Movie Review: Cowok Bikin Pusing (2011)


Cowok Bikin Pusing | Winaldha E. Melalatoa | Julie Estelle, Laudya C. Bella, Amink, Nino Fernandez, Marissa Nasution, & Marcell Chandrawinata | MVP Pictures 2011

Gue harap lo puas, puas bikin idup gue sepi dan pait kaya hidup lo!!”
Cecille

Pertama kali melihat trailer Cowok Bikin Pusing membuat ingatan saya kembali ke tahun 2008 lalu saat sedang browsing MVP Pictures di internet. Di sebuah web yang saya lupa detailnya, menuliskan filmography MVP Pictures dan disana ada judul film Selingkuh yang dibintangi Julie Estelle. Begitu saya melihat trailer Cowok Bikin Pusing ini maka saya langsung teringat dengan film Selingkuh tersebut. Benar dugaan saya ternyata Cowok Bikin Pusing memang film yang dulunya berjudul Selingkuh namun sayang harus ditunda perilisannya. Cowok Bikin Pusing ini sama nasibnya seperti film produksi MVP Pictures lainnya, Cewek Gokil, yang baru – baru ini dirilis. Alasan saya menonton film ini sudah pasti karena ada si cantik Julie Estelle, dengan harapan hasilnya lebih baik dari film Julie sebelumnya Aku Atau Dia (2010).

Cecille (Julie Estelle) memiliki hidup yang sempurna, mempunyai pacar seganteng Marko (Marcell Chandrawinata), sahabat se-solid Tasya (Laudya C. Bella) dan Justin (Amink Sugandhi), serta bisnis toko cokelat yang terkenal di Bali “Cecille’s Bittersweet Chocolate”. Sayangnya kebahagiaan Cecille harus hancur karena Marko yang sudah dipacarinya selama 5 tahun telah melakukan affair. Untuk menghibur dan membuat Cecille lupa akan sakit hatinya, Justin dan Tasya menyusun rencana untuk mengerjai Marko. Di sisi lain ada Dino (Nino Fernandez) seorang pelatih surfing yang baru saja putus dari kekasihnya, Angela (Marissa Nasution), karena Angela berselingkuh dengan seorang pria bule. Karena sering datang ke toko Cecille akhirnya Dino dan Cecille pun menjadi dekat apalagi mereka sama – sama baru disakiti. Tidak semudah itu cinta Cecille dan Dino bersatu karena ada Tasya yang siap menjegal hubungan mereka.

Mendengar judulnya yang agak sedikit kesinetron-sinetron-an (kalau tidak mau dibilang norak) pasti banyak orang berpikiran bahwa film ini akan menggambarkan betapa pusingnya para wanita menghadapi  cowok – cowok-nya. Jangan dulu terbawa oleh judul yang norak itu karena sebenarnya jalan ceritanya sama sekali tidak menunjukan bahwa cowok itu bikin pusing seharusnya judul selingkuh tetap dipakai karena lebih pas menggambarkan isi filmnya atau lebih ekstrim dan lebih spoiler lagi adalah “Temen Cewek Bikin Pusing”. Cerita yang ditulis oleh penulis yang luar biasa, Sekar Ayu Asmara, yang pernah menulis naskah film Selamanya, Pintu Terlarang, Pesan Dari Surga, dan Belahan Jiwa yang menurut saya sangat bagus untuk ditonton. Sayangnya untuk Cowok Bikin Pusing ini ide gila dan kompleksitas cerita khas Sekar Ayu Asmara tidak ada sama sekali. Film yang disutradarai oleh Winaldha E. Melalatoa ini adalah karya Sekar Ayu Asmara yang sangat pop dan agak cheesy mungkin hal ini dikarenakan genre filmnya yang memang tidak membutuhkan jalan cerita yang kompleks.

Julie Estelle kembali memikat hati saya lewat aktingnya sebagai Cecille. Bisa dibilang dibanding semua karakter yang pernah dimainkan Julie, tokoh Cecille ini terlihat paling ceria, bersinar, ramah, dan Julie bisa menaklukan tokoh Cecille ini. Bella berhasil memerankan tokoh Tasya yang menyebalkan dan terlalu ikut campur masalah orang. Alex Abbad membuktikan bahwa dirinya mampu berakting menjadi karakter apa saja, termasuk menjadi pasangan Amink dalam film ini. Untuk Amink dan Nino Fernandez sendiri tidak ada yang istimewa khususnya Amink yang tampil seperti saat bermain di sketsa – sketsa Extravaganza dulu. Marissa Nasution bisa juga tampil menyebalkan dengan aksen bule-nya yang kaku sebagai tunangan Nino Fernandez. Yang mencuri perhatian dalam film ini adalah (yang sekarang) penyanyi, Alexa Key yang hadir sebagai kasir di toko cokelat Cecille, walaupun scene-nya sedikit tetapi cukup enak dipandang (lho?). Rizal Mantovani yang menjadi sinematografer dalam film ini berhasil meng-capture keindahan pulau Bali dengan pantainya yang romantis apalagi saat film mulai memasuki babak akhir. Tim wardrobe dan costume juga menghadirkan pakaian – pakaian yang cantik apalagi yang dipakai oleh Julie Estelle.

Sayangnya dari awal film menurut saya terlalu berantakan dan terburu – buru. Banyak adegan yang membingungkan seperti misalnya tokoh Marco yang tiba – tiba katanya selingkuh, Amink yang tiba – tiba tidur dengan Alex, dan masih banyak lagi adegan yang terkesan jumping – jumping, entah adanya sensor, pemotongan operator di bioskop, atau memang filmnya seperti itu. Karena film ini seharusnya ditayangkan sekitar 2-3 tahun lalu membuat banyolan Cowok Bikin Pusing ini terasa sangat tidak fresh lagi sehingga tidak ada satupun adegan yang membuat saya tertawa. Komedi yang ditonjolkan lewat Amink dan Alex menurut saya tidak lucu sama sekali apalagi dengan teriakan “Cyiin” di sepanjang film yang dilakukan oleh Amink terasa sangat mengganggu (mengingatkan saya pada Syahrini #apasih). Chemistry antara Bella, Julie, dan Amink memang sangat bagus karena mereka memang sering main bareng tetapi berbicara soal chemistry antara Julie dengan Nino menurut saya kurang pas sehingga mengurangi keromantisan film ini. Jadilah Cowok Bikin Pusing ini film yang bergenre Komedi Romantis tapi sama sekali tidak komedi dan tidak romantis. Hanya wajah ayu Julie Estelle yang membuat saya tidak mengganti judul film ini menjadi Film Bikin Pusing. Seharusnya Cowok Bikin Pusing ini dirilis direct-to-DVD atau ditayangkan sebagai FTV di hari spesial daripada mejeng di bioskop. Tetapi saya tetap merekomendasikan film ini daripada anda lebih pusing lagi menonton film – film horror berpayudara yang banyak beredar saat ini.

Movie Score (2/5)

©writtenbyrioaditomo090511

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s