Movie Review: How Do You Know (2010)


How Do You Know | James L. Brooks | Reese Witherspoon, Owen Wilson, Paul Rudd, & Jack Nicholson | Columbia Pictures 2010

Most girls plans to meet a guy to love and have a baby but I don’t know if I have what it takes for every body regular plans.”
Lisa Jorgenson

Lisa Jorgenson (Reese Witherspoon) adalah seorang atlit yang terobsesi untuk masuk dalam tim softball yang selama ini diinginkannya. Lisa menjalin hubungan dengan Matty Reynolds (Owen Wilson) yang berpfofesi sebagai atlit professional yang banyak penggemar wanitanya. Kehidupan Lisa berantakan saat Ia gagal lolos seleksi untuk tim impiannya tersebut. Tanpa sepengetahuannya, Lisa ternyata dijodohkan seorang temannya pada George Maddison (Paul Rudd) seorang pengusaha yang terlilit masalah di kantornya. Lalu bagaimana hubungan Lisa dan Matty?

Ah, sayang sekali Reese Witherspoon harus bermain dalam film komedi romantis super busuk ini, padahal sepanjang 2010 hanya How Do You Know inilah film yang dibintanginya. How Do You Know adalah salah satu film bergenre Rom-Com yang amat sangat tidak membekas di hati. Saya sadar saat memilih untuk menonton film jenis ini tidak baik adanya ekspektasi yang berlebih dan ingin penampilan all out dari jajaran pemainnya, atau cerita yang multi-plot seperti Inception. Maka dari itu saya tidak berekspektasi apa – apa saat menonton film ini selain ingin terhibur dan mungkin sedikit merasakan romantisnya pasangan dalam film ini. Kenyataanya, How Do You Know yang kisahnya diambil dari novel yang berjudul sama karya James L. Brooks ini sangat menyedihkan karena ceritanya begitu tidak mudah dicerna, tidak ada adegan yang membuat saya tersenyum apalagi berbunga – bunga.

Sungguh sangat disayangkan dengan jajaran aktris dan aktor peraih Oscar seperti Reese Witherspoon dan Jack Nicholson harus bermain dalam sebuah film dengan plot yang busuk seperti ini. Seharusnya James L. Brooks yang notabenenya adalah penulis ceritanya bisa menyutradarai film ini dengan bagus karena tahu betul tentang isi kisahnya dan pesan yang ingin disampaikannya, tetapi Brooks seperti kebingungan menerjemahkan karyanya dalam bentuk audio visual. Baiklah jangan tanya chemistry antara Witherspoon dengan Wilson atau dengan Rudd, karena sama – sama kering dan berjalan sendiri – sendiri. Yang lebih gila dari film ini adalah durasinya yang 116 menit atau hampir dua jam, sangat menyebalkan karena saya sudah didera kebosanan dari 30 menit awal film ini berlangsung. Sejujurnya setiap menit saya berusaha mencoba masuk dalam ceritanya, mencoba mencerna naskah dan dialognya tetapi sama sekali tidak bisa. Pantas saja hingga saat ini film berbudget 120 juta Dollar Amerika ini hanya meraup keuntungan sebanyak 47 Juta Dollar. Adios.

Movie Score (2/5)

©writtenbyrioaditomo080511

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s