Movie Review: The Dilemma (2011)


The Dilemma | Universal Pictures | Ron Howard | Vince Vaughn, Kevin James, Winona Ryder, Jennifer Conelly, Queen Latifah & Channing Tatum

Sahabat pastinya memiliki arti penting dalam hidup setiap orang termasuk Ronny Valentine (Vince Vaughn) yang ingin melakukan yang terbaik untuk sahabatnya Nick Brannen (Kevin James). Suatu ketika Ronny memergoki Geneva (Winona Ryder), istri Nick, tengah berselingkuh dengan seorang pria muda bernama Zip (Channing Tatum) di sebuah taman. Ronny yang kesal hendak memberitahukan pengkhianatan yang dilakukan Geneva kepada Nick tetapi selalu saja ada hambatan saat Ronny akan mengatakan yang sesungguhnya pada Nick, termasuk tak ingin mengganggu konsentrasi Nick yang sedang bekerja menyelesaikan sebuah proyek besar bersama Ronny.

Pada sebuah kesempatan akhirnya Ronny meminta Geneva untuk mengakui perselingkuhannya pada Nick tetapi Geneva malah mengancam Ronny akan membeberkan masa lalunya dengan Ronny pada Nick. Ronny yang ketakutan akhirnya secara diam – diam membuntuti dan memotret Geneva dan Zip yang sedang selingkuh dengan tujuan bisa memberikan barang bukti pada Nick atas perselingkuhan istrinya. Di sisi lain, Beth (Jennifer Conelly) kekasih Ronny merasa ada yang aneh pada pribadi kekasihnya belakangan ini. Berhasilkan Ronny menguak kebohongan Geneva? Ada apa dengan masa lalu Ronny dan Geneva? Bagaimana kelanjutan hubungan Ronny dengan Beth dan Nick?

The Dilemma adalah sebuah film Rom-Com (Romantic Comedy) terbaru arahan sutradara Ron Howard yang sebelumnya sudah dikenal lewat film – film seperti A Beautiful Mind, The Missing, Cinderella Man, Apollo 13, dan sebagainya. Film yang dirilis pada 14 Januari 2011 di Amerika Serikat ini menampilkan aksi aktor sekaligus komedian Vince Vaughn dan Kevin James ditambah dua aktris cantik Jennifer Conelly dan Winona Ryder serta didukung oleh Channing Tatum dan Queen Latifah. Trailer awal film ini mendapat kecaman dari kaum Lesbian dan Gay karena dalam trailer tersebut ada adegan dimana Vince Vaughn mengatakan “Electric cars are gay. I mean, not homosexual gay, but my-parents-are-chaperoning-the-dance gay…” akhirnya adegan tersebut dipotong di trailernya namun tidak dipotong di filmnya karena permintaan dari Ron Howard.

Untuk sebuah film arahan sutradara kelas Oscar dengan ensemble cast yang mumpuni, The Dilemma tampil dengan sangat standar tipikal Rom-Com kebanyakan dan tidak membekas di hati. Cerita yang ditulis Allan Loeb tidak mampu membangkitkan greget saat menonton film ini, tidak juga membuat saya terhibur dengan unsur komedinya dan juga tidak membuat tersentuh karena unsur romantisnya. Dari barisan pemain tidak ada yang tampil jelek tetapi tidak ada juga yang tampil mengesankan. Tata musik yang dihadirkan Hans Zimmer akhirnya menjadi sedikit nilai tambah walaupun sebenarnya kontribusinya di film ini sama sekali tidak terasa karena kebosanan yang melanda saat menonton. Sayang sekali  The Dilemma dengan dream team (Sutradara, Pemain, dan Kru) harus mengalah pada script dan cerita yang tidak ala kadarnya. Wajar saja film The Dilemma ini mendapat sambutan negatif walaupun perolehan Box Office-nya cukup baik. The Truth Hurts but living a lie is more painful.

Movie Score (2/5)

The Dilemma Official Trailer:

©writtenbyrioaditomo200411

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s