Music Review: 2nd Mini Album – 2NE1


Eh..Eh..Eh..Eh..Eh..Eh..Eh..To anyone..Eh..Eh..Eh..Eh..Eh..Eh..Eh..You better ring the alarm!

Diatas adalah sebuah penggalan lirik dari lagu bertajuk Fire milik Girl Band asal Korea, 2NE1 (New Evolution of the 21st Century), yang pada tulisan kali ini akan saya review albumnya. Grup musik bergenre KPop/Dance/Hip-Hop ini mungkin namanya sudah tidak asing lagi di telinga anda pencinta KPop, “But if you ain’t know? Now you know”. 2NE1 adalah sebuah grup musik asal negeri ginseng, Korea, yang beranggotakan empat gadis cantik dan bertalenta, ada CL, Park Bom, Sandara Park (Dara), dan Minzy. Dibentuk oleh salah satu dari tiga manajemen artis terbesar di Korea, YG Entertainment. 2NE1 berhasil mencetak banyak hits di negeri asalnya dan mulai merambah ke berbagai negara di Asia bahkan Amerika Serikat, salah satu negara Asia yang terkena demam 2NE1 adalah negara tercinta kita, Indonesia, yang memang sedang menggandrungi produk – produk musik dan televisi Korea.

Pertama kali saya mengenal 2NE1 adalah lewat lagu berjudul Lonely yang bagian Hook-nya “Baby I’m so lonely lonely lonely lonely lonely” begitu meracuni pikiran saya hingga ingin mendengarkannya berulang – ulang. Lonely adalah tembang yang manis dengan campuran petikan gitar, sedikit sentuhan strings, lirik yang menyentuh, dan uniknya vokal masing – masing personil termasuk Sandara Park yang sebenarnya memiliki vokal yang kurang menonjol dibanding teman – temannya. Kalau kita tidak mengerti bahasa Korea mungkin mengira bahwa lagu ini bertema cinta yang menyedihkan tentang gadis yang ditinggalkan pacarnya tetapi ternyata liriknya justru menceritakan hal yang sebaliknya, sang gadis yang merasa kesepian walaupun sudah mempunyai pacar. This song is actually about a girl who dumped her boyfriend, hahaha.

Video klip dari single ini juga dibuat secara apik dengan wardrobe yang keren, editing yang oke, dan storyline yang menggetarkan juga ditambah dengan ekspresi akting para personil 2NE1 sendiri yang memang pas banget. Lonely menurut hemat saya adalah single yang mendekati sempurna dari segala aspek, mulai dari produksi dan tentu saja dari segi promosi yang cerdas yaitu dengan membuat kontes meng-cover lagu ini di Youtube. Buktinya dengan efektif Lonely bisa di dengar dan disukai di berbagai negara di berbagai belahan dunia, dapat dilihat dari antusiasme Youtube-ers yang mengikuti kontes itu tidak hanya datang dari Korea, ada dari Indonesia, Amerika Serikat, Austria, Belgia, dan negara – negara lainnya.

Kegilaan saya pada lagu Lonely membawa saya menelusuri Full Discography dari Girl Band yang mulai eksis sejak tahun 2009 lalu lewat single Lollipop ini. Mulai dari album mini pertama mereka lalu Full Length album mereka To Anyone (2010) dan terakhir 2NE1 2nd Mini Album. Kali ini saya mau sedikit me-review album mini mereka yang kedua yang baru saja dirilis pada pertengahan tahun ini. Album 2NE1 2ND Mini Album ini berisi 6 buah lagu yang semuanya berpotensi menjadi Hit dimana – mana, salah satunya tembang Lonely yang ada pada album ini. Menilik dari perjalanan album – album sebelumnya, EP (Extended Play) mereka yang satu ini sangat menunjukan pendewasaan secara materi dan kesiapan mental mereka dalam bermusik. Semua disiapkan secara matang dalam EP 2NE1 2nd Mini Album ini, terbukti dari pemilihan materi musik yang jaman sekarang sekali, video klip – video klip yang bagus, dan promo yang hebat membuat album ini sangat promising untuk menggaet lebih banyak Blackjacks (Sebutan untuk penggemar 2NE1) dari berbagai negara dan untuk mengukuhkan eskistensi mereka di dunia musik KPop.

Album ini dibuka dengan dahsyat oleh dentuman musik elektropop dan techno khas KPop lewat lagu I Am The Best. Tembang ini memang diselimuti beat elektropop dan Hip-Hop yang kental juga diimbuh dengan sedikit nuansa timur tengah. CL dan Minzy benar – benar mengisi dan menghidupkan lagu ini dengan sentuhan rapping, chorus, dan hook yang stick-directly-to-our-mind. Track kedua ada Ugly yang lagi – lagi chorusnya menjadi racun dan banging-in-head dilengkapi dengan song writing yang sedikit menyentuh masalah sosial di Korea yakni banyak gadis yang merasa tidak cantik dan ingin operasi plastik. Dengan sentuhan sedikit elektropop dan rock membuat lagu ini begitu stand out apalagi kalau sudah menikmati video klipnya yang fun dan Park Bom benar – benar mewarnai lagu ini dengan cantik. Lonely ada di track selanjutnya yang sudah tidak perlu diceritakan lagi seperti apa saya mencintai lagu ini dan kagum dengan pembagian porsi menyanyi yang adil dan menonjolkan Dara yang vokalnya sedikit lemah daripada personil lain.

Hate You sebuah lagu yang video klipnya dibuat dengan teknik animasi a la Daft Punk dan Gorillaz ada di track ke-empat. Tidak ada yang tidak menarik dari lagu ini yang begitu easy listening dan easy singing dengan sentuhan dance/Kpop yang kental, percayalah lagu ini juga akan begitu menempel di kepala usai mendengarkannya. Single solo Park Bom, Don’t Cry ada di track lima yang agak sedikit mengingatkan dengan berbagai single dance/elektopop yang ada di chart – chart musik dunia. Don’t Cry tidaklah buruk tetapi terlalu biasa dibanding empat lagu sebelumnya karena lagu seperti ini bisa kita temui banyak di penyanyi – penyanyi wanita Amerika Serikat. Sebagai penutup ada Don’t Stop The Music yang sangat penuh dengan efek auto-tune dan kental dengan sentuhan elektropop/Hip-Hop. Bagi saya cukup baik menutup album ini dan memperjelas arah bermusik 2NE1. Sayangnya Don’t Stop The Music saya rasa menjadi titik paling rendah dalam grafik album ini secara keseluruhan karena terlalu biasa dibanding track yang lainnya. Sebagai peak position dalam album ini adalah tembang Lonely yang unik dan tidak harus mengikuti pakem pasar untuk membuat sebuah hit, pakem yang hampir sama muncul juga sebelumnya di lagu It Hurts dalam album Full Length mereka tahun lalu, To Anyone.

Overall album ini memang sangat recommended dan worth to buy. Album ini menurut saya menggabungkan kejeniusan banyak pihak, kejeniusan Manajemen 2NE1, penulis lagu – lagu dalam album ini, Teddy Park, dan tentunya talenta para personil 2NE1 yang memang mumpuni. 2NE1 telah membuktikan bahwa mereka adalah grup yang berbeda dari kebanyakan Girl Band di negaranya, 2NE1 tidak melulu tampil seksi dan menggoda tetapi dibarengi dengan kemampuan dan taste mereka dalam bermusik dan fashion. Now I officially badged myself as a Blackjacks, yeay!! Dan jangan kaget kalau keunikan 2NE1 telah mampu membuat Will.I.Am jatuh cinta dan berniat mengorbitkan mereka di Amerika Serikat, we’ll wait and see.

TRACKLIST:

1.내가 제일 잘 나가
2. Ugly
3. Lonely
4. Hate You
5. Don’t Cry
6. Don’t Stop The Music

Album Score(4/5)

©writtenbyrioaditom0160911

8 thoughts on “Music Review: 2nd Mini Album – 2NE1

  1. serius nih will.i.am mau nerbitin 2ne1? woooooowwwww. tapi kalaupun engga, menurut gue 2ne1 udah cukup terkenal. seasia udah kenal siapa itu 2ne1. perasaan gue setelah “menonton” dan “menikmati” 2ne1 adalah gue jadi benci banget sama SNSD entah kenapa. hehe. pesan moralnya jangan liat 2ne1 kalau setelah itu ngeliat SNSD. SNSD keliatan centil centil malesin wkwkwkkwkwk

    btw, nice post ;D

    1. Kabarnya sih gitu Maudy, Will.I.Am tertarik ngorbitin mereka abis tour BEP.. Semoga deh ya.. Iya sih ngeliat Girl Band laen kayanya cuma modal tampang sm body doang 2NE1 itu bener2 unik dan powerfull!!🙂

  2. kyaaaaa
    I am so addicted of 2ne1. Lonely and I am the best is the best songs.

    Sumpah setiap denger mp3 d hape, 3 lagu pertama yg gw puter pasti I am the best, it hurt, sama lonely. 3 lagu ini unik + punya makna yg dalem.

    Tp lagu pertama yg buat gw jatuh cinta & memutuskan utk jd blackjack adl lonely. Musik + laguny enak bgt buat d dnger, wlaupn ga tau apa artiny. Tp stlh tau artiny mlh mkin suka

  3. Setuju deh buat Naega Jie Jalaga-nya, asik. aku tahunya pas liat video konser YG di Jepang kemaren. lagu 2NE1 di cover sama bigbang. nyari2 g taunya punya 2NE1. SERUUUUU….sepertinya harus memperbaiki opini ttg girlband yg dulu suka nyinyir sendiri. 2NE1 COOL! ^^

    1. Halo Zee terima kasih udah mampir di blog saya. Aku baru tahu kalo Big Bang bikin Cover I Am The Best, pasti versi mereka gak kalah keren. Iya, kamu harus denger lagu – lagunya 2NE1 karena bener – bener beda sama Girlband Korea kebanyakan, cita rasa musiknya gak menjurus ke K-POP tapi lebih ke J-Pop sama American Style! Keren pokoknya.🙂

  4. 2NE1 daebakkk ^^
    Saya sesuju banget sama Mas Rio kalo 2NE1 itu berani beda. Girlband lain pasti mengutamakan fisik tetapi 2NE1 mengutamakan musik🙂 Dan laginya 2NE1 semuanya enak didenger, terutama lagu favorit saya It Hurts dan Ugly yang Accoustic Ver.-nya. Benar-benar beda banget dari yang lain, cocok 100% buat jadi The Best New Band In The World.
    2NE1 hwaiting!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s