Music Review: The One That Got Away – Katy Perry


The One That Got Away – Katy Perry
(Song written by Katy Perry, Lukasz Gottwald, Max Martin)
(Music video directed by Floria Sigismondi)
(Music produced by Dr. Luke & Max Martin)

The past is like a handful of dust. It filters through your fingers, disappearing little by little. I wish, for one day, I could go back. In another life I would do things a different way.
Narrator, The One That Got Away Trailer-

Petualangan album Teenage Dream milik penyanyi cantik Katy Perry tidak berhenti di single The Last Friday Night (T.G.I.F) yang telah mencatatkan namanya ke dalam sejarah chart Billboard sebagai penyanyi wanita pertama yang memiliki lima single jawara dari satu album sekaligus dan menyejajarkan dirinya dengan Michael Jackson yang juga memiliki prestasi yang sama di lini penyanyi pria. Mrs. Brand ini telah secara resmi merilis The One That Got Away sebagai single keenam dari album multi-platinumnya, Teenage Dream. Video klipnya yang sudah lama dinanti – nanti die-hard fans Katy Perry ini juga sudah dirilis pada tanggal 11/11/11, disutradarai oleh Floria Sigismondi yang sebelumnya pernah bekerja sama dengan Perry dalam video klip E.T yang meraih gelar Video Kolaborasi terbaik dalam ajang MTV VMA 2011 lalu.

Jujur saya begitu berbahagia mendengar kabar bahwa Perry akan merilis The One That Got Away sebagai single keenam pasalnya lagu tersebut adalah yang menjadi favorit saya dalam album Teenage Dream. Saya pikir Peacock atau Circle The Drain akan terpilih sebagai single berikutnya mengingat semangat anak muda dari kedua single tersebut sejurus dengan single – single sebelumnya. Mendengar alasan Perry bahwa Ia ingin The One That Got Away dijadikan sebuah single karena konten lagunya yang berbeda dari keseluruhan albumnya agaknya memang masuk akal, Katy ingin sedikit serius dan berhenti playful untuk sejenak. The One That Got Away yang ditulis oleh Katy Perry, Lukasz Gottwald, dan Max Martin ini temanya tidak jauh berbeda dari single Thinking of You milik Perry dari kantung album One of The Boys yaitu cinta sejati yang pergi dan penyesalan yang dipenuhi kegalauan.


Musik The One That Got Away memang tidak dibuat muram dan sedih tetapi masih dalam koridor dance-pop yang mid-tempo dengan dentingan piano yang manis tetapi kekuatannya justru datang dari liriknya yang menyayat – nyayat hati. Cerita lagunya simple dan mungkin bisa direlasikan kedalam kehidupan siapa saja yang pernah merasakan kehilangan cinta pertama mereka dan dibayang – bayangi penyesalan yang dalam. Tidak salah bagi Katy Perry ketika dalam sebuah konsernya me-mash-up The One That Got Away dengan Someone Like You milik Adele karena memang cocok, sama – sama memiliki tendesi penyesalan yang kadarnya cukup untuk membuat galau. Vokal powerful Katy Perry masih mewarnai lagu ini tetapi saya sebenarnya merindukan intonasi, jeda, dan penekanan emosi dalam beberapa lirik yang tidak saya temui dalam The One That Got Away seperti yang pernah dilakukan Perry dalam Thinking of You yang sendu dan rapuh tetapi di beberapa bagian tetap ditonjolkan suara ngototnya.

Tentu saja walaupun track ini berbeda dari single – single sebelumnya, Perry menginginkan lagu ini menyamai kesuksesan saga Teenage Dream untuk duduk di posisi puncak Billboard Hot 100. Salah satu upaya yang tepat telah dilakukan oleh Perry untuk mendongkrak popularitas The One That Got Away yakni dengan membungkus lagu cantiknya tersebut dalam sebuah video klip yang ditangani orang – orang yang berpengalaman. Video klip Katy Perry disutradai oleh Floria Sigismondi yang sukses menyulap Katy Perry yang chic dan feminin menjadi alien dengan make-up futuristik dalam E.T. featuring Kanye West. Sigismondi kali ini berhasil mengubah tampilan Katy Perry menjadi sekitar 40 tahun lebih tua lengkap dengan tatanan rambut, make-up effect, dan wardrobe yang cukup meyakinkan. Tidak hanya membuat Katy Perry menjadi nenek – nenek, Sigismondi juga mentransformasi Perry menjadi rock-n-roll girl tahun 70-an seperti yang pernah Ia lakukan kepada Kristen Stewart dalam film arahannya The Runaways. Dalam video klip ini Perry dituntut untuk memberikan kemampuan aktingnya bersama aktor Diego Luna yang menurut saya well-casted karena wajah Luna yang retro. Video klipnya sendiri memiliki alur maju-mundur dengan menceritakan Katy Perry tua yang membayangkan cinta masa lalunya bersama Diego Luna yang berakhir tragis dan setiap hari pergi ke tempat terakhir Luna ditemukan hanya untuk mengenang cintanya dan merasakan keadiran Luna disana. Tentu saja video klip The One That Got Away memiliki daya tarik tersendiri dan mampu membuat penonton terharu karena lirik dan pengadegan yang sejalan sedihnya. Adegan pamungkas dimana Katy Perry tua berdiri di pinggir tebing dan berpegangan erat dengan bayangan Diego Luna dengan iringan lagu You Are My Sunshine milik Johnny Cash mampu membuat saya terharu dan merasakan kepedihan yang mendalam.

The One That Got Away tetap mempunyai potensi yang sama untuk menjadi juara seperti lagu – lagu Katy Perry sebelumnya meskipun banyak yang underestimate karena lagunya yang terlalu biasa, membosankan, dan liriknya mudah dilupakan. Saya yakin dengan kekuatan nada yang mudah diingat, kharisma dari Katy Perry, Video Klip yang bagus, dan yang paling penting isi lagu yang “merakyat” alias banyak orang yang kemungkinan memiliki relasi dengan isi lagu The One That Got Away ini pasti mampu membawa lagu ini ke posisi puncak dan menasbihkan Katy Perry sebagai penyanyi solo pertama yang memiliki enam single jawara dalam satu album sekaligus di Billboard Chart. Semoga🙂

The One That Got Away Lyrics:

Summer after high school when we first met
We make up in your Mustang to Radiohead
And on my 18th Birthday
We got matching tattoos

Used to steal your parents’ liquor
And climb to the roof
Talk about our future
like we had a clue
Never plan that one day
I’d be losing you

And in another life
I would be your girl
We keep all our promises
Be us against the world

And in another life
I would make you stay
So I don’t have to say
You were the one that got away
The one that got away

I was June and you were my Johnny Cash
Never one without the other we made a pact
Sometimes when I miss you
I put those records on

Someone said you had your tattoo removed
Saw you downtown singing the Blues
Its time to face the music
I’m no longer your muse

And in another life
I would be your girl
We keep all our promises
Be us against the world

And in another life
I would make you stay
So I don’t have to say
You were the one that got away
The one that got away
The o-o-o-o-o-one [x3]
The one that got away

[Bridge:]
All these money can’t buy me a time machine (Nooooo)
Can’t replace you with a million rings (Nooooo)
I shoulda told you what you meant to me (Woooooow)
Cause now I pay the price

And in another life
I would be your girl
We keep all our promises
Be us against the world

And in another life
I would make you stay
So I don’t have to say
You were the one that got away
The one that got away
The o-o-o-o-o-one [x3]

And in another life
I would make you stay
So I don’t have to say
You were the one that got away
The one that got away

The One That Got Away Music Video:

Song Score (4,5/5) | Music Video Score (4/5)

©writtenbyrioaditom0141111

9 thoughts on “Music Review: The One That Got Away – Katy Perry

    1. Halo Tian, terima kasih sudah mampir di blog aku. Katy Perry memang “sesuatu” tapi kalo menurut saya Christina Aguilera tetap no.1 karena beda era-nya juga sih Katy Perry sama Britney dan Xtina. ahahahahaha..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s