntilanak di film Pengabdi Setan (1982)? Ya tiga film tersebut: Sundel Bolong, Mystics in Bali, dan Pengabdi Setan adalah film – film yang sampai hari ini melekat di ingatan saya. Kalau sekarang nonton lagi rasanya belum tentu kesan seram itu akan hadir pada diri saya, tapi at least ada film yang behasil menakut – nakuti saya. Lalu bagaimana dengan nasib film horror satu dekade terakhir?

Dalam tulisan kali ini, saya memberikan daftar 10 film horror nasional terseram dalam 10 tahun terakhir (2000-2010). Sebenarnya sih tidak terlalu sulit mengklasifikasikan film horror mana saja yang memang benar – benar mencekam karena memang tidak banyak film horror dalam 10 tahun terakhir yang berhasil membuat saya ketakutan. Apalagi dalam 2 tahun terakhir film – film horror Indonesia semakin ajaib busuknya, jadi jangan anda berharap akan ada film Suster Shampoo, Diunyu – unyu Setan, atau Cin, Tetangga Gw Korengan, dkk. Untuk bagian pertama ini saya akan memberikan daftar film terseram dari posisi 10 – 6 selanjutnya tunggu postingan saya berikutnya ya.

10. Mati Suri (2009)

Poster Mati Suri

Sutradara: Rizal Mantovani |Pemain: Nadine Chandrawinata, Yama Carlos, Tyas Mirasih & Keith Foo | Produksi: Maxima Pictures

Sinopsis:
Abel (Nadine Chandrawinata) akan segera melangsungkan pernikahan dengan wisnu (Yama Carlos). Ditengah kebahagaiaan Abel menunggu hari besarnya tiba – tiba datang Lisa (Tyas Mirasih) yang mengaku mengandung anak Wisnu. Karena merasa terpukul dan stress, Abel akhirnya mencoba untuk bunuh diri. Beruntung nyawa Abel berhasil diselamatkan oleh Charlie (Keith Foo). Dalam beberapa hari Abel mengalami mati suri setelah melewati masa kritis Abel menerima tawaran Charlie untuk mendisain villa miliknya yang berada jauh dari keramaian. Dari villa itulah banyak hal – hal menyeramkan yang terjadi dalam hidup Abel.

Scary Moment:
Adegan mati lampu, saat sosok yang disebut Dajjal yang akan mengambil nyawa Abel. Sosok Dajjal adalah pocong yang dibungkus kain batik tradisional. Ya unsur etnik dan tradisional yang dibawa dalam penampakan Dajjal ditambah efek lighting yang dramatis membuat film ini tertolong karena selebihnya tidak ada yang menakutkan dan tidak ada yang istimewa.

Lihat Trailernya “DISINI”

***

9. Kesurupan (2008)

Poster Kesurupan: The Movie

Sutradara: Rizal Mantovani |Pemain: Nia Ramadhani, Shareefa Daanish, & Andhika Pratama | Produksi: MD Pictures

Sinopsis:
Felina (Nia Ramadhani) dan Alin (Shareefa Daanish) mengikuti program orientasi mahasiswa baru di sebuah hutan bernama Kayu Mati. Saat sedang jurit malam, Alin dan kawan – kawan malah tersesat di dalam hutan, bodohnya Alin justru membawa pulaang boneka yang ada di tempat mereka tersesat. Karena kejadian itu Alin jadi sering kesurupan tidak hanya saat kembali di tenda tetapi juga saat kembali ke Jakarta. Menurut dukun yang memeriksa Alin, boneka yang diambil Alin harus dikembalikan ke hutan Kayu Mati. Ditemani Marik (Andhika Pratama) senior Alin yang juga pacar Felina, mereka akhirnya harus berpetualang dalam hutan Kayu Mati yang angker.

Scary Moment:
Adegan Alin pertama kali kesurupan di dalam tenda sangat memorable dan cukup membuat merinding apalagi saat mulai berbicara dalam bahasa Sunda dan mengusir orang – orang. Akting Daanish disini tidak kalah menakutkan dibanding aktingnya sebagai Dara, Daanish mampu memberikan gesture dan ekspresi yang pas saat memainkan adegan kesurupan plus gerakan – gerakan senam lantai seperti kayang.

Kesurupan The Movie Official Website

***

8. Hantu (2007)

Poster Hantu

Sutradara: Adrianto Sinaga | Pemain: Dhea Ananda, Oka Antara, Dwi Andhika, Andhika Gumilang, & Monique | Produksi: Grandiz Media Production

Sinopsis:
Lima orang remaja Gali (Oka), Rinjani (Dhea Ananda), Ray (Dwi Andhika), Maya (Monique), dan Indra (Andhika Gumilamg) melakukan perjalanan ke sebuah hutan untuk mencari  sebuah danau bernama Setra Wingit. Kedatangan mereka sebenarnya tidak disukai oleh warga karena daerah Setra Wingit sendiri adalah daerah yang masih perawan dan sangat angker. Dasar anak muda – mudi kota tidak bisa dikasih tahu, akhirnya mereka nekat masuk hutan untuk mencari danau tersebut. Kenekatan mereka berbuah buruk, Rinjani kesurupan dan hilang alhasil Gali dan kawan – kawan harus bergelut dengan seramnya hutan untuk menemukan Rinjani.

Scary Moment:
Ketika Rinjani kesurupan terlihat sangat real sekali ditambah sengan suasana hutan di sepanjang film yang mencekam juga penampakan mahkluk penunggu hutan yang cukup mengerikan.

Tonton Filmnya “DISINI”

***

7. Hantu Rumah Ampera (2009)

Poster Hantu Rumah Ampera

Sutradara: Rudi Soedjarwo | Pemain: Ben Joshua, Nadilla Ernesta,Rahma Landy, & Meity Josefina | Produksi: Rapi Film

Sinopsis:
Adit (Ben Joshua) dan Annisa berjanji untuk sehidup semati, sayangnya orangtua Adit tidak menyetujui hubungan mereka. Tamat dari SMA, Annisa memutuskan untuk pergi ke London sedangkan Adit memilih tetap di Jakarta. Selama Annisa di London ternyata Adit malah berselingkuh dengan Lulu (Nadilla Ernesta) dan akhirnya Annisa sendiri yang memergoki Adit dan Lulu. Disaat yang bersamaan Adit dan Ibunya memutuskan untuk pindah rumah di jalan Ampera tapi semenjak mereka tinggal di rumah baru itu banyak gangguan dari mahkluk halus. Kehadiran teror dari makhluk halus tersebut disinyalir akibat kesalahan yang pernah dibuat oleh Adit pada Anissa.

Scary Moment:
Ketika Ibunya Adit sedang shalat di kamar di rumah barunya tiba – tiba di belakangnya ada sesosok wanita yang mengikuti gerakan shalat Ibu Adit sungguh memorable dan membuat bulu kuduk berdiri. Juga adegan saat Ibu Adit lupa membereskan sajadah dan mukenanya lalu saat Ibu tertidur ada sesosok wanita yang sedang shalat mengenakan mukena Ibu. Karena saya tahu ada cerita nyata tentang makhluk gaib yang suka shalat, maka adegan – adegan tersebut mampu menghadirkan sensasi buluk kuduk merinding.

Lihat Trailernya “DISINI”

***

6. Tusuk Jelangkung (2003)

Poster Tusuk Jelangkung

Sutradara: Dimas Djayadiningrat | Pemain: Marcella Zalianty, Iqbal Rizantha, Dinna Olivia, Samuel Rizal, Thomas Nawilis, AA. Gde Wipra, & Ian’s Bachtiar | Produksi: Rexinema

Sinopsis:
Ini adalah sekuel dari film horror yang menjadi tanda bangkitnya perfilman Indonesia, Jelangkung (2001). Cerita dimulai ketika sekelompok anak muda: Rea (Zalianty), Zacky (Rizantha), Visi (Olivia), Dudung (Wipra), dan Unay (Nawilis) nekat bermain Jelangkung padahal Zacky sudah memperingatkan bahayanya karena kakaknya, Zul (Bachtiar), pernah kehilangan teman – temannya akibat keisengan mereka bermain Jelangkung. Benar saja secara tidak sengaja Jelangkung yang mereka mainkan telah  memanggil arwah Turah yang pernah menghantui Ferdi Dkk, teman Zul. Tidak hanya memanggil arwah Turah tapi Jelangkung yang mereka mainkan juga membuka pintu dunia alam gaib dengan alam manusia. Sejak saat itu mereka diteror oleh hantu Turah dan tentunya sederet hantu lainnya.

Scary Moment:
Ketika melihat film ini sampai berkali – kali di bioskop waktu SMP saya sangat takjub dengan keindahan sinematografi dan warna – warna juga tata artistiknya. Adegan Hostess Bunting yang menggaruk – garuk kuku dalam lemari cukup membuat paranoid tetapi puncaknya adalah adegan – adegan penampakan di Castila De Huis, sebuah hotel tua tak berpenghuni yang ada penunggu anak kecil yang bermain piano dan nenek – nenek Belanda yang membawa centir, speechless.

Lihat Plot Selengkapnya “DISINI”

***

Itulah posisi 10 – 6 dalam daftar film horror nasional terseram dalam 1 dekade menurut versi saya. Penasaran kan untuk mengetahui film apa saja yang masuk dalam 5 besar daftar film terseram versi saya ini? Tunggu posting saya selanjutnya. Ingat sekali lagi ini adalah versi menurut saya kalau kurang berkenan harap maklum karena seramnya sesuai dengan selera saya. Hehehe.. Lihat Posisi 5 – 1 dalam 10 Film Horror Nasional Terseram dalam 1 Dekade (Part 2).

©writtenbyrioaditomo070411

http://bb.antihackerlink.or.id/download.php?view.223
Poster Sundel Bolong (1981)

8 thoughts on “10 Film Horror Nasional Terseram dalam 1 Dekade (Part1)

    1. Halo Ivana makasih udha mampir. Iya daftar ini filmnya menurut pendapat dan subjektifitas saya. Coba dong kasih daftar favorit kamu disini biar bisa berbagi pengetahuan soal film horrornya🙂

  1. beuh setuju! adegan makhluk gaib yang solat di film “Hantu Rumah ampera” bener-bener bikin merinding dan sampe sekarang keinget terus… dulu saya ga sengaja nonton sih, liat di tivi… cukup bagus filmnya, ternyata judulnya Hantu Rumah Ampera ya…

  2. boleh juga nih untuk referensi film horor indo .
    btw film yang disebutin di atas cuman jualan ‘hantu’ kan ?
    maksudnya tanpa unsur yang aneh-aneh kan?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s