Movie Review: Morning Glory (2010)


Morning Glory | Roger Michell | Rachel McAdams, Harisson Ford, & Diane Keaton | Paramount Pictures 2010

“You make the ratings worse thats why im not giving up!!!”
Becky Fuller

Berprofesi sebagai seorang produser program pagi di sebuah televisi membuat Becky Fuller (Rachel McAdams) harus rela mengesampingkan kehidupan pribadinya. Dedikasi yang tinggi membuat Becky merasa percaya diri akan naik jabatan menjadi produser senior di program acaranya “Good Morning New Jersey”. Ironisnya saat dipanggil sang atasan, Becky justru mendapatkan berita buruk, bukannya naik jabatan Becky malah dipecat karena perusahaan ingin mengurangi jumlah pegawai. Kekecewaan tidak begitu lama menghinggapi Becky karena sejurus setelah itu dia kembali mendapatkan pekerjaan di stasiun televisi IBS Network di New York untuk memproduseri sebuah program berita pagi, DayBreak, yang ratingnya semakin lama semakin turun karena kalah bersaing dengan program sejenis dari stasiun televisi lainnya.

Di hari pertama bekerja, Becky melakukan perombakan besar – besaran pada program DayBreak termasuk memecat salah satu news anchor-nya yang menyebalkan, Paul McVee (Ty Burrell). Setelah mencari – cari kandidat pengganti Paul McVee sebagai news anchor akhirnya Becky berhasil menemukan sosok Mike Pomeroy (Harrison Ford) seorang news anchor dan jurnalis senior yang sudah sangat berpengalaman dalam reportase di lapangan. Becky begitu mengidolakan Mike sejak kecil sehingga saat mengetahui Mike memiliki kontrak yang tersisa untuk IBS Network, Becky mati – matian membujuk Mike untuk menjadi news anchor di program DayBreak. Meskipun akhirnya setuju untuk bergabung dengan DayBreak dan berpasangan dengan news anchor gaek Colleen Peck (Diane Keaton), Mike tidak serta merta bertabiat baik dan mau membantu melancarkan program DayBreak untuk memperoleh rating yang tinggi. Mike yang idealis merasa bahwa DayBreak hanyalah program berita yang cheesy karena hanya memuat berita – berita ringan dan feature mengenai dunia selebritis, gaya hidup, kuliner, dan sebagainya. Cerita mulai memanas ketika akhirnya program DayBreak semakin turun ratingnya dan terancam di-suspend pihak IBS Network.

Morning Glory adalah sebuah film komedi romantis yang dirilis pada November tahun 2010 lalu di Amerika Serikat. Dengan durasi sekitar 107 menit, Morning Glory mampu menghadirkan tontonan yang menghibur. Sutradaranya, Roger Michell, pernah berhasil mengarahkan Julia Roberts dan Hugh Grant dalam Notting Hill (1999). Tidak heran dalam Morning Glory ini, Michell berhasil mengarahkan pemain – pemain sekelas Harisson Ford, Diane Keaton, dan Rachel McAdams dalam alur cerita yang menarik. Yang patut diacungi jempol selain sang sutradara adalah sang sinematografer, Alwin H. Kuchler, yang mampu memberikan komposisi – komposisi gambar yang indah dan cantik apalagi di bagian – bagian endingnya. Dari segi cerita sebenarnya tidak ada yang istimewa yang ditawarkan sang penulis Aline Brosh McKenna, yang pernah menulis naskah The Devil Wears Prada (2006). Apalagi kisah cinta Becky dan pasangannya terasa seperti sebagai pemanis saja karena cerita intinya ada pada Becky, Mike, dan program DayBreak-nya.

Dari jajaran pemain tidak perlu diragukan lagi bagaimana Harisson Ford dan Diane Keaton berperan sebagai pembaca berita yang bersatu dalam sebuah chemistry yang menggelikan. Tidak hanya dengan Keaton, Ford berhasil memberikan chemistry yang kuat dengan McAdams yang memang lebih banyak porsi bermain dalam satu frame dengannya. McAdams yang namanya melambung setelah berhasil memerankan tokoh Regina George yang super binal dan menyebalkan dalam Mean Girls (2004) bersama Lindsay Lohan ini, mampu bermain dengan santai dan natural sebagai Becky Fuller yang enerjik dan periang. Memang untuk film dengan genre seperti ini akting para pemain tidak akan terlalu menonjol tetapi bisa masuk dalam karakter masing – masing dan menghidupkan karakter mereka masing – masing sudah bisa dibilang bagus.

Sayang sekali Morning Glory tidak mendapatkan perolehan Box Office yang cukup baik saat dirilis tahun lalu padahal dengan nama besar Harrison Ford, Diane Keaton, Rachel McAdams, serta sutradaranya Roger Michell, seharusnya Morning Glory bisa menjadi jaminan Box Office Hit. Morning Glory adalah tontonan pas untuk orang – orang yang bekerja di bidang broadcasting dan mereka yang ingin menikmati dvd night bersama pasangannya. Hilarious, meskipun cerita tidak ada yang istimewa tetapi akting Rachel McAdams, Harrison Ford, Diane Keaton ditemani dengan tata sinematografi yang manis membuat mata betah menonton dan terhibur.

Movie Score (3,5/5)

©writtenbyrioaditomo080511

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s