Music Review: Love? – Jennifer Lopez


Jennifer Lopez | Love? | RedOne, Danja, StarGate | Island Def Jam Records

Akhirnya penantian para penggemar Jennifer Lopez alias J.Lo berakhir sudah. Kurang lebih sudah hampir 4 tahun sejak album Brave (2007) gagal dipasaran, J.Lo akhirnya kembali dengan album bertajuk Love? (2011). Jenny kini hadir dengan sangat segar dan tidak melulu menampilkan musik – musik bernuansa R&B dan Hip – Hop. Si tante cantik ini berani bereksplorasi dengan genre Electropop yang sedang “sesuatu” banget beberapa tahun belakangan ini lewat single pertama yang menjadi andalan On The Floor featuring rapper Pitbull. Selain mengusung genre yang lumayan fresh J.Lo juga hadir dibawah naungan label baru Island Def Jam bersama bintang – bintang rekaman lainya seperti Taio Cruz, Ne-Yo, Lady Gaga, dan Rihanna. Lalu apakah album Love? ini berhasil menjadi pengobat rasa rindu para pecinta J.Lo dan penikmat musik lainnya?

Setelah mengakhiri kontrak kerja samanya dengan Epic Records, Jennifer Lopez kemudian menandatangani kontrak baru dengan perusahaan rekaman yang kini dipimpin oleh Antonio “L.A” Raid, Island Def Jam. Setelah cuti melahirkan dari dunia entertainment J.Lo langsung mengambil ancang – ancang untuk come back ke dunia musik yang membesarkan namanya. Dengan bantuan produser – produser yang sedang ngetop saat ini seperti RedOne, Tricky Stewart, StarGate, dan Danja akhirnya J.Lo sukses merampungkan album ketujuhnya yang bertajuk Love? yang dirilis pada 28 April lalu di Amerika Serikat. RedOne duduk sebagai eksekutif produser untuk album Love? sehingga menambah rasa percaya diri bagi Jennifer Lopez untuk meraup sukses lewat album termutakhirnya ini.

Love? dipasarkan di Amerika Serikat dalam dua edisi yaitu standard dan deluxe. Untuk edisi standar Love? berisi 12 lagu baru sedangkan untuk edisi deluxe berisi 4 tambahan lagu termasuk Everybody’s Girl yang sejak setahun lalu sudah di leaked via internet. Album ini telah menelurkan dua single official On The Floor (featuring Pitbull) dan I’m Into You (featuring Lil Wayne) juga sebuah single promosi yaitu Papi yang juga dipakai dalam adegan menari dalam video klip I’m Into You. Dalam album ini Jennifer Lopez bekerja sama dengan penulis – penulis lagu handal seperti Taio Cruz, Makeba Riddick, Rihanna, Claude Kelly, dan yang paling menggemparkan Lady Gaga. Taio ikut membantu dalam menulis lagu I’m Into You, Makeba dan Rihanna pada lagu Take Care, Claude Kelly pada lagu Hypnotico, dan Gaga membantu menulis dua lagu Invading My Mind dan Hypnotico. Jennifer Lopez sendiri membantu dalam penulisan lagu untuk track Invading My Mind dan One Love.

Bekerja sama dengan musisi – musisi muda yang sedang naik daun saat ini tidak menjadi jaminan bahwa album Love? ini menjadi sebuah album yang tampil menakjubkan. Dibuka dengan track On The Floor yang sudah akrab ditelinga begitu menggema dan versi album ini lebih panjang dibanding versi singlenya jadi tambah enak untuk dipakai bergoyang. Gema house music dicampur electro serta merta luntur saat mendengar track kedua yaitu Good Hit yang menurut saya sangat cheesy. Track selanjutnya I’m Into You featuring rapper Lil Wayne dan (What Is) Love? mengalun menyenangkan dan tanpa terasa sampai di track keempat dengan lagu Run The World yang cukup terdengar classic a la J.Lo di masa kejayaannya dengan beat – beat Hip – Hop. Selanjutnya kita akan dibawa ke beat – beat a la Akon dan Kat DeLuna dalam lagu Papi yang menurut saya mirip dengan lagu Whine Up milik Kat DeLuna. Track keenam kita dimanjakan dengan lagu R&B ballad dengan sedikit riff gitar yang menyentuh yaitu Until It Beats No More yang menurut saya berhasil membawa nafas segar dalam album ini. Track – track selanjutnya sampai akhir album ini lewat begitu saja hampir tak ada kesan kecuali lagu Invading My Mind dan Hypnotico yang penulisan lagunya dibantu oleh Lady Gaga. Invading My Mind dan Hypnotico membawa unsur yang hampir mirip dengan On The Floor sentuhan electrohouse yang sedang popular tetapi tetap saja terdengar tidak terlalu wah cenderung terdengar Lady Gaga sekali. Bahkan lagu yang ditulis Rihanna, Take Care, pun masih terdengar amat sangat biasa.

Dari segi design dan artwork booklet dan cover album ini tetap memperlihatkan sosok Jennifer Lopez yang seksi, glamour, dan bling – bling tetapi sayang tidak banyak foto yang dihadirkan dalam bookletnya. Teknik vocal J.Lo memang tidak sehebat penyanyi – penyanyi wanita lainnya tetapi dengan suara khasnya yang lembut J.Lo masih membawa kualitas vokal yang prima dalam lagu – lagu bertempo cepat maupun yang agak sedikit laid-back. Pengaruh auto-tune ataupun teknik suara dengan bantuan alat elektronik terasa sangat minimal digunakan oleh J.Lo tidak seperti penyanyi – penyanyi lainnya yang mengandalkan banyak auto-tune dalam setiap lagunya seperti Britney Spears ataupun Kesha.

Untuk sebuah album come-back dari dancing diva yang satu ini rasanya Love? masih jauh dari ekspektasi saya meskipun materi album sudah bagus dan musisi pendukungnya sudah sangat mumpuni. Saya bukan penggemar J.Lo yang fanatik tetapi saya memiliki semua album J.Lo sejak saya SD sampai sekarang dan album pertama, kedua, ketiga, dan album remix J.Lo tetap menjadi album – album favorit saya sepanjang masa. Semenjak album Rebirth hingga sekarang memang materi album J.Lo tidak lagi seperti di awal – awal kariernya yang memuat lagu – lagu berpotensi hits tetapi dibandingkan album terakhirnya, Brave, album Love? ini cukup baik dan patut untuk dikoleksi. Sayang sekali album ini flop di Billboard Chart karena semenjak awal dirilis hanya mampu menduduki peringkat  kelima dengan perolehan 83.000 copy dalam minggu pertama perilisannya. Love? bukan album terbaik dari J.Lo tetapi jauh lebih baik dari album Brave yang lebih flop dari ini.

Track List:

1.) On The Floor (feat. Pitbull) (prod. by Red One)
2.) Good Hit (prod. by The-Dream and Tricky Stewart)
3.) I’m In Into You (feat. Lil Wayne) (prod. by Stargate)
4.) (What Is) Love? (prod. by D’Mile)
5.) Run The World (prod. by The-Dream and Tricky Stewart)
6.) Papi (prod. by RedOne)
7.) Until It Beats No More
8.) One Love (prod. by D’Mile)
9.) Invading My Mind (prod. by Red One, co-written by Lady Gaga)
10.) Villain (prod. by Tricky Stewart)
11.) Starting Over (prod. by Danja)
12.) Hypnotico (prod. by Red One, co-written by Lady Gaga)

Deluxe Edition Bonus Tracks
13.) Everybody’s Girl (prod. by Mike Caren)
14.) Charge Me Up (prod. by Red One)
15.) Take Care (co-written by Rihanna & Makeba Riddick)
16.) On the Floor (Ven a Bailar)

Recomended Songs:

– On The Floor (featuring Pitbull)

– I’m Into You (featuring Lil Wayne)

– (What Is) Love?

– Papi

– Until It Beats No More

– Invading My Mind

– Hypnotico

Album Score (3/5)

©writtenbyrioaditomo260511

One thought on “Music Review: Love? – Jennifer Lopez

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s