Music Review: Someone Like You – Adele


Someone Like You – Adele
(Song written by Adele & Dan Wilson)
(Music video directed by Jake Nava)
(Produced by Adele & Dan Wilson)

“I can imagine being about 40 and looking for him again, only to turn up and find that he’s settled with a beautiful wife and beautiful kids and he’s completely happy… and I’m still on my own. The song’s about that and I’m scared at the thought of that.”
Adele, On Someone Like You Song

Sakit hati, penghianatan, perceraian, atau putus cinta sepertinya mampu menginspirasi banyak musisi untuk menelurkan karya – karya yang luar biasa. Di kancah musik mancanegara seingat saya ada Usher yang paska putus dari Chilli “TLC” sukses dengan single Burn (2004), ada pula Pink yang setelah perceraian dari mantan suaminya sukses menelurkan album Funhouse (2008), di negeri kita sendiri ada Glenn Fredly yang sukses dengan album Selamat Pagi, Dunia! (2002) dengan sejumlah hits galaunya termasuk Januari, dan mungkin masih banyak musisi lainnya yang berhasil membuahkan hits lewat pengalaman sakit hatinya. Tahun ini menjadi giliran penyanyi asal Britania Raya, Adele, yang mencurahkan kegalauannya setelah putus cinta dengan pasangan yang hampir menikahinya lewat album 21. Salah satu lagu yang menjadi single andalan dalam album 21 adalah Someone Like You yang baru – baru ini video klipnya telah dirilis di akun Vevo milik Adele.

Mungkin para umat yang sering galau hatinya akan sangat termotivasi untuk tambah galau ketika mendengarkan lagu yang konon diambil dari kisah percintaan Adele dengan sang mantan kekasih. Someone Like You bercerita tentang seorang wanita yang berusaha untuk tegar dan “Move On” ketika mengetahui bahwa Ia ditinggal menikah oleh mantan kekasih yang masih Ia cintai. Sebenarnya Someone Like You tidak sepenuhnya tentang Move On From Your Past Lover karena dalam liriknya masih ada seperti rasa plin – plan meskipun Ia bersikeras akan mendapatkan gantinya tetapi dia juga memohon agar mantannya tidak melupakan kisah cinta mereka karena bagaimanapun mereka pernah punya cerita dan kenangan. Seperti ada rasa pura – pura tegar, ketakutan, amarah, sekaligus keikhlasan yang tersirat melalui lirik dan cara bernyanyi Adele. Jikalau lagu ini memotivasi diri untuk “Move On” pasti liriknya akan diganti “Never Mind I’ll Find Someone Better Than You, I Wish Nothing But The Best For Each of Us..” hahahaha. Seperti dikutip dari salah satu wawancaranya, Adele mengungkapkan bahwa Someone Like You adalah lagu tentang ketakutannya pada perasaan bahwa saat Ia berusia 40 tahun Ia akan mencari mantan kekasihnya dan menemukan bahwa mantanya sudah bahagia dengan hidup barunya dan dia tetap tidak bisa melupakan mantannya.

Tembang Someone Like You adalah track terakhir dalam kantung album kedua Adele 21 edisi standar, dan sebagai lagu penutup Someone Like You sukses memberikan kesan yang amat mendalam dan menggambarkan kesimpulan serta isi keseluruhan albumnya. Dengan hanya dibalut dentingan piano yang larut dalam suara dan penghayatan Adele yang menghanyutkan serta lirik yang “ngoet kana hate” (baca: mencakar – cakar hati) [bahasa sunda.red] membuat Someone Like You yang single-nya sudah dirilis sejak 24 Januari silam ini menjadi lagu yang berkarakter kuat meskipun sangat sederhana. Adele secara cerdas membawakan tiap bait lagu yang ditulisnya bersama produser Dan Wilson ini hingga memunculkan getaran pilu pada hati pendengarnya, tidak hanya pada versi studionya bahkan lebih mengiris – iris jantung bila mendengarkan Adele menyanyikannya secara live. Harus memiliki pertahanan emosi dan mental yang kuat untuk seorang penyanyi menarasikan isi lirik yang berkenaan dengan masalah pribadinya dan Adele mampu melakukannya terbukti emosinya terjaga setiap kali menyanyikan lagu ini, pelan – pelan dibangun hingga emosinya memuncak pada klimaksnya sehingga pendengar akan ikut tersentuh dan terharu.

Sebenarnya Set Fire To The Rain direncanakan sebagai kandidat terkuat menjadi single kedua di Amerika Serikat setelah Rolling In The Deep maka dari itu Someone Like You justru sudah sejak awal tahun ini diluncurkan di Inggris dan menuai sukses. Ternyata setelah Adele melakukan penampilan live di ajang MTV Video Music Awards (VMA) 2011 pada Agustus lalu jumlah peminat Someone Like You di Amerika Serikat jadi membludak hingga mengantar lagu tersebut duduk di puncak tangga lagu Billboard Hot 100. Seiring dengan itu pada 29 September 2011 Adele merilis video klip untuk Someone Like You dan hingga saat ini sudah mencapai lebih dari 2 juta viewers. Video klip Someone Like You disutradarai oleh Jake Nava yang pernah bekerja sama dengan banyak penyanyi – penyanyi tenar dari Mariah Carey, Britney Spears, Beyonce, The Rolling Stones, hingga Lindsay Lohan. Sama seperti lagunya yang simple video klipnya pun di garap dengan sangat sederhana oleh Jake Nava.

Berlokasi di Perancis dan kebanyakan diambil secara Long-Shot menceritakan Adele yang berjalan di pagi hari buta untuk pergi ke sebuah Coffee Shop dan di akhir cerita Ia bertemu dengan mantannya yang pergi meninggalkannya. Video klip ini menampilkan tata sinematografi yang indah dengan efek warna hitam putih membuat Someone Like You semakin terasa muram dan penuh kesedihan namun tetap menarik untuk dilihat apalagi ditambah dengan ekspresi wajah Adele yang juga menyampaikan emosi lagu ini dengan baik. Sayangnya video klip Someone Like You ini sangat mengingatkan saya pada video klip Duffy – Warwick Avanue yang juga di ambil dengan teknik Long-Shot dan memanfaatkan akting penyanyinya, parahnya lagi Adele dan Duffy ini punya banyak kesamaan sudah pasti akan ada rasa ingin membandingkan satu sama lain. Tapi ya sudahlah keduanya tetap menampilkan kekuatan di video dan lagunya and I love both Adele’s Someone Like You and Duffy’s Warwick Avanue lagipula video semacam ini sudah paling tepat diaplikasikan pada lagu Someone Like You. Overall lagu dan video klipnya Someone Like You ini tetap juara dan menjadi salah satu lagu wajib para jamaah yang sedang galau, Bravo Adele tetaplah menjadi Mother of Galau.

Adele Someone Like You Lyrics:

I heard that you’re settled down
That you found a girl and you’re married now.
I heard that your dreams came true.
Guess she gave you things I didn’t give to you.

Old friend, why are you so shy?
Ain’t like you to hold back or hide from the lie.

I hate to turn up out of the blue uninvited
But I couldn’t stay away, I couldn’t fight it.
I had hoped you’d see my face and that you’d be reminded
That for me it isn’t over

Never mind, I’ll find someone like you
I wish nothing but the best for you too
Don’t forget me, I beg
“I’ll remember”, you said,
Sometimes it lasts in love but sometimes it hurts instead.
Sometimes it lasts in love but sometimes it hurts instead,
Yeah.

You know how the time flies
Only yesterday it was the time of our lives
We were born and raised
In a summer haze
Bound by the surprise of our glory days

I hate to turn up out of the blue uninvited
But I couldn’t stay away, I couldn’t fight it.
I had hoped you’d see my face and that you’d be reminded
That for me it isn’t over, yeah.

Never mind, I’ll find someone like you
I wish nothing but the best for you too
Don’t forget me, I beg
“I’ll remember”, you said,
Sometimes it lasts in love but sometimes it hurts instead.

Nothing compares
No worries or cares
Regrets and mistakes
They are memories made.
Who would have known how bittersweet this would taste?

Never mind, I’ll find someone like you
I wish nothing but the best for you too
Don’t forget me, I beg
“I’ll remember”, you said,
Sometimes it lasts in love but sometimes it hurts instead.

Never mind, I’ll find someone like you
I wish nothing but the best for you too
Don’t forget me, I beg
“I’ll remember”, you said,
Sometimes it lasts in love but sometimes it hurts instead.
Sometimes it lasts in love but sometimes it hurts instead.

Adele Someone Like You Official Music Video From AdeleVEVO:

Song Score (4/5) | Music Video Score (3/5)

©writtenbyrioaditom0031011

18 thoughts on “Music Review: Someone Like You – Adele

    1. Haloo salam kenal jg Haran. Aku udah link blog km ya di daftar blog favorit. Keep posting ya, terima kasih sudah mampir jangan lupa di update link saya di blog kamu, trims..🙂

  1. mendengar lagu Someone Like You ini “sedih” sekali. Apalagi pas tahu makna dan dekskripsi Adele tentang lagu ini.
    “I can imagine being about 40 and looking for him again, only to turn up and find that he’s settled with a beautiful wife and beautiful kids and he’s completely happy… and I’m still on my own. The song’s about that and I’m scared at the thought of that.” rasanya pasti menyakitkan sekali. denger lagu ini aja hati gue teriris riris. gimana kalau kebenaran…

  2. wah terima kasih banyak ya atas reviewnya …
    tadinya saya pikir lagu ini betul2 untuk move on, dan pengen saya posting krn saya pengen move on,
    tapi saya ragu2 (krn memang gk pernah serius dengerin liriknya hehe),
    setelah baca review ini, jadi jelas semuanya,
    dan membuat saya tidak ingin posting ini, coz I don’t want to beg anymore … cheers …

    1. Halo Mas Agus, terima kasih sudah mampir di Blog saya. Alhamdulilah sekali kalo isi Review saya bermanfaat. Kayaknya ngalamin hal yang sama dengan lagu Adele ini ya? Hehehehe.. Semoga lekas Move-On🙂

  3. 😥 True story :
    tgl 02-02-12 aku di putusin
    tgl 22-02012 dia blg mw nikah dengan pria yg dia plh
    4 thn mmperjuangkan smua “itu” akhirnya sia-sia jg
    kita yg berteman;tpi jdnya sama org😦😥

    1. Haduh Mas Slazh, tragis sekali ceritanya. Sabar ya, semoga lekas Move On. Kalau tidak dipertemukan jodohnya mungkin Tuhan masih kasih Mas kesempatan untuk mencari yang jauh lebih baik. #SokBijak #PadahalPastiSusah Semangat!

      1. thanx yah buat supprtnya…
        ane jga berharap dapat yang lbh baik..tpi tdak lgi seperti dia..😆

        oh wlpon dah tlat met ultah ya bro😆

        hahahaha jgn pla manpir ke t4 ane ok

      2. Hehehehe, terima kasih ya. Kalau Tuhan menuliskan dia bukan jodohnya Bang Slazh Pardede pasti Tuhan sudah mempersiapkan yang lebih baik buat Bang Slazh, percaya deh.

  4. gla ni lgu prnah dinyanyikan indonesian idol dan bikin akhmad dani nangis,,,
    @rioaditomo:good luck,,,tpi ada lgi ga lgu yg menyedihkan kya gini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s