Music Review: Criminal – Britney Spears


Criminal – Britney Spears
(Song written by Max Martin, Shellback, Tiffany Amber)
(Music video directed by Chris Marrs Piliero)
(Music produced by Max Martin & Shellback)

So you’re not working the street corner tonight I see?
Britney Spears

Kesuksesan album Femme Fatale milik Britney Spears sepertinya masih akan terus berlanjut dengan diluncurkannya single terbaru dari album ini yang bertajuk Criminal. Single teranyar dari Spears ini dilempar ke pasaran pada 30 September lalu setelah sebelumnya Spears berhasil melenggang sukses dengan single I Wanna Go. Criminal berhasil terpilih sebagai lagu yang dijadikan single keempat dari album Femme Fatale setelah Spears mengadakan polling di halam Facebook-nya mengalahkan lagu – lagu lainnya seperti (Drop Dead) Beautiful dan Inside Out. Lagu Ballad Mid-Tempo yang berada di track ke-12 dalam album Femme Fatale ini adalah hasil kolaborasi Spears dengan partner-nya yang sejak awal karier sudah sering menciptakan lagu untuk Spears, Max Martin. Single Criminal ini diproduseri oleh Max Martin dan Shellback dan lagunya ditulis oleh Max Martin, Shellback, dan Tiffany Amber. Perlahan tapi pasti Criminal sudah mulai berkelana di beberapa tangga lagu di dunia dan menerima sambutan yang hangat dari penggemar musik di Brazil, Canada, Korea, Belgia, Perancis, Finlandia, dan beberapa negara Eropa lainnya. Di Amerika Serikat sendiri Criminal kini sedang bertengger di posisi 66 tangga lagu Billboard HOT 100.

Saya pernah menuliskan review album Femme Fatale dan menyebutkan bahwa Criminal adalah salah satu lagu yang berhasil mencuri perhatian saya sejak pertama kali mendengarnya. Criminal dIbuka dengan iringan flute yang dibalut dengan petikan gitar akustik lalu di harmonisasikan dengan drum loop dan sedikit unsur elektronik yang menjadikan instrumen musiknya terdengar begitu adiktif dan lebih organik dibanding track lainnya dalam album Femme Fatale. Dalam lagu ini vokal Britney Spears berada dalam kondisi yang optimal dengan sedikit sentuhan auto-tune dan robotic style-nya yang biasa terdengar di lagu – lagu Spears belakangan. Jika lagu ini dirilis pada tahun 90-an atau awal 2000-an saya yakin akan sangat sukses karena memang musiknya kental dengan gaya musik pop Eropa yang booming pada era tersebut. Bagi saya Criminal seperti perpaduan antara lirik a la Papa Don’t Preach-nya Madonna atau Infatuation-nya Christina Aguilera dengan gaya musik akustik elektronik a la Love Profusion milik Madonna juga dan keunikan vokal Britney Spears yang sama seperti pernah saya dengar di era lagu Lucky awal 2000-an. Tembang berdurasi sekitar 3 menit 45 detik ini adalah yang terbaik dan memiliki kekuatan tersendiri dalam album Femme Fatale bersama Till The World Ends dan He About To Lose Me.

Spears kembali berkolaborasi dengan sutradara Chris Marrs Piliero yang sebelumnya sudah membesut video klip I Wanna Go bersamanya. Kali ini sepertinya Chris Marrs Piliero menggunakan film Bonnie and Clyde, Can’t Hardly Wait, dan Top Gun sebagai acuan dan inspirasi pembuatan video klip Criminal setelah pada video klip I Wanna Go, Piliero mengambil inspirasi dari video klip Thriller milik Michael Jackson, Film Terminator, dan Crossroads. Criminal dikemas dalam sebuah film mini yang bercerita tentang Spears yang kabur dari pesta karena kekasihnya yang bangsawan Inggris melakukan tindakan kekerasan pada dirinya. Spears kabur dengan pria kriminal yang diperankan Jason Trawick yang kemudian saling jatuh cinta dan mengubah Spears menjadi seorang kriminal juga. Pada akhirnya Spears dan Trawick menjadi buronan karena sering melakukan tindakan kejahatan dan selalu berhasil kabur dari kejaran polisi.

Tema video klipnya memang sudah banyak bermunculan di video klip lainnya tetapi Piliero dan Spears berhasil memberikan sentuhan yang mature dalam video klip ini dengan adegan – adegan kekerasan, sex, dan tembak – tembakan yang menurut saya cukup oke dan tata sinematografi yang bagus. Memang video yang juga mendapat kecaman dari berbagai kalangan di Inggris karena pengunaan senjata api dalam video klipnya ini tidak cocok ditayangkan untuk pasar anak – anak remaja bahkan untuk melihat videonya di Youtube saja harus mengkonfirmasi dulu usia penonton sebelum melihat video klipnya. Secara keseluruhan memang video klip Criminal agak mirip dengan We Found Love milik Rihanna, sama – sama memperlihatkan aksi yang berani untuk ukuran video klipnya tetapi jelas segmentasi video klip ini berbeda karena Spears lebih menggambarkan cinta di usia akhir 20-an dan Riri menggambarkan kisah cinta anak muda meskipun cintanya sama – sama destruktif. Satu yang menjadikan video klip ini menarik bagi saya adalah aura kecantikan Britney Spears yang memancar apalagi di adegan pembuka dengan gaun yang manis meskipun bobot badan Spears tidak lagi seperti ketika remaja atau beberapa tahun lalu. Yang paling memorable dalam video klip ini rasanya sudah pasti adegan ciuman Spears dan Trawick di tengah – tengah baku tembak dan gempuran peluru, very romantic. Sayangnya menurut saya Criminal masih kurang menampilkan adegan baku tembak yang melibatkan Spears padahal jika adegan Spears dan sang kekasih saat merampok dibuat sedikit lebih panjang dan detail akan membuat video klip ini semakin “nendang”.

Sebagai  lagu yang unik dan easy-listening Criminal telah berhasil mencuri perhatian saya dan ditunjang dengan video klip yang bagus membuat Criminal menjadi paket single yang lengkap. Kita lihat saja akankah Criminal menduduki posisi teratas di tangga – tangga musik dunia? Kalaupun tidak Criminal telah menang di kuping dan mata saya.

Britney Spears – Criminal Lyrics:

[Britney Spears – Verse 1]

He is a hustler
He’s no good at all
He is a loser, he’s a bum, bum, bum, bum
He lies, he bluffs, He’s unreliable.
He is a sucker with a gun, gun, gun, gun

I know you told me
I should stay away.
I know you said
He’s just a dog astray.
He is a rebel with a tainted heart
And even I know this a’int smart

[Chorus]

But mama im in love with a criminal
And this type of love
Isn’t rational, it’s physical
Mama please don’t cry
I will be alright
All reasons inside
I just cant deny
Love the guy

[Britney Spears – Verse 2]

He is a villain of the devil’s law
He is a killer just for fun, fun, fun, fun
That man’s a snitch and unpredictable,
He’s got no conscious
He got none, none, none, none

All I know, should let go, but no
’cause he’s a rebel with a tainted heart
And even I know this ain’t smart

[Chorus]

But mama im in love with a criminal
And this type of love
Isn’t rational, it’s physical
Mama please don’t cry
I will be alright
All reasons inside
I just cant deny
Love the guy

[Bridge]

And he’s got my name
Tatooed on his arm
His lucky charm,
So I guess its okay
He’s with me

And I hear people talk
Trying to make remarks
Keep us apart
But I don’t even hear
I don’t care

[Chorus]

‘Cause mama im in love with a criminal
And this type of love
Isn’t rational, it’s physical
Mama please don’t cry
I will be alright
All reasons inside
I just cant deny
Love the guy

Britney Spears Criminal Official Music Video:

Song Score (4/5) | Music Video Score (3,5/5)

©writtenbyrioaditom0311011

2 thoughts on “Music Review: Criminal – Britney Spears

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s