Music Review: Rindu – Agnes Monica (Music Video)


Agnes Monica Rindu Photoshoot credited to Yahoo OMG

Rindu – Agnes Monica (Fryda Cover)
(Song written by Erros Djarot)
(Music video directed by Hedy Suryawan)
(Produced by Aquarius Musikindo)

“Editing “Rindu” music video ☑ Training ☑ Meetiiiiiing… LOOOOONG meeting… ☐
Buat yang nanya, Rindu itu udah dibikin music video nya sejak 2 bulan yg lalu, sblm saya berangkat ke LA.🙂

(Taken from Agnes Monica Official Twitter Account: @agnezmo 23 September 2011)

Sebuah kabar yang menggembirakan datang dari Agnes Monica, si cantik berusia 24 tahun ini mendapatkan nominasi di ajang MTV Europe Music Awards (EMA) 2011. Agnes masuk dalam daftar calon pemenang dalam nominasi “Worldwide Act Asia Pacific Nominees” bersama Sia Furler, Big Bang, Jay Chou, dan bintang lainnya (Silakan kalau mau vote Agnes Monica: DISINIvoting dibuka sampai 23 Oktober lho– ). MTV EMA 2011 sendiri akan diadakan di Odyssey Arena, Belfast, Irlandia Utara pada 6 November mendatang dan semoga saja Agnes Monica bisa menjadi pemenang dalam kategori “Worldwide Act Asia Pacific Nominees“.

CLICK ON IMAGE TO VOTE FOR AGNES🙂

Dalam post ini saya tidak akan membahas EMA tentunya, setelah pada post sebelumnya saya mengulas tentang single “Rindu” milik Agnes Monica, kali ini saya akan me-review video klipnya yang baru saja dirilis secara eksklusif  pada 30 Spetember 2011 pukul 14.00 WIB di situs resmi Yahoo OMG Indonesia. Kira – kira seperti apa video klip yang disutradarai oleh Hedy Suryawan ini? Apakah sehebat video – video klip Agnes sebelumnya? Atau justru kurang menarik? Check this post out.

Selain kabar bahwa Ia memperoleh nominasi di penghargaan musik bergengsi sekelas MTV EMA, ternyata Agnes Monica juga membawa kabar lain yang cukup ditunggu – tunggu penggemar setianya. Berdasarkan pantauan saya di twitter, Agnes sempat memberi dua buah tweet yang berkaitan dengan video klip single Rindu yang ternyata telah diselesaikan penggarapannya sejak dua bulan lalu. Pada 29 September kemarin, Agnes dan pihak Management telah memberi Teaser berupa foto dan video dari klip Rindu yang tentu saja semakin menggundang rasa penasaran saya. Bagi saya video klip Agnes Monica pasti selalu ditunggu – tunggu karena sudah pasti menghadirkan sesuatu yang berbeda dan menggigit. Akhirnya saat yang ditunggu – tunggu pun tiba, pemutaran perdana video klip terbaru Agnes Monica yang secara khusus di Streaming melalui situs Yahoo OMG Indonesia pada hari ini 30 September 2011 pada pukul 14.00 WIB.

Storyline dari video klip Rindu ini sendiri tidak terlalu rumit dan cukup sederhana. Rindu yang disutradarai oleh Hedy Suryawan yang pernah berkolaborasi dengan Kerispatih, Nidji, Vierra, dan banyak penyanyi lainnya ini bercerita tentang gadis balerina yang diperankan Agnes Monica yang sedang merekam video dan foto – foto bersama sang kekasih di sebuah tempat yang bisa dikatakan mirip perkebunan/peternakan. Pada adegan awal terlihat sang balerina begitu manis, ceria, dan bahagia sambil tertawa lepas dan mengeluarkan beberapa ekspresi manja. Semua kegembiraan ketika bersama sang kekasih dapat terasa di awal – awal video klip ini. Dalam adegan lain digambarkan sang balerina sedang terduduk sedih di atas mobil bekas dengan rambut di-roll dan menari balet dengan emosional di tengah terik matahari. Ekspresi kesedihan dan emosi yang mendalam terasa di sepertiga akhir videonya.

Agnes Monica Rindu Photoshoot credited to Yahoo OMG

Agnes Monica memang selalu tampil maksimal dalam video klipnya, tidak hanya pada video – video-nya yang ber-budget mahal dan membutuhkan banyak koreografi seperti Godai Aku Lagi, Paralyzed, atau Tak Ada Logika tetapi juga di video – video dengan lagu bertempo lambat atau Ballad. Bukti keseriusan Agnes bisa dilihat dalam tiap video klip Mellow-nya seperti Tanpa Kekasihku, Jera, Cinta Mati, Cinta Di Ujung Jalan, Matahariku, Dan Tak Mungkin, Teruskanlah, dan yang terakhir Karena Ku Sanggup semua memiliki nilai ‘greget’nya masing – masing dan menonjolkan kualitas akting Agnes Monica meskipun digarap sesederhana mungkin. Memang menurut saya Cinta Mati, Jera, Matahariku, dan Teruskanlah kurang menarik dan terlalu biasa untuk kelasnya Agnes Monica tetapi jika dinilai lebih jauh di video – video tersebut Agnes selalu tampil prima dengan koreografi dan pastinya akting yang luar biasa. Termasuk dalam video klip Rindu yang baru saja dirilis ini, Agnes Monica tampil dengan sangat memukau dengan akting dan koreografi yang bermakna meskipun Setting dan Wardrobe-nya sangat sederhana.

Ini bukanlah yang pertama kali Agnes Monica berkolaborasi dengan sutradara Hedy Suryawan karena sebelumnya pada tahun 2008 mereka berkolaborasi lewat video klip Matahriku. Jika ditelaah lebih mendalam, ada sedikit kemiripan antara video klip Rindu dan Matahariku, ada ‘rasa’ dan ‘sentuhan’ khas yang sama dari Hedy Suryawan di dalam video klip Rindu ini yang seperti pernah diberikannya dalam Matahariku, hanya saja dalam Matahariku bagi saya terlalu simple dan tidak istimewa kecuali performa Agnes sendiri, berbeda dengan Rindu yang bagi saya sangat Stand-Out meskipun digarap dengan konsep dasar yang sama. Selain ada ‘rasa’ Matahariku dalam video klip Rindu ini (bahkan menurut saya dalam aransemen lagunya) ada juga tampilan dan gaya Karena Ku Sanggup yang ditawarkan lewat Tone warna yang digunakan serta nuansa Gloomy lewat efek Cross Process yang persis digunakan dalam Karena Ku Sanggup. Agaknya konsep video seperti ini sudah dipakai banyak penyanyi termasuk yang saya ingat adalah Beyonce dalam video klip Flaws and All. Bisa jadi Agnes memang terinspirasi dengan Beyonce seperti adegan Agnes duduk di atas mobil dengan Roll di kepala hampir mirip dengan yang Beyonce lakukan dalam Irreplaceable, but that doesn’t really matter though Rindu is beautiful and great on its on way.

Minimalnya wardrobe, properti, dan lokasi agaknya tidak menjadi masalah karena Agnes susah mampu membuktikan lewat Karena Ku Sanggup meskipun dengan budget yang tidak besar, lokasi yang itu – itu saja, properti, dan pakaian yang tidak bervariasi tetap mampu memberikan nilai artistik tersendiri bagi video klipnya. Meskipun hanya berbekal satu lokasi di daerah Karawang, tetapi dengan kehebatan akting Agnes dan kepandaian sang sutradara mengarahkan Sang Diva muda, ditambah seting dan properti yang dibuat mirip dengan daerah peternakan dan perkebunan di luar negeri, dilengkapi mobil klasik, dan pakaian sederhana, mampu membangun kisah dan emosi yang kuat dan menambah jiwa pada video klip dan lagu Rindu sendiri. Agnes dengan mudah membawakan berbagai macam ekspresi sang balerina sehingga mampu membuat saya terbawa dalam jalan cerita dan emosi dalam video klip ini hingga menitikan air mata termasuk dengan koreografinya yang menyiratkan emosi yang mendalam dan menyakitkan. Tidak hanya aktingnya tetapi kecantikan, pesona, dan keseksian Agnes terpancar dalam video klip ini. Rindu adalah video klip yang simple tetapi tetap tampil prima, emosional, cantik, dan amat sangat menyentuh. You go Girl!

Saksikan Video Klip Fullnya di (Credited to Yahoo OMG):

RINDU on Yahoo OMG

Low Quality Version of Rindu (Credited to GIANEZIOUS):

atau lihat Official Teasernya di Akun Youtube AgnesMonicaENT:

Semoga full version dan HD-nya segera di Upload oleh AgnesMonicaENT🙂

Music Video Score (4,5/5)

©writtenbyrioaditom300911

12 thoughts on “Music Review: Rindu – Agnes Monica (Music Video)

  1. great comment..walaupun beberapa hal yang sama dg klip artis internasional lain tidak dapat dipungkiri..namun tak dapat dipungkiri juga banyak hal hebat dalam klip ini yang mampu menyampaikan pesannya terhadap penonton.

    1. Halo Jihan, terima kasih sudah mampir di blog saya. Maksudnya Agnes jagan pakai baju seksi gitu? Heheh semoga Agnes membaca posting di blog saya juga supaya saran kamu di dengar. Kalo menurut saya pakaian Agnes disini memang cenderung lebih terbuka tetapi spertinya bukan bermaksud untuk seksi tetapi memang kebutuhan konsep Agnes sebagai penari balet.🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s