Movie Review: Cewek Gokil (2011)


Cewek Gokil | Rizal Mantovani | Velove Vexia, Syailendra Soepomo, Pong Hardjatmo, & Endhita | MVP Pictures 2011

Kerjaan Keke kan banyak mak, tapi ga pernah ada yang jelas.
Fitri

Mari kita berkenalan dengan si cewek gokil bernama Keke (Velove Vexia) yang hidupnya diisi dengan orang – orang aneh termasuk ibunya yang setiap hari tidak pernah beranjak dari meja jahitnya dan kakaknya Fitri (Endhita) yang bekerja di tempat karaoke dan sering pulang dalam keadaan mabuk. Suatu hari ibu Keke memintanya untuk mengantarkan hasil jahitan ke rumah pelanggan. Keke yang tadinya menolak akhirnya mau tidak mau memenuhi permintaan ibunya tersebut. Karena jahitan sang ibu sangat banyak Keke jadi kewalahan karena harus pergi kuliah dan kursus sambil membawa beberapa buntelan jahitan itu. Setelah terjadi insiden besar – besaran di jalan, Keke akhirnya mempunyai ide untuk membeli sebuah mobil Mini Cooper agar tidak ribet ketika diminta mengantar jahitan ibunya ke pelanggan. Mulai saat itu Keke bekerja ekstra keras agar bisa membeli mobil termasuk bekerja menjadi guru les, multi level marketing, ikut casting sinetron, menjadi sales apartemen, dan sebagainya.

Dulu saya adalah penggemar film –film arahan sutradara Rizal Mantovani hingga beliau merilis Air Terjun Pengantin yang membuat saya kecewa karena saya dijanjikan sendiri oleh Rizal Mantovani lewat akun facebooknya (yang kini sudah di-suspend) bahwa filmnya tersebut akan sangat luar biasa. Saya sempat tertipu juga satu kali saat menonton film Taring yang ternyata setipe dengan Air Terjun Pengantin. Saat ada trailernya dengan tampilan khas saya sudah tahu Cewek Gokil ini adalah hasil karya Rizal Mantovani, tetapi saya jadi enggan menonton di bioskop saat itu karena sudah terlanjur kecewa pada sutradaranya. Beberapa hari yang lalu saya mampir ke DVD Rental dan akhirnya saya mau menonton film ini (karena tidak ada ruginya).

Tidak ada yang istimewa dalam film Cewek Gokil ini kecuali akting Velove Vexia yang sangat hilarious dan benar – benar membuat terpingkal – pingkal apalagi saat adegan casting sinetron. Film yang diproduksi MVP Pictures ini memang dijadwalkan rilis pada tahun 208-2009 sehingga saat akhirnya dirilis pada 2011 rasanya banyak hal basi yang dihadirkan Cewek Gokil ini termasuk pakaian, musik, dan kelompok perempuan – perempuan gaul yang membawa anjing (it’s so 2000 late, Paris Hilton with her Tinkerbell). Dari segi cerita tidak ada yang menarik, terkesan datar bahkan semakin datar saat mencapai klimaksnya. Mungkin awal – awal cerita masih bisa dikatakan cukup menghibur dan sedikit berirama tetapi mendekati ending malah kedodoran.

Secara teknis, sinematografi, dan tone warna yang terlalu berwarna – warni adalah ciri khas Rizal Mantovani sekali dan untuk saat ini sudah mulai membosankan. Oh tidak, narasi sepanjang film yang di dubbing oleh narrator wanita yang bukan Velove Vexia terkesan amat sangat aneh ditambah narasinya terlalu banyak dan panjang, sangat mengganggu karena ini film ringan tanpa dinarasikan juga penonton akan tahu emosi dan kisah yang akan disuguhkan selanjutnya. Saya begitu ingin membanting TV apabila ada adegan Doni (Syailendra Soepomo) yang menurut saya amat sangat garing aktingnya, tidak bisakah pihak MVP Pictures meng-casting aktor yang lebih bisa berakting sedikit saja. Cast Endhita sebagai kakak dari Velove juga agak dipaksakan karena secara fisik terlihat jauh berbeda walaupun chemistry-nya lumayan bagus antara Velove dan Endhita. Tetapi overall cukup menghibur sih karena mampu membuat saya tertawa karena film ini kan tujuannya adalah untuk membuat penonton terhibur dan tertawa. Velove Vexia, terima kasih untuk bermain dalam film ini karena tanpanya Cewek Gokil akan kehilangan taji-nya. Untung saja saya menonton di DVD jadi tidak terlalu kecewa dengan hasilnya.

Movie Score (2,5/5)

©writtenbyrioaditomo080511

One thought on “Movie Review: Cewek Gokil (2011)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s