Movie Review: Post-Grad (2009)


Post-Grad | Vicky Janson | Alexis Bledel, Michael Keaton, & Jane Lynch | Fox Searchlight 2009

This is not the way it’s supposed to go, you’re not supposed to comeback when you’ve already left the nest!
Ryden Malby

Ryden Malby (Alexis Bledel) adalah seorang gadis cantik, periang, dan optimis yang baru saja lulus kuliah. Dengan percaya diri Ryden melamar ke perusahaan yang menjadi impiannya sejak kuliah dulu namun sayangnya impian Ryden harus terhenti karena dia tidak diterima bekerja disana. Ryden merasa lebih dongkol lagi karena Jessica Bard (Catherine Reitman), saingannya sejak masa kuliah, justru mendapatkan pekerjaan disana. Karena hal tersebut akhirnya Ryden harus kembali ke rumah tinggal bersama Ayahnya: Walter Malby (Michael Keaton), Ibunya: Carmella Malby (Jane Lynch), Adiknya: Hunter Malby (Bobby Coleman), dan Neneknya:  Maureen Malby (Carrol Burnett). Sejak lama Ryden bersahabat dengan Adam Davies (Zack Gilford) yang ternyata menaruh hati pada Ryden tetapi Ryden malah dekat dengan David Santiago (Rodrigo Santoro) tetangganya yang usianya lebih tua dari Malby.

Film yang diproduksi tahun 2009 ini adalah sebuah drama remaja yang tema-nya tidak jauh dari kehidupan remaja yang berada di usia awal 20-an. Mencari jati diri dan mencari kerja sekaligus melakukan hal – hal dengan terlampau percaya diri karena merasa sudah dewasa. Kelly Fermon yang bertindak sebagai penulis di film Post-Grad ini rasanya kurang mengeksplorasi kehidupan remaja yang galau paska lulus dari perguruan tinggi dan harus kembali pulang ke rumah karena pengangguran. Post-Grad ini terlalu manis dan terlalu disepelekan oleh sang penulis padahal banyak hal yang lebih menarik untuk diceritakan dari pada kisah cinta Ryden dengan Adam yang amat dangkal dan terbaca. Perjuangan Ryden mencari pekerjaan atau kegelisahan Ryden selama mencari kerja tidak ditonjolkan malahan ditambah part tetangga Ryden yang rasanya tidak penting. Sutradaranya, Vicky Jenson, yang pernah menjadi co-director untuk film Shrek dan Shark Tale, men-treat film yang seharusnya untuk remaja ini menjadi sebuah film keluarga sehingga menjadi semakin tidak klop antara judul dengan isi filmnya.

Semua pemain bermain aman di film ini, Michael Keaton dan Alexis Bledel mampu melebur dalam kesatuan yang harmonis sebagai Ayah dan Anak. Bobby Coleman yang berperan sebagai adik Ryden dan Oma-nya, Carol Burnett juga mampu tampil segar dan menghibur. Ada Jane Lynch di dalam film ini, ya Jane pemeran coach Sue dalam serial Glee yang licik dan menyebalkan dalam film ini mendapat jatah sebagai ibu Ryden. Aktris lesbian ini terlihat terlalu macho untuk menjadi seorang ibu apalagi chemistry antara Jane dan Michael sebagai suami istri terlihat canggung dan aneh. Zack Gilford tampil manis sebagai cowok cool yang perhatian pada Ryden sejak kecil, chemistry persahabatan mereka cukup baik terjalin tetapi saat beradegan mesra rasanya ada yang kurang dari mereka. Kekuatan film berdurasi 88 menit ini adalah pada sisi magis Alexis Bledel yang imut dan manis dengan mata birunya yang menggoda. Cute Factor dan gestur Bledel mampu menyihir saya untuk terus mengikuti cerita sampai selesai walaupun ceritanya sendiri agak membosankan.

Sebelum memilih Alexis Bledel sebagai pemeran Ryden Malby, pihak produksi film ini menginginkan Amanda Bynes untuk berperan sebagai Ryden. Film yang rilis pada Agustus 2009 ini memang kurang bagus perolehan Box Office-nya mungkin karena faktor cerita-nya yang terlalu lemah membuat orang tidak ingin menontonnya. Post-Grad yang awalanya diberi judul Ticket To Ride dan Post-Grad Survival Guide ini sangat cocok untuk disaksikan para remaja yang baru saja lulus kuliah atau akan lulus kuliah dan yang sedang mengalami nasib yang sama dengan Ryden. The good things is about to come.

Movie Score (2,5/5)

©writtenbyrioaditomo090511

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s