Movie Review: HappyThankYouMorePlease (2010)


Happy Thank You More Please | Josh Radnor | Josh Radnor, Kate Mara, Malin Akerman, Zoe Kazan, & Tony Hale | Myriad Pictures & Anchor Bay Films 2010

It’s not easy to be adored. You’re in particular. You have tougher times than most, I get it, but I want you to give it a try. Think of it as an experiment. I promise, I’ll be very wonderful adoring you, Annie. It’s an area work. I think I got a new great talent. You worth that adoration Annie, you worth it and a fact that you didn’t believe it, has nothing to do whether it’s true or not. It’s true for me and now that’s all that matters.
Sam #2

Dialog di atas diambil dari sebuah adegan dalam film berjudul Happy Thank You More Please, menurut saya adegan tersebut adalah adegan menyatakan cinta yang paling romantis dalam sejarah perfilman dunia (Ini agak hiperbola sepertinya). Happy Thank You More Please adalah sebuah film komedi romantis karya aktor muda Josh Radnor (Serial How I Met Your Mother) yang dirilis secara internasional pada maret 2011 lalu setelah sebelumnya dilakukan screening di festival film Sundance pada akhir Januari 2010. Film ini menjadi debut penyutradaraan bagi Josh Rednor bukan hanya itu saja, hebatnya Happy Thank You More Please ini juga ditulis oleh Josh Radnor sendiri.

Happy Thank You More Please menuturkan kisah seputar kehidupan dan percintaan yang dialami tiga orang di usia 20-an di kota New York. Sam Wexler (Josh Radnor) seorang penulis yang tidak sengaja bertemu dengan Rasheen (Michael Algieri) seorang anak yatim piatu berkulit hitam yang ditinggalkan sendirian di dalam kereta bawah tanah. Karena Rasheen bersikeras untuk tinggal bersama dengan Sam akhirnya Sam pun mau menampung Rasheen di rumahnya untuk sementara waktu. Sam jatuh cinta pada seorang pelayan bar sekaligus penyanyi kabaret, Mississippi (Kate Mara), mereka setuju membuat perjanjian untuk tinggal bersama dalam 3 hari. Sementara itu ada kisah dari sahabat dekat Sam, Annie (Malin Akerman) yang mengidap penyakit Alopecia (Kebotakan) yang mencari arti cinta yang sesungguhnya setelah putus dari pacarnya, seorang pemain band. Annie mempunyai penggemar setia yang disebut sebagai Sam #2 (Baca: Sam Number Two) (Tony Hale). Kisah lainnya datang dari Mary Catherine (Zoe Kazan) sepupu Sam yang belum yakin dengan kesungguhan dan kedewasaan kekasihnya, Charlie (Pablo Schreiber) padahal Mary Catherine sedang mengandung anak dari Charlie. Mary Catherine tidak mau Charlie membawanya pergi dari New York dan tinggal bersama di Los Angeles.

HappyThankYouMorePlease Cast and Crew

Film independent memang selalu membawa kisah yang unik dan menarik sama seperti Happy Thank You More Please ini. Jika anda bertanya mengapa judulnya Happy Thank You More Please maka tonton saja film ini karena salah satu tokoh akan menjelaskan filosofi dari kalimat tersebut. Inti cerita dari film ini adalah biarkan diri kita yang dicintai dan jadilah orang yang patut dicintai. Josh Radnor buat saya cukup berhasil menuliskan kisah yang sarat makna meskipun buat saya agak membingungkan karena terlalu banyak tokoh dan konflik yang diceritakan menjadi kurang fokus pada masing – masing ceritanya padahal setiap cerita memiliki kekuatan dan daya tarik tersendiri. Josh Radnor juga berhasil menyutradarai film ini sekaligus bermain sebagai tokoh Sam Wexler yang unik. Akan sangat bodoh memang jika Radnor tidak dapat memahami karakter Sam Wexler yang diciptakannya sendiri.

Aktris muda berbakat, Malin Akerman, dalam film ini sungguh menjadi magnet tersendiri dengan gaya Gypsy dan kepala botak ditambah performa akting yang meyakinkan membuat tokoh Annie jadi hidup. Selain Akerman ada aktor muda Michael Algieri yang berperan sebagai Rasheen, bocah lugu dan lucu yang aktingnya begitu menggemaskan. Chemistry antara Algieri dan Radnor benar – benar tercipta dengan amat sangat intens dan menggelikan. Jajaran pemain lain seperti Tony Hale, Kate Mara, dan Zoe Kazan bermain aman dan pas dengan karakter – karakter yang diperankan oleh mereka masing – masing, tidak ada yang begitu menonjol.

HappyThankYouMorePlease Movie Poster

Sungguh pengalaman yang sangat indah menonton Happy Thank You More Please ini karena sebagai film bergenre Komedi Romantis, film ini berhasil memenuhi kedua hal penting yang harus dimiliki genre tersebut yakni bisa menghibur dan membuat penonton ikut berbunga – bunga saat ada adegan – adegan romantis. Happy Thank You More Please sangat sayang sekali untuk dilewatkan karena sarat akan makna dan menyadarkan kita untuk tidak terpuruk dalam kesedihan dalam waktu yang lama karena kita adalah manusia yang patut dicintai.

Sadness be gone. Let’s be people who deserve to be loved. Who are worthy, cause we are worthy, we really are. You’ve been telling me that for years, and now I got to spit it back at you. You’re a good man Sam Wexler. GO GET YOURSELF LOVED.”
-Annie-

Movie Score (4/5)

©writtenbyrioaditomo080511

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s