Music Review: 4 (Four) – Beyonce (Album)


Beyonce | 4 | Babyface, The Dream, Ryan Tedder, Jeff Bhasker, & Tricky Stewart | Columbia Records

Well, I wouldn’t say I’m inventing a new genre. I’m mixing every type of genre that I love and I’m inspired by every type of genre…I’m not putting myself in a box. It’s not R&B, it’s not typically pop, it’s not rock – it’s just everything I love mixed together
Beyonce

Pada April 2011 lalu para penggemar Beyonce dikagetkan melalui image terbaru Beyonce yang tidak hanya terlihat dari penampilannya yang lebih ramping dan lebih fit dan fresh tetapi juga lewat single terbarunya yang sangat unik, Girls (Run The World). Ternyata single tersebut ternyata mendapatkan respon yang kurang hangat dari banyak penggemar musik karena dinilai kurang ear-catching dan terlalu aneh untuk seorang Beyonce. Setelah perilisan lagu tersebut banyak yang menilai album terbaru Beyonce yang diberi tajuk 4 (four) akan berakhir menjadi sebuah album yang flop di pasaran, bahkan pihak label Beyonce bernaung pun sudah mengantisipasi kegagalan album ini nantinya. Tidak mau ambil pusing, Beyonce akhirnya merilis sebuah nomor R&B Ballad berjudul “Best Thing I Never Had” pada 1 Juni lalu sebagai official single kedua dan mendapat tanggapan yang cukup positif dari kritikus musik. Sayangnya sebelum album 4 resmi dirilis sudah banyak beredar tautan untuk mengunduh beberapa lagu dari album tersebut hingga akhirnya seluruh lagu minus bonus track, telah bocor di Internet untuk unduhan banyak orang dua minggu sebelum jadwal rilis resminya.

Album 4 dibuka sebuah track cantik bertajuk 1+1 yang ditulis Beyonce bersama Tricky Stewart, The Dream, dan Corey Jackson Carter. Sebagai pembuka, lagu yang bercerita tentang seorang yang sedang dimabuk cinta ini terdengar sesuatu yang berbeda dari Beyonce karena lagu 1+1 ini hadir dengan iringan gitar di ending lagu yang memberi kesan seperti sajian musik Live dengan kualitas vokal Beyonce yang prima di bagian falsetto-nya. I Care muncul sebagai lagu kedua bercerita, kembali Beyonce menghadirkan kesan live music dalam tembang yang ditulis Bee dengan Chad Hugo (The Neptunes), dan Jeff Bhasker ini dengan iringan distorsi gitar dan gebukan drum yang menghentak. Pada track ketiga ada I Miss You yang ditulis oleh Beyonce, Shea Taylor, dan Frank Ocean. I Miss You menceritakan tentang seorang yang masih menginginkan untuk bersama dengan mantan kekasihnya tetapi terlalu tinggi hati untuk mengakuinya. I Miss You adalah sebuah nomor ballad yang manis dengan lirik yang dramatis hanya saja durasinya terlalu singkat sehingga terkesan datar. Best Thing I Never Had yang menjadi single kedua dalam lagu ini ada di track ke-4. Lagu hasil kerjasama Beyonce, J.Que, dan Babyface di Track 4 ini membawa spirit musik 90-an dengan iringan piano dan drum yang harmonis. Niscaya setelah anda mendengar bagian intro lagu ini, anda pasti ingin berhasrat mendengar lagunya berulang – ulang. Best Thing I Never Had ini memiliki makna yang tidak jauh berbeda dengan lagu Irreplaceable yaitu Girl Power, putus cinta bukan berarti harus menangis tetapi justru mensyukurinya.

Kanye West dan Andre 3000 menjadi featured rapper dalam lagu Party di track 5. Lagu yang diproduseri oleh Kanye West ini mengambil sample dari lagu La Di Da Di yang dinyanyikan Doug E. Fresh dan Slick Rick. Party bukanlah lagu menghentak dengan irama funk a la Beyonce tetapi sebuah Retro R&B tune yang laid back dengan verse rap yang menyenangkan. Rather Die Young yang berirama Blues dan Jazzy 80-an hadir di track 6. Track ini adalah sebuah track yang manis dan groovy yang bercerita tentang ketakutan seorang wanita kehilangan orang yang dicintainya dan memilih mati muda daripada hidup tanpa kekasihnya. Rather Die Young yang ditulis Beyonce, Bhasker, dan Steele ini adalah lagu yang menjadi favorit saya dalam album ini namun sayangnya Beyonce tidak menyanyikan lagu ini dengan indah malah justru cenderung emosional dan berteriak – teriak. Selanjutnya di track ke-7 ada sebuah lagu yang ditulis oleh Beyonce, Shea Taylor, dan Ester Dean, bertajuk Start Over yang bercerita tentang pasangan yang berkomitmen ulang setelah banyak melalui masalah dalam hubungan mereka. Love On Top, lagu yang manis dengan sentuhan Jazzy 80-an a la Michael Jackson hadir di track ke-8. Ditulis oleh Beyonce, The Dream, dan Shea Taylor.

Sebuah lagu dengan sample lagu Uhh Ahh milik Boyz II Men ada di track ke-9 dengan judul Countdown dan diproduseri oleh Beyonce dan Shea Taylor. Bisa dibilang Countdown ini adalah karya yang paling Beyonce sekali di album ini karena terdengar seperti karya – karya Bee sebelumnya dengan ciri khas instrumen yang ramai, bait yang rapat, dan gaya bernyanyi yang ngotot. Di track 10 ada End of Time yang terdengar irama funk dengan betotan bass, saxophone, dan beat drum yang repetitif. End of Time ini seperti sebuah anthem yang bergaya African Reggae dan hampir mirip seperti Girls (Run The World) dan energi-nya mengingatkan dengan Wanna Be Startin’ Something milik Michael Jackson. Dianne Warren dan Ryan Tedder memberi kontribusi alam album ini lewat track I Was Here di urutan ke 11. I Was Here adalah sebuah pop ballad a la Diane Warren ditemani dengan aransemen gaya Ryan Tedder yang sebelumnya pernah sukses membawa Beyonce mendapatkan Grammy Awards lewat tembang Halo. Album ini ditutup dengan lagu Girls (Run The World) yang ulasan musik dan video klipnya bisa dibaca disini. Ya album 4 ini ditutup dengan megah lewat Girls (Run The World) yang seakan menjadi anthem wanita – wanita anti pria.

Secara keseluruhan album 4 milik Beyonce ini adalah sebuah album yang cukup solid secara materinya dan sangat worthed untuk dikoleksi. 4 menunjukan kedewasaan dan pertumbuhan bermusik seorang Beyonce yang semakin matang dari masa ke masa, bisa didengar dari pilihan lagu yang masuk dalam tracklist album ini dan penampilan live Beyonce membawakan lagu – lagu di album ini. Dalam album ini sepertinya Beyonce ingin membuktikan bahwa Ia bisa berkarya tanpa perlu alter-ego-nya Sasha Fierce (Yang “Dibunuh”-nya tahun lalu) dan tanpa bantuan manajemen dari ayahnya Matthew Knowles. Ya, dalam album ini Beyonce menjadi dirinya sendiri dan bebas berkarya sesuai idealismenya. Terdengar sangat jelas dalam penggarapan album ini Beyonce banyak terinspirasi dari album Thriller Michael Jackson dengan sentuhan musik Jazz, Blues, dan Funk 80-an dan 90-an a la Prince dan kawan – kawan. Saya tidak sabar menunggu album resminya diluncurkan di Indonesia dan tentunya menunggu konser live Beyonce untuk album ini yang pasti akan kick-ass seperti biasanya. Mari pencinta musik kita tunggu album 4 ini rilis di Indonesia karena meskipun album ini di-underestimate akan menjadi album yang gagal secara komersil menurut saya tetap sangat layak untuk dikoleksi. One of the best album in 2011 (In my opinion), simple and not too long to play. This is Beyonce’s best album so far alongside with her previous album B’day (2006).

Standard Album Tracklist:

1. 1+1
2. I Care
3. I Miss You
‎4. Best Thing I Never Had
5. Party (Featuring Andre 3000)
6. Rather Die Young
7. Start Over
8. Love On Top
9. Countdown
10. End of Time
11. I Was Here
‎12. Run The World (Girls)

Deluxe Album Tracklist:

DISC ONE

1. 1+1
2. I Care
3. I Miss You
‎4. Best Thing I Never Had
5. Party (Featuring Andre 3000)
6. Rather Die Young
7. Start Over
8. Love On Top
9. Countdown
10. End of Time
11. I Was Here
‎12. Run The World (Girls)

DISC TWO

1. Lay Up Under Me
2. Schoolin’ Life
3. Dance For You
4. Run The World (Girls) (Kaskade Club Remix)
5. Run The World (Girls) (RedtopClub Remix)
6. Run The World (Girls) (Jochen Simms Club Remix)

Album Score(4/5)

©writtenbyrioaditomo260611

3 thoughts on “Music Review: 4 (Four) – Beyonce (Album)

  1. Everybody go to Youtube. Beyonce and Nicky Minaj are on a remix of her leading single Run the World Girls together. This guy name Fyuchur produced it. Its Hot!!! Both of their fans love it

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s