Music Review: Glee The Music Presents The Warblers


The Warblers | Glee: The Music Presents The Warblers | Brad Falchuk, Ryan Murphy | Columbia Records

Bagi readers yang menggandrungi serial TV musikal Glee, rasanya tidak akan asing lagi dengan nama The Warblers. Kelompok musik The Warblers ini berasal dari SMA Dalton’s Academy yang menjadi saingan dari kelompok New Directions dalam ajang Sectionals dan Regionals dalam serial Glee Season 2. Terdiri dari kumpulan lelaki muda berpakaian rapi lengkap dengan dasi dan jas almamater yang ekslusif, The Warblers mengusung musik yang kebanyakan Top 40 dengan format bernyanyi semi a capella. Grup vokal ini memiliki Leader Vocalist bernama Blaine yang diperankan Darren Criss, seorang gay yang menjadi love interest tokoh Kurt Hummel (Chris Colfer). The Warblers hadir mengejutkan dalam debut mereka di episode 6 Glee, Never Been Kissed.

The Warblers memang sebuah grup fiksi yang dibuat oleh Ryan Murphy dan timnya dalam Glee The Series tetapi dengan kharisma dan aransemen vokal yang memukau membuat The Warblers begitu disukai tidak hanya oleh para Gleek (Pencinta Serial Glee) tetapi banyak pencinta musik. Karena kesuksesan The Warblers menjual single – single mereka di iTunes akhirnya pihak produser Glee membuatkan sebuah full album berisi lagu – lagu yang The Warblers nyanyikan dalam serial Glee ditambah dua lagu yang tidak muncul di dalam serial. Hasilnya album yang diberi judul Glee The Music Presents The Warblers ini mampu mendapatkan sambutan hangat tidak hanya dari penggemar musik album ini bahkan banyak mendapat tanggapan positif dari kritikus musik dunia.

Dalam album yang dirilis sejak 19 April ini terdapat 13 lagu yang menakjubkan dengan aransemen vokal yang ciamik dari The Beelzebubs yang mengisi aransemen a capella dan disinergikan dengan kekuatan vokal Darren Criss yang kharismatik sebagai Lead Vocal. The Warblers mendaur ulang berbagai lagu dari bermacam – macam genre dan penyanyi/grup band mulai dari Katy Perry, Train, Destiny’s Child, Robin Thicke, The Beatles, Maroon 5, Pink, Keane hingga Barbra Streisand dan Rod Stewart.

Buat saya mendengarkan album The Warblers ini seperti dibawa kedalam ruangan yang nyaman dan sejuk dengan iringan a capella yang harmonis dan mengalir indah. Yang paling mencuri perhatian saya dari album ini adalah track Somewhere Only We Know dan What Kind of Fool karena kedua lagu tersebut tidak hanya mampu menggetarkan telinga tetapi juga mampu meluluhkan hati saat mendengarkannya. Selebihnya tembang seperti Bills Bills Bills hasil daur ulang dari grup Destiny’s Child, Teenage Dream milik Katy Perry, dan Silly Love Songs milik Wings tampil stand-out dalam album ini. Sayangnya kehadiran vokal Chris Colfer yang dibalut dengan iringan a capella menurut saya kurang “membaur” dan menghasilkan chemistry vocal yang kurang greget termasuk saat berduet dengan Darren Criss dalam track Candles walaupun dalam Blackbird Colfer masih tampil lumayan aman. Buat saya penampilan solo Colfer dalam membawakan I Wanna Hold Your Hand dalam album regular Glee tetap menjadi yang terbaik dan emosional tapi tidak saat bersama The Warblers yang sepertinya menutupi aura Colfer (menurut saya).

Album Glee The Music Presents The Warblers ini sangat saya rekomendasikan tidak hanya bagi para Gleek diluar sana tetapi pada semua pencinta musik. Salah satu koleksi Glee The Music Series yang satu ini sangat universal, tidak perlu anda menyukai dan mengikuti serialnya untuk mendengarkan lagu – lagu di album ini karena dengan sendirinya pasti anda akan jatuh cinta dengan album ini dan tentunya jatuh cinta dengan The Warblers. Saya tidak menyebutkan album The Warblers ini adalah album koleksi terbaik dari seri Glee tetapi sampai saat ini album inilah yang secara keseluruhan sangat patut dikoleksi. So get the album while stocks last in yout nearest CD Store.

Track List

1. Teenage Dream
2. Hey Soul Sister
3. Bills, Bills, Bills
4. Silly Love Songs
5. When I Get You Alone
6. Animal
7. Misery
8. Blackbird
9. Candles
10. Raise Your Glass
11. Somewhere Only We Know
12. What Kind Of Fool
13. Do Ya Think I’m Sexy?

The Warblers Performing Keane’s “Somewhere Only We Know”

Album Score (4/5)

©writtenbyrioaditomo260611

4 thoughts on “Music Review: Glee The Music Presents The Warblers

    1. Hai Upi… Makasih banget udah mampir ke blog aku.. Alhamdulilah blog aku bisa dipake jadi bahan contekan yah? hahahahaha… Maaf banget tadi jawab kuis #SonyMusicID ga ada niat ikutan dan emg kalo ikutan jg gak akan dimenangin sama adminnya.. Coba lagi ya besok – besok semoga sukses🙂

      1. di kotaku susah cari CD musik berkualitas,hhe.
        pertama kali lihat somewhere only we know glee version lgsg gelagapan cari mv+mp3nya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s