Author’s Pick: 25 Best Songs of 2011


Setelah membuat daftar 25 album terbaik selama 2011 akhirnya rampung juga daftar 25 lagu terbaik di tahun 2011 ini. Kalau boleh jujur memangkas lagu – lagu favorit saya menjadi 25 besar bukanlah sebuah pekerjaan yang mudah karena banyak sekali yang ingin saya loloskan kedalam daftar ini tetapi dengan banyak pertimbangan akhirnya saya berhasil merumuskan daftar Final-nya. Setidaknya ada sekitar 41 lagu yang berhasil menjadi kandidat kuat untuk menjadi 25 besar ini namun apa boleh buat 15 lainnya harus mengalah untuk dipangkas dari daftar ini. Diantara 15 lagu yang tidak masuk dalam daftar ini ada beberapa yang ingin saya berikan Honorable Mentions diantaranya Apalah (Arti Menunggu) dari Raisa, These Days dari Foo Fighters, Don’t Look Down dari Jennifer Hudson, Turned Off The TV dari Leesang, dan Super Bass dari Nicki Minaj. Baiklah tanpa berpanjang – panjang lagi mari kita langsung menuju daftar 25 lagu terbaik di tahun 2011. Have Fun Reading!

***

25 – Percaya | Bayu Risa featuring Rayi “RAN”
Bayu Risa menabur energi positif lewat lagu ini kepada siapapun yang mendengarkannya. Siapa yang percaya pasti mampu berjuang dan berhasil meraih mimpi. Vokal unik Bayu Risa diselimuti musik elektronik dan ditemani Rap dari Rayi “RAN” menghembuskan nafas yang segar.

24 – How to Love | ‘Lil Wayne
Rapper yang sangar berubah menjadi begitu Cute dalam Single ini. Wayne yang bernyanyi sepanjang lagu ini tidak terlihat seperti sedang mabuk kecuali sedang dimabuk cinta. Nada – nada yang Easy Listening di alunkan dengan unik oleh vokal Auto-Tuned dari Wayne ditambah instrumennya yang romantis, Lovely!

23 – Rindu | Agnes Monica
Meskipun lagu ini hasil daur ulang tetapi Agnes Monica mampu membawa nafas kekinian dalam lagu ini dibarengi penghayatan yang luar biasa. Intepretasi Agnes dalam lagu ini mampu membuat saya berdecak kagum. Head Voice-nya begitu memikat telinga saya.

22 – The One That Got Away | Katy Perry
Makna lagunya yang dalam dan menyayat hati ditambah nada – nada yang Catchy membuat Single ini mampu memikat saya. Dentingan piano di tengah Beat yang ceria justru menambah suasana kesedihan dalam lagu ini. Tidak perlu komposisi yang mendayu – dayu untuk menciptakan sebuah lagu Ballad yang membuat galau.

21 – Just Can’t Get Enough | The Black Eyed Peas
Terdengar seperti sekuel dari Meet Me Halfway dari album The E.N.D tidak membuat Just Can’t Get Enough  kehilangan taji-nya. Lagu ini selalu nagih untuk diputar karena mampu memberi semangat tersendiri dari balutan instrument elektronik yang kental disana – sini. Vokal Fergie mengalun indah dalam lagu ini.

20 – Salamanja | Sandhy Sondoro
Permainan gitar Sandhy Sondoro dipadukan dengan vokalnya yang luar biasa di lagu Salamanja ini berhasil menciptakan Ambience yang Relaxing dan cantik.Lirik lagu ini begitu romantis dan bisa menjadi tembang yang jitu untuk merayu atau menyatakan cinta kepada wanita pujaan.

19 – Titanium | David Guetta featuring Sia Furler
Lagu ini adalah yang paling saya sukai dari album Nothing But The Beat dari David Guetta. Sia memberikan performa vokal luar biasa sedangkan Guetta mampu mengimbanginya dengan musik yang enerjik hingga menghasilkan karya yang solid. You shoot me down, but I won’t fall, I am titanium!

18 – Be My Baby | Wonder Girls
Saya begitu menikmati lagu dari Girlband Korea Selatan ini dari detik pertama hingga terakhir. Dasarnya, Be My Baby adalah sebuah Pop-Classic  A la British Group Akhir 90-an selayaknya Spice Girls atau S Club 7 tetapi dengan cerdas JYP memberi polesan Electronic Disco sehingga lagunya tambah mengasyikan.

17 – Party | Beyonce featuring Andre 3000 & Kanye West
Saya ikut berpesta dalam iringan musik R&B 80-an yang mengalun santai tanpa vokal “ngotot” yang biasa dibawakan Beyonce. Tak ketinggalan ada Kanye West dan Andre 3000 yang menyumbangkan kemampuan Rap mereka sehingga membuat lagu ini semakin nyaman di telinga.

16 – Paradise | Coldplay
Rock, Beat R&B, dan Electropop digabungkan dalam sebuah Single yang manis. Chris Martin dan rekan – rekannya dalam Coldplay mampu membius saya lewat Chorus tembang ini yang Ear-Catching. Paradise adalah Single kedua mereka dari album Mylo Xyloto. Para-para-paradise… Oh…Whoaa…!

15 – Lift Off | Jay Z & Kanye West featuring Beyonce
Aransemennya tidak jauh berbeda dengan All Of The Lights milik Kanye West. Masih mengandalkan Baroque Strings, Horns, dan Military Drum yang dikawinkan dengan Beat Hip – Hop dan R&B A la Kanye. Lagu ini memang sangat mewah dengan talenta Rap Jay Z dan Kanye West dan vokal Powerful dari Queen Bee.

14 – Bound To You | Christina Aguilera
Duet kolaborasi Christina Aguilera dan Sia Furler lagi – lagi mampu membuat sebuah Ballad yang menyayat – nyayat hati layaknya You Lost Me. Tetap saja pesona vokal Aguilera begitu luar biasa bagi saya. Lagu ini setia di Kube Player saya sebagai lagu tema galau di malam hari.

13 – Don’t Say Goodbye | Davichi
Dua vokalis yang luar biasa hebat secara teknik dengan vokal yang  berkarakter mampu memberi sajian yang manis sekaligus getir dalam Don’t Say Goodbye. Grup duo asal Korea Selatan ini mencuri hati dan telinga saya lewat Pop-Ballad yang manis dengan dentingan piano yang memanjakan telinga.

12 – Only Love | Anggun
Nothing Is Worth Fighting Only Love begitulah kata Anggun dalam Single bernuansa Pop-Folk ini. Hanya berbekal kesederhanaan dari instrumennya yang organik serta vokal khas Anggun dan lirik yang dalam, Anggun mampu membuat suatu karya yang luar biasa melekat di telinga dan hati.

11 – We Found Love | Rihanna featuring Calvin Harris
Vokal Rihanna mengalun lembut sepanjang lagu ini dan ditimpali Beat yang Super Catchy dari Calvin Harris membuat lagu ini enak didengar. Pertama kali mendengar rasanya biasa saja tetapi lama – kelamaan justru meracuni kepala saya. We Found Love In A Hopeless Place menjadi sebuah lirik yang Memorable.

10 – It Will Rain | Bruno Mars
Perlukah saya menyembah Bruno Mars karena selalu mampu membuat lirik – lirik yang amat sangat bagus? Dengan cerdas Bruno menuliskan kepedihan dan ketakutan seseorang akan rasa kehilangan. Suasana suram dari musiknya dan lirik “There’s No Religion That Could Save Me No Matter How Long My Knees Are On The Floor.” Begitu menohok saya.

09 – The Edge of Glory | Lady Gaga
Chorus-nya terus terngiang – ngiang di telinga dan menurut saya performa Gaga sangat sempurna dalam lagu ini. Balutan musik Electropop masa kini berbaur dengan komposisi musik yang kental nuansa 80-an. Hook – hook yang adiktif juga Solo Sax dari almarhum Clerence Clemons menambah kesan artistik dan megah pada lagu ini.

08 – Lonely | 2NE1
Jika anda mengenal musik dan citra yang diusung 2NE1 pasti akan sangat kaget mendengar lagu ini yang begitu sederhana tanpa permainan musik elektronik maupun vokal yang dibubuhi Auto-Tuned. Lonely adalah lagu yang paling sering saya putar sepanjang setengah tahun bahkan hingga detik ini kecintaan saya pada lagu ini masih sangat besar.

07 – Holocene | Bon Iver
Bon Iver membawa suasana manis dan menyejukan lewat lagu Holocene yang kental nuansa Folk, Baroque Pop, dan sedikit unsur Country di dalamnya. Vokal Justin Vernon terdengar sangat Matching dengan lagu ini yang membuatnya selaksa Lullaby nan indah.

06 – The Wilhelms Scream | James Blake
Jazzy, Soulful, Edgy, dan  Gloomy adalah kesan pertama yang saya dapatkan dalam Single karya James Blake ini. Dengan cerdas Blake mengawinkan musik Jazz yang Soulful dengan instrumen Elektronika. Musik dan vokalnya mampu menghantui saya sekaligus Chilling.

05 – Go To Hell | Raphael Saadiq
Pertama kali mendengarkan lagu ini membuat saya langsung jatuh cinta. Go To Hell adalah sebuah nomor R&B Classic yang dibubuhi serbuk Gospel, Funk, Soul, dan Orkestrasi yang manis. Lagunya sendiri memang berbau religi tidak salah jika Choir A la Gospel menghiasi lagu ini.

04 – Video Games | Lana Del Rey
Video Games memiliki makna yang dalam tentang seorang gadis yang berusaha diperhatikan dan dicintai tetapi pasangannya lebih fokus pada hal lain yang dalam lagu ini di andaikan sebagai Video Game. Vokal Lana begitu menghanyutkan sekaligus pedih meskipun terdengar malas – malasan.

03 – Possibilities | Timothy Bloom
Kegalauan tahun ini ditutup oleh penyanyi pendatang baru, Timothy Bloom. Possibilities adalah sebuah nomor Ballad R&B yang kental dengan pengaruh Maxwell, Lenny Kravitz, Usher, dan Brian McKnight tidak hanya dari vokal Soulful Timothy namun juga dari komposisi musik dan instrumennya yang begitu menyayat hati.

02 – Rolling In the Deep | Adele
Emosi karena dikhianati kekasih memang harus meledak – ledak sama seperti lagu dari Adele yang fenomenal ini. Di tengah gempuran musik elektronik, Adele mampu mencuri perhatian dan sekaligus mencuri singgasana paling puncak di tangga – tangga musik lewat tembang ini. Sekali dengar langsung nempel.

01 – Only If For A Night | Florence + The Machine
Saya tidak bisa tidak jatuh cinta dengan lagu pembuka dalam album kedua band yang digawangi Florence Welch ini. Kesan kelam dari musik, instrumen Baroque-Pop, dan liriknya serta suara Florence Welch dan Choir-nya yang mencekam mampu membuat lagu ini menjadi megah dan kaya. Nothing Else To Say Except, Epic!

©writtenbyrioaditomo

3 thoughts on “Author’s Pick: 25 Best Songs of 2011

    1. Hi Rizky terima kasih sudah mampir. Well, Titanium sudah sangat bagus sekali makanya bisa masuk daftar ini tapi untuk menjadi nomer 1 rasanya tidak. Ini In My Humble Opinion sih. Thanks🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s