Author’s Pick: 25 Best Albums of 2011



Tanpa terasa tahun 2011 sudah hampir berakhir, menandai penghujung tahun ini rasanya saya ingin membagikan daftar 25 album terbaik yang dirilis tahun ini berdasarkan (tentu saja) penilaian personal saya. Tahun 2011, kancah musik internasional diwarnai oleh musik berirama riang dengan sentuhan elektronik a la Eropa alias Eurodance, tengok saja Top 40 di berbagai tangga lagu dunia pasti hampir setengahnya diwarnai dengan musik Electropop. Selain menjadi puncak kejayaan Eurodance agaknya tahun 2011 ini menjadi tanda kebangkitan musik Asia paska kesuksesan Japanese Pop (J-Pop) di tingkat global dengan mendunianya Korean Pop (K-Pop). Di kancah musik nusantara sendiri tampaknya efek K-Pop makin merasuki hingga banyak bermunculan Boyband serta Girlband yang secara kualitas yaaah tidak perlu saya jabarkan disini bahkan hingga penyanyi – penyanyi ber-genre Dangdut-pun ikut pula ber-K-Pop ria.

Well, tentunya anda pasti ingin segera membaca daftar album terbaik versi saya di tahun 2011 ini kan? So, here’s the list (Warning: Ada nilai subjektifitas disini dan tentu saja mempengaruhi genre serta musisi yang ada di daftar ini, mohon maaf kalau Music Library saya masih kurang lengkap) Enjoy!

#25
Rise & Start Again | Bayu Risa
Mantan anggota Pasto ini membawa angin segar di blantika musik tanah air lewat album perdananya ini. Dengan berani Bayu menyuguhkan musik Pop-Jazzy dengan aksen bunyi – bunyian elektronik dimana – mana serta dibalut vokalnya yang unik.

Favorite tracks
: Percaya, Love Song, & Sela.

#24
Something About The Girl | Dira Sugandi
Setelah sukses di London dan Jepang, akhirnya debut album Dira Sugandi dirilis di Indonesia. Berbekal musisi papan atas sekelas Bluey “Incognito” sebagai produser, album ini sukses membawa musik Jazz Kontemporer a la Incognito ke ranah musik nusantara dengan cita rasa internasional.

Favorite track
s: Essentially Yours, Inside Love, & Let’s Go Back

#23
Glee The Music Presents The Warblers | Glee Cast
Perpaduan vokal Darren Criss, Chris Colfer, & background vocal a capella dari The Beelzebubz yang harmonis mampu membuai telinga dan hati saya untuk mencintai album ini. Lagu Hits mulai dari Katy Perry hingga The Beatles mampu dinyanyikan dengan baik. Sejauh ini, album ini adalah album kompilasi terbaik dari serial Glee. (Full Review)

Favorite tracks: Somewhere Only We Know, Silly Love Songs, & What Kindof Fool.

#22
Wonder World | Wonder Girls
Album kedua dari Girlband yang dikenal dunia lewat Hits Nobody ini memang paket lengkap. Banyak genre diusung di dalamnya dari Dance, Disco, R&B, Old School Pop, Rock, dan Electropop yang semuanya Ear-catching. WG mampu menggaet banyak penggemar baru lewat album ini.

Favorite tracks
: Du Go Du Go, Be My Baby, & Stop.

#21
Red | Dia Frampton
Salah satu jebolan The Voice yang mempunyai kharisma tersendiri lewat suaranya yang mengingatkan saya pada Leigh Nash dari Sixpence None The Richer yang diberi sentuhan timbre Inna Kamarie. Album debutnya ini sangat mencuri perhatian saya baik dari kualitas musik sampai vokal Dia yang unik. A great debut then.

Favorite tracks: Don’t Kick The Chair, Daniel, & The Broken Ones

#20
I Remember Me | Jennifer Hudson
Dalam album keduanya ini Jay Hud makin dewasa dengan musik yang lebih Soulful. Vokalnya makin membius dan menggelegar ditambah tampilan fisiknya yang makin cantik. Thanks to Alicia Keys yang memberikan sentuhan cantik di lagu – lagu yang ditulisnya untuk Hudson.

Favorite tracks
: Don’t Look Down, Angel, & Everybody Needs Love

#19
Disc-Overy (US Edition) | Tinie Tempah
Setelah mendengarkan secara seksama album perdananya, Disc-Overy, ternyata mampu menggambarkan kualitas yang baik karena sukses mengawinkan unsur Hip-hop dengan bebunyian elektronik masa kini sehingga membuat album ini jadi menyenangkan.

Favorite tracks
: Written In The Stars, Love Suicide, & Wonderman.

#18
Watch The Throne | Jay Z & Kanye West
Menyatukan Jay Z & Kanye West adalah sebuah ide gila dan kegilaan itu hadir di album duet mereka ini. Sungguh mencengangkan mendengar musik Kanye yang unik dipadankan dengan gaya Rap Full-of-Swag dari Jay Z. Album ini seperti hasil kawin silang antara Blueprint Series dengan My Beautiful Twisted Dark Fantasy, dan hasilnya? SICK!

Favorite tracks
: Lift Off, N****s in Paris, & That’s My B*tch.

#17
Light Me Up |
The Pretty Reckless
Digawangi aktris cantik dari serial Gossip Girl bukan berarti Band ini harus ikut – ikutan bermain di ranah Pop manis layaknya Selena Gomez. Taylor Momsen berani tampil a la Gothic Barbie dengan musik Post-Grunge dan Rock-Alternatif yang cadas. Meskipun musiknya garang, Taylor Momsen tetap menjadi salah satu Superhot Rock-Vocalist.

Favorite tracks: Make Me Wanna Die, Miss Nothing, & Since You’re Gone.

#16
Femme Fatale |
Britney Spears
Saya nobatkan album ini menjadi album Genre Pop-Dance terbaik tahun ini. Tidak ada album Pop-Dance selengkap Femme Fatale, berisi musik – musik yang sedang “sesuatu” dan berpotensi menjadi Hits. Secara keseluruhan album ini sangat menyenangkan dan komersil. Let’s forget about her voice just enjoy the beat! (Full Review)

Favorite tracks: Till The World Ends, Criminal, & He About To Lose Me.

#15
Echoes |
Anggun
Setelah menelurkan album berbau urban kini Anggun kembali ke musik yang lebih organik dan (menurut saya) lebih cocok dengan karakter Anggun selama ini. Lewat album Echoes, Anggun ingin menunjukan bahwa Ia masih tetap eksis dan mampu berjalan sendiri sebagai musisi dengan kualitas musik yang mumpuni.

Favorite tracks: Only Love, Yang Terlarang, & Buy Me Happiness.

#14
Biophilia |
Bjork
Bukan Bjork namanya kalau tidak menelurkan album yang brilian. Di album kedelapannya ini, Ia masih setia dengan musik eksperimental yang diiringi elemen elektronika yang khas. Disini Bjork tidak hanya menjual keunikan musiknya dan vokalnya tetapi Ia juga mensinergikan antara teknologi, musik, dan ilmu pengetahuan. Konsep yang luar biasa.

Favorite tracks: Cosmogony, Crystalline, & Virus.

#13
Thank You Allah |
Maher Zain
Sebuah terobosan baru dalam skema musik religi disuguhkan dengan cerdas oleh Maher Zain dalam album ini. Belum pernah ada album religi yang bisa se-Pop dan se-Soulful album ini, begitu menyenangkan mendengar dakwah via lantunan vokal Maher yang menyejukan hati dan alunan musik Middle-East-Pop dengan sentuhan Soul & R&B.

Favorite tracks: Always Be There, Thank You Allah, & Open Your Eyes.

#12
2nd Mini Album |
2NE1
Semua lagu dalam album dari Girlband asal Korea Selatan ini enak di telinga, mudah dicerna, mengajak ingin ikut serta bernyanyi dan bergoyang, bahkan ada lagu yang mampu membuat galau tujuh turunan. Secara kualitas album ini juga menunjukan musikalitas yang mumpuni. 2NE1, Naega Jie Jalaga! (Full Review)

Favorite tracks: Lonely, I Am The Best, & Ugly.

#11
4 |
Beyonce
Beyonce membuktikan kalau dia mampu bertransformasi dalam bermusik baik secara kualitas maupun kematangan materinya. Tidak perlu mengingat prestasi Single – single-nya di tangga – tangga lagu yang mungkin tak ada satupun yang masuk Top 10 tapi lihatlah usaha besar yang telah dikerahkan Bey untuk keluar dari stereotip bermusiknya. (Full Review)

Favorite tracks: 1+1, Rather Die Young, & Love On Top.

***
TOP 10

***

#10
Mylo Xyloto | Coldplay
Katakanlah Coldplay semakin menggila dengan eksperimen musiknya tetapi saya memaklumi itu. Kali ini mereka bermain dengan banyak unsur elektronika. Hasilnya tidaklah buruk, buat saya album ini sangat menyenangkan karena seperti diajak berpetualang di sebuah arena bermain tua yang baru direnovasi dengan aksen – aksen Modern.

Favorite tracks: Paradis, Charlie Brown, & Princess of China.

#9
Take Care |
Drake
Drake masih setia dengan pakem dan gaya nge-Rap-nya tetapi Take Care mempunyai nilai lebih dari segi kualitasnya. Dalam album keduanya ini, Drake membawa tema percintaan yang gelap & pahit dibalut dengan musik Rap 90-an dan sentuhan elektronik yang lebih kental. Siapa bilang Rapper tidak bisa galau?

Favorite tracks: Marvin’s Room, Take Care, & Hate Sleeping Alone.

#8
Bon Iver | 
Bon Iver
2011, Band beraliran Folk-Indie & Baroque Pop ini menelurkan album kedua yang diberi judul Bon Iver. Musik mereka yang mengalun tenang ditemani vokal Justin Vernon yang santai memang sangat menyejukan telinga dan hati, tidak heran mereka mampu memborong banyak nominasi Grammy tahun ini.

Favorite tracks: Holocene, Calgary, & Perth.

#7
Wasting Light |
Foo Fighters
Hampir 4 tahun vakum tidak membuat Dave Grohl dan kawan – kawannya kehilangan taji mereka. Masih setia dengan Genre Post-Grunge dan Alternative-Rock, Foo Fighters sampai saat ini mampu membuat lagu – lagu rock menjadi enak di telinga tanpa meninggalkan kegarangan dan idealismenya.

Favorite tracks: These Days, Arlandria, & I Should Have Known Better.

#6
Born This Way |
Lady Gaga
Lady Gaga sudah menemukan formula yang tepat untuk musiknya. Dalam album ini Ia terdengar lebih matang dan ingin mengembalikan kenangan kita pada musik Pop-Dance a la 80-an hingga 90-an. Dengan tema yang beragam, sedikit nakal pada liriknya membuat album ini terkesan megah, kaya instrumen, dan menghipnotis. (Full Review)

Favorite tracks: Bloody Mary, You & I, & The Edge of Glory.

#5
James Blake | 
James Blake
James Blake adalah musisi muda yang amat berbakat dengan musik Electronica yang di usungnya membuat dia tampil unik dengan kebanyakan pendatang baru lainnya. Unsur Elektronica, Blues, Soul, hingga Dubstep dalam album Self-titled-nya ini terasa begitu Edgy dan Chillin‘.

Favorite tracks: Limit To Your Love, The Wilhelm Scream, & To Care (Like You).

#4
Stone Rollin’ |
Raphael Saadiq
Nuansa Retro, Rock & Roll, Funk, Blues, hingga Motown memenuhi album terbaru Raphael Saadiq ini. Saadiq yang sudah lama berkecimpung di dunia musik berani dan berhasil menghadirkan musik yang organik sekaligus klasik ditengah geliat musik Electropop dan Pop-dance.

Favorite tracks: Go To Hell, Radio, & Heart Attack.

#3
Lioness: Hidden Treasures |  Amy Winehouse
Album ini berisi karya – karya Amy sebelum Ia meninggal dunia. Ada beberapa lagu baru dan ada pula lagu lama yang di aransemen ulang. Album ini menjadi sebuah karya yang mengharukan karena mengingatkan kita pada potensi dan bakat yang begitu besar dari Amy. Raganya boleh pergi tetapi karyanya tetap di hati.

Favorite tracks: Between The Cheats, Like Smoke, & Our Day Will Come.

#2
Ceremonials |
Florence + The Machine
Perhelatan akbar yang dipenuhi daya magis diselenggarakan Florence Welch dan kawan – kawannya dalam album Ceremonials ini. Nuansa Baroque-Pop dibaurkan dengan vokal Welch yang bertenaga mampu menghipnotis saya untuk menyukai tiap – tiap track dalam album ini. Setiap Track terkesan Gloomy, megah, dan mewah.

Favorite tracks: Only If For A Night, What The Water Gave Me, & Never Let Me Go.

#1
21 |
Adele
Gloomy, galau, berisi emosi – emosi luar biasa dalam hubungan percintaan, menunjukan kualitas vokal penyanyinya yang unik, musikalitas yang bagus, apa lagi? Well-packed album, musiknya mampu diterima kuping semua kalangan tetapi menjaga kelasnya sebagai album yang bermutu. Well-done Adele & Paul Epworth.

Favorite tracks: Rolling In The Deep, Set Fire To The Rain, and Rumor Has It.

***

Baca juga Daftar 25 Lagu Terbaik di Tahun 2011 DISINI

©writtenbyrioaditomo

2 thoughts on “Author’s Pick: 25 Best Albums of 2011

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s