Movie Review: Welcome To The Rileys (2010)


Welcome To The Rileys | Jake Scott | James Gandolfini, Melissa Leo & Kristen Stewart

Sebuah melodrama tentang pasangan paruh baya Doug Riley (James Gandolfini) dan Lois Riley (Melissa Leo) yang kehilangan anak gadis semata wayang mereka. Dibawah tekanan dan depresi akan kehilangan yang begitu besar Doug menjadi seorang yang pemurung sering menghabiskan malam dengan bermain poker bersama teman – temannya dan menjalin hubungan gelap dengan seorang peramusaji berkulit hitam, Vivian. Di sisi lain Lois juga menderita tekanan psikis yang tidak kalah besarnya dari Doug, Lois tidak mau keluar rumah, tidak mau menyetir mobil, dan hanya menghabiskan waktu merenung menunggu Doug pulang.

Doug yang masih terpuruk karena kehilangan anaknya yang baru berusia 16 tahun tersebut harus menderita lagi karena selingkuhannya meninggal dunia akibat serangan jantung. Akibat depresi berat, Doug memutuskan untuk pergi dari rumah dengan mengikuti perjalanan bisnis ke New Orleans. Setibanya di New Orleans, Doug tidak sengaja datang ke sebuah klub dan bertemu dengan Mallory (Kristen Stewart) seorang penari telanjang yang juga pelacur berusia 16 tahun. Sejak pertemuan itu Doug memutuskan untuk tinggal lebih lama di New Orleans bersama Mallory. Apa yang terjadi antara Mallory dan Doug? Bagaimana kisah selanjutnya?

Welcome To The Rileys pertama kali ditayangkan di ajang Festival Film Sundance tahun 2010 lalu dan mendapat respon yang cukup bagus. Film  berdurasi sekitar 110 menit ini adalah sebuah film drama independen karya sutradara Jake Scott, anak dari sutradara hebat Ridley Scott, yang sebelumnya lebih banyak berkecimpung dalam penyutradaraan video musik. Dari segi penyutradaraan Welcome To The Rileys memang bisa dibilang bagus karena mampu menyuguhkan tontonan yang begitu miris sekaligus menyentuh. Jake Scott berhasil meraih nominasi Grand Jury Prize untuk Most Dramatic Film di Sundance Film Festival tahun lalu.

Cerita yang bagus juga dihadirkan oleh penulis Ken Hixon dengan karakter – karakter yang kuat di dalamnya termasuk dengan endingnya yang tidak terkesan cheesy. Melissa Leo berhasil memerankan tokoh Lois yang rapuh dan penuh rasa bersalah, aktingnya begitu pas dengan karakter Lois begitu juga dengan James Gandolfini, aktor serial TV The Sopranos, yang mampu meraih simpati penonton lewat aktingnya sebagai Doug yang ke-bapak-an dan manis. Kristen Stewart kembali memperlihatkan kualitas akting yang bagus sebagai pelacur dan penari telanjang yang hidup sendiri dalam dunia yang keras. Walaupun aktingnya sebagai pelacur ini kurang binal dan menggoda tetapi kerapuhan jiwa Mallory tergambarkan dengan jelas dari ekspresi dan gestur yang dihadirkan Stewart. Saya akui at some point masih ada akting Stewart yang terlihat ke-Bella-Bella-an dan ke-Joan-Jett-Joan-Jett-an tetapi at least Kristen Stewart berani mengambil karakter yang berbeda dan menantang di setiap filmnya. Yang paling penting adalah chemistry antara Kristen Stewart, James Gandolfini, dan Melissa Leo amat sangat terjaga dan saling melengkapi.

Sekilas Welcome To The Rileys mengingatkan saya pada sebuah film berjudul Rabbit Hole yang sama – sama mengisahkan bagaimana pergulatan batin pasangan yang kehilangan anak semata wayangnya. Kedua film ini sangat menggambarkan kerapuhan orang – orang yang merasa kehilangan hanya saja pada Rabbit Hole konflik menjadi meledak – ledak karena pasangan Nicole Kidman dan Aaron Eckhart sama – sama masih muda sedangkan di Welcome To The Rileys ini lebih cenderung tenang karena  dialami oleh pasangan yang sudah matang. Overall Welcome To The Rileys memang patut untuk disimak karena  mampu menghibur dan memberi makna kepada penontonnya. Semua digarap secara serius, solid, dan pas tidak terlalu cengeng dan di-dramatisir.

Movie Score (4/5)

Official Trailer Welcome To The Rileys:

©writtenbyrioaditomo210411

One thought on “Movie Review: Welcome To The Rileys (2010)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s