Music Review: We Found Love – Rihanna Feat Calvin Harris


We Found Love – Rihanna feat. Calvin Harris
(Song written by Calvin Harris)
(Music video directed by Melina Matsoukas)
(Music produced by Calvin Harris)

It’s like you’re screaming but no one can hear. You almost feel ashamed that someone could be that important, that without them, you feel like nothing. No one will ever understand how much it hurts. You feel hopeless, like nothing can save you. And when it’s over and it’s gone, you almost wish that you could have all that bad stuff back so you can have the good.”
Agyness Deyn, 5QP4ACV3PXK2

Sudah sekitar enam single yang dilepas Rihanna dari kantung album Loud yang dirilis medio November 2010 lalu dan semuanya mampu wara – wiri di berbagai tangga lagu di dunia bahkan beberapa single berhasil mencapai posisi puncak. Rihanna tidak berhenti sampai disitu, pada 22 September lalu akhirnya Riri merilis single untuk album terbarunya, Talk That Talk, yang rencananya akan dirilis November tahun ini. Kali ini Rihanna tidak sendiri, gadis cantik dan seksi yang berkulit hitam manis ini menggaet DJ terkenal dari daratan Eropa tepatnya Skotlandia, Calvin Harris, untuk berkolaborasi dalam single We Found Love yang sampai tulisan ini diterbitkan telah bertengger di posisi 6 Billboard Hot 100 dan memiliki kemungkinan untuk segera naik menuju posisi teratas.

Rihanna sempat memberikan informasi di akun twitter pribadinya bahwa Ia akan merilis ulang album Loud dengan tambahan beberapa lagu baru tetapi Ia meralatnya dan mengukuhkan bahwa Riri akan kembali merilis album baru pada November tahun ini. Akhirnya pada 22 September 2011, Rihanna untuk pertama kalinya memperdengarkan materi terbaru untuk album yang rencananya diberi tajuk Talk That Talk lewat single We Found Love yang menampilkan Calvin Harris sebagai featured artist. Single yang diluncurkan pertama kali di Capital FM Radio UK ini membawa nafas electropop dengan sentuhan house music a la Calvin Harris dan sedikit gaya David Guetta pada bagian chorusnya. Racikan yang tepat dari vokal Rihanna yang unik, aransemen yang asik dari Calvin Harris, dan ditambah genre musik yang memang sedang “sesuatu” saat ini mampu membuat We Found Love terus naik di tangga – tangga lagu dunia dan menjadi jaminan sukses secara komersil. Belum lagi tampilan video klipnya yang kontroversial bahkan sejak proses pembuatannya di sebuah ladang di Irlandia yang membuat Rihanna harus rela diusir petani di daerah tersebut karena berpenampilan terlalu seksi.

Awalnya saya tidak begitu menyukai tembang We Found Love ini terlebih saya sudah underestimate akan kemunculan album Talk That Talk yang semakin mencitrakan Rihanna sebagai penyanyi yang overrated. Bagaimana tidak, sejak kemunculannya lewat Pon De Replay pada 2005, Rihanna hampir selalu muncul dengan materi baru di tiap tahun. Memang sih karya – karya Rihanna (tidak hanya lagu bahkan image yang ditampilkan di tiap album) selalu sukses dimana – mana dan terancang dengan apik namun yang saya takutkan adalah kebosanan dari penggemar musik akan sosok Rihanna.

Tidak ada sesuatu yang menggelegar dari We Found Love yang mampu membuat saya terkesima. Menurut saya We Found Love tidak cukup kuat daya magisnya dibanding single – single pembuka Rihanna untuk album – album terdahulu seperti Pon De Replay, S.O.S, Russian Roullete, dan yang paling kuat faktor gregetnya adalah Only Girl (in The World) yang menjadi single pembuka album Loud tahun lalu. Seiring berjalannya waktu, ternyata We Found Love tetap memiliki kadar adiksi tersendiri yang mungkin cukup lama bekerja pada diri saya. Chorusnya dan beat dari Calvin Harris akhirnya mampu membuat saya tergoda untuk memutar ulang We Found Love sampai berkali – kali apalagi setelah menonton klipnya yang mampu memberi nilai tambah untuk lagu ini.

Video Klip We Found Love disutradarai oleh Melina Matsoukas yang sebelumnya memang kerap bekerja sama dengan Rihanna pada Era Rated R seperti dalam penggarapan video klip Rockstar 101, Rude Boy, dan yang terakhir adalah S&M yang kontroversial itu. Matsoukas memang patut diacungi jempol karena berhasil mengarahkan video klip ini dengan mood yang suram dengan kesan yang nakal sekaligus menggetarkan lewat angle – angle yang di ambil dan adegan – adegan yang cukup berani. Mungkin untuk beberapa orang klip We Found Love terlalu vulgar dengan adegan – adegan seperti ciuman, merokok, obat – obatan terlarang serta adegan overdosis tetapi bagi saya Matsoukas berhasil menggambarkan semua hal yang sebenarnya banyak terjadi pada anak muda di sekitar kita tersebut dalam sebuah frame berdurasi sekitar 4 menit 35 detik. We Found Love tidak mengajarkan pemirsanya untuk berbuat demikian tetapi di akhir video klipnya justru memberi solusi yang tepat bagi siapapun untuk berhenti hidup seperti Rihanna dan pasangannya.

Rihanna dan model pria dalam video klip ini, Dudley O’Shaughnessy, mampu membawa spirit anak muda yang pemberontak dengan amat sangat baik ditambah chemistry mereka yang sungguh tercipta dengan indah meskipun tragis. Menurut saya video klip ini telah sukses menghidupkan lirik We Found Love In A Hopeless Place dan But I’ve Got To Let It Go karena memang secara keseluruhan menceritakan tentang pasangan yang merasakan cinta yang mendalam dan cukup ekstrim tetapi cinta itu malah menjerumuskan mereka kedalam hal yang tidak baik, meskipun indah tetapi harus diakhiri. Entah mengapa We Found Love yang seharusnya menjadi Club Anthem bisa memiliki feel yang begitu dalam lewat video klip ini. Narasi yang ringkih dan ketir disampaikan dengan baik oleh model Agyness Deyn di awal video ini yang membuatnya terdengar begitu menyayat – nyayat hati ditambah aksen British English dari Agyness yang seksi. Sekilas dari storyline dan gayanya video klip ini mengingatkan saya pada film Radit dan Jani yang disutradarai oleh Upi Avianto. Beberapa adegan juga mengingatkan saya dengan energi video klip Teenage Dream milik Katy Perry hanya saja Rihanna membawa We Found Love kearah percintaan yang lebih dark.

Terlepas dari insiprasi video klip ini yang rumornya diambil dari kisah cinta tragis Rihanna dan Chris Brown, saya menilai We Found Love adalah video klip yang terbaik dari segi sinematografi dan ide cerita serta pengeksekusiannya dari seorang popstar sekelas Rihanna setelah Man Down dan Disturbia. Tidak hanya jalan cerita, adegan, dan gambar – gambar yang oke menurut saya Rihanna juga sepertinya menasbihkan image terbaru yang akan di usungnya untuk album Talk That Talk nanti lewat video klip We Found Love ini. Rihanna tampaknya akan bergaya sedikit tomboy dengan steet style a la Grunge Rock 90-an, dengan jaket jeans (denim) dan sepatu Doc. Martens. We’ll see apakah Ia akan membawa style 90-an itu di album terbarunya atau hanya sesuai kebutuhan konsep video klip ini saja. We Found Love song is simply an ordinary club banging song with chart-topping formula but the music video took it to the next level. Enjoy the chorus and dance to the beat. Ada pertanyaan menggelitik di hati saya apakah Rihanna dan Calvin Harris berkolaborasi mengingat keduanya memiliki cerita masa lalu yang kurang baik dengan Chris Brown. Were they team up for a reason? Oh just saying hahahahaha.

We Found Love Lyrics:

Yellow diamonds in the light
Now we’re standing side by side
As your shadow crosses mine
What it takes to come alive

It’s the way I’m feeling I just can’t deny
But I’ve gotta let it go

We found love in a hopeless place
We found love in a hopeless place
We found love in a hopeless place
We found love in a hopeless place

Shine a light through an open door
Love a life I will divide
Turn away ’cause I need you more
Feel the heartbeat in my mind

It’s the way I’m feeling I just can’t deny
But I’ve gotta let it go

We found love in a hopeless place
We found love in a hopeless place
We found love in a hopeless place
We found love in a hopeless place

Yellow diamonds in the light
Now we’re standing side by side
As your shadow crosses mine

We found love in a hopeless place
We found love in a hopeless place
We found love in a hopeless place
We found love in a hopeless place

We found love in a hopeless place
We found love in a hopeless place
We found love in a hopeless place
We found love in a hopeless place

Music Video “We Found Love” Rihanna feat. Calvin Harris

Song Score (3/5) | Music Video Score (4/5)

©writtenbyrioaditom0271011

4 thoughts on “Music Review: We Found Love – Rihanna Feat Calvin Harris

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s