Author’s Pick: 2NE1’s TOP 10 Music Videos



Nama 2NE1 semakin diperhitungan di jagat musik dunia pasalnya baru – baru ini Girlband asal Korea Selatan ini telah berhasil menyabet gelar “Best New Band In The World” yang diselenggarakan MTV Iggy. Berkat kemenangan tersebut CL dan kawan – kawan berkesempatan untuk tampil di Showcase MTV Iggy di New York pada Desember lalu. Ya, 2NE1 kini bersiap untuk terus menginvasi dunia dengan musik mereka yang Hip dan Fashion Statement mereka yang luar biasa keren. 2NE1 tidak hanya mengandalkan kualitas vokal, lagu yang Ear-Catching, serta dandanan di atas panggung semata namun mereka juga melek bahwa video klip yang bagus juga harus disertakan sebagai strategi promosi yang akurat. Berikut saya merangkum 10 video klip terbaik yang pernah dibuat 2NE1 sepanjang karier mereka yang baru seumur jagung namun telah menghasilkan buah yang manis. Dalam daftar ini saya tidak menyertakan tiga video klip solo dari Park Bom dan Sandara Park karena meskipun video klip Kiss, You & I, dan Don’t Cry memang luar biasa tetapi saya ingin menonjolkan video klip mereka secara utuh sebagai 2NE1. Tanpa panjang kalimat lagi silakan menikmati rangkuman 10 video klip 2NE1 terbaik versi saya.


10. Clap Your Hands
Meskipun hanya dengan Setting yang sederhana tetapi video klip ini bisa tampil Outstanding karena koreografi yang keren bahkan menurut saya Clap Your Hands ini adalah 2NE1’s Best Dance Music Video. Banyak video lain dari 2NE1 yang menampilkan koreografi yang apik tetapi hanya Clap Your Hands yang bisa menunjukkan kemampuan tari Urban Hip – Hop dari setiap personilnya tidak sebatas pada Minzy atau CL saja. Thank God akhirnya hanya dalam video ini saja saya bisa menemukan Park Bom tampil santai dengan jaket Hoodie-nya dan tetap terlihat cantik.


09. Fire (Space Version)
Lewat Fire inilah nama 2NE1 mampu melambung tinggi di jajaran Girlband di daratan Korea Selatan. Sebenarnya tidak ada yang cukup istimewa secara Setting, Angle, dan koreografi dan cenderung standar a la Girlband kebanyakan tetapi dalam Fire ini CL, Minzy, Dara, dan Bom telah berhasil untuk pertama kalinya mempertontonkan selera Fashion mereka yang Edgy dan Out of the Box pada masanya. Diawali dengan Close-Up Shot dari Headphone “Beats” by Dr. Dre yang menunjukan selera dan target mereka untuk Go-International tidak kalah dengan musiknya yang memang Urban dan bercitarasa Global. Dalam video klip Fire versi ini sangat ditonjolkan warna – warna yang cerah dan ceria berbeda dengan versi lainnya yakni Street Version yang bernuansa Ghetto.


08. Can’t Nobody
Dalam video klip berdurasi sekitar tiga menit tiga puluh detik ini, 2NE1 semakin berani mengekspresikan gaya mereka yang masa kini dan berani. Padu padan warna, tekstur serta motif pakaian yang lain dari pada yang lain, model dan warna rambut yang tidak kalah unik, serta aksen Punk-Metal dengan duri – duri dan paku – paku. 2NE1 berani tampil tidak cantik (kecuali Bom) dan tampil berbeda dari Girlband seangkatannya yang rata – rata mempertontonkan paha serta kaki yang mulus dan jenjang. Yang terlihat paling keren disini bagi saya adalah Minzy dengan gaya busana yang berani dan tetap cantik dengan rambut panjangnya. Sepertinya dalam pembuatan video klip ini ada inspirasi dari video klip Scream milik Michael Jackson & Janet Jackson, selain sama – sama bertempat di sebuah pesawat luar angkasa, ada adegan meditasi yang dilakukan Bom yang sama dengan adegan yang dilakukan Michael Jackson.


07. I Don’t Care
Video klip pertama dari 2NE1 yang memakai jalan cerita dan ber-Setting tidak melulu di studio dan hasilnya justru sangat menarik dengan jalan kisah yang unik dan ekspresi menggemaskan dan centil dari tiap personil. I Don’t Care agaknya menjadi video klip paling Girly dan santai yang pernah dibuat 2NE1 meskipun masih tetap menonjolkan hebohnya Fashion dari tiap kepribadian yang dipancarkan masing – masing anggota. Sangat menyenangkan melihat para gadis ini membantu Minzy membalas dendamnya pada kekasihnya yang nakal dengan perempuan lain dengan cara yang usil dan jahil. CL seperti biasa hadir dengan kacamata – kacamata uniknya dan Dara tampil Cute dengan tatanan rambut yang lucu.


06. Hate You
Pertama saya mengenal 2NE1 adalah ketika melihat video klip ini. Awalnya saya pikir 2NE1 memang sebuah Girlband animasi layaknya Gorillaz. Hate You bisa jadi menjadi video klip termahal dari 2NE1 mengingat pembuatan video klip semacam ini tidaklah mudah dan murah dan pasti menggunakan teknologi canggih. Secara keseluruhan memang sangat terlihat keren seperti perpaduan animasi Gorillaz, Daft Punk, Break The Ice milik Britney Spears, dan Powerpuff Girls. Salut dengan pembuat video klip ini karena mampu menjaga gestur dan karakter setiap personil seperti contohnya pada karakter Bom yang tetap Cute sesuai aslinya.


05. I Am The Best

Video klip ini dibuka dengan CL yang berjubah petinju sambil bertolak pinggang dan memikul sabuk kemenangan dengan latar lampu yang kelap – kelip lalu kemudian menaikkan tangan sambil menghentakkan badan dan menderapkan kakinya seraya berucap “Naega Jie Jal Naga (I Am The Best)“. Gosh, tidak ada Girlband dengan Leader sekeren ini! Dan melalui adegan pembuka sekeren itu telah mampu menggambarkan bahwa 2NE1 memang yang terbaik. I Am The Best adalah paket lengkap yang memuat segala faktor “keren” untuk sebuah video klip mulai dari Fashion, koreografi, Setting, pesan yang ingin disampaikan, hingga penggambaran karakter dari masing – masing personil yang tersampaikan dengan baik. Jangan kaget jika tidak lama lagi akan ada video klip Ayu Ting – Ting yang ter-I Am The Best. Hahahah.


04. Lonely
Mungkin diantara video klip lainnya dari 2NE1 hanya Lonely yang paling sederhana secara Setting dan teknik penyutradaraannya tetapi ternyata Lonely adalah video klip dengan jalan cerita dan makna paling dalam serta teknik Editing yang tidak mudah. Lonely dikemas secara artistik dengan mengedepankan kemuraman dari rasa sepi itu sendiri tetapi masih sangat menonjolkan selera Fashion yang amat sangat keren seperti pada jaket – jaket yang dipakai para personil yang dilengkapi aksen paku – paku serta peniti untuk memberi kesan Street Style-Punk-dan-Rebellion dari para gadis ini. CL bagi saya tampil sangat memukau dengan rambut pirangnya ditambah bandana, kacamata hitam, dan jaket kulitnya yang Fierce!


03. Go Away
Pihak YG Entertainment yang menaungi 2NE1 sungguh berani berinvestasi yang (sepertinya) cukup besar untuk memproduksi video klip ini. Bagaimana tidak? video klip yang dibuat seperti film pendek yang bertema Girl Power ini mempunyai konten adegan balapan mobil dan peledakan mobil serta Special Effects yang lumayan bagus dari penilaian itu saja bisa dibayangkan berapa biaya yang harus dikeluarkan. Tetapi YG Entertainment dan 2NE1 pasti puas dengan hasilnya yang amat tidak mengecewakan sama seperti BlackJacks yang juga mencintai video klip ini. CL menunjukan kemampuan akting yang mumpuni dalam video klip ini karena ada adegan balapan dan baku hantam yang secara emosional pasti cukup sulit untuk dilakoni. Dalam video klip ini juga 2NE1 berperan sebagai Band yang memainkan alat musik dan Bom tetap cantik di balik Keyboard-nya.


02. Ugly
Melihat video klip ini seperti melihat anak – anak perempuan berandalan di jalanan yang urakan dan tak terkendali. Ya, 2NE1 hadir menjadi sosok yang selama ini memang mereka representasikan namun dalam video klip ini kesan Street Style yang Rebellion lebih besar porsinya untuk dieksplorasi. Pakaian para personil 2NE1 sangat jauh dari kesan cantik, imut – imut, dan menggemaskan tetapi mereka terlihat garang dan justru menggoda. Bom yang biasa terlihat paling Girly pun justru dalam video klip ini tampil paling Cool dan keren apalagi di adegan yang menunjukan Bom melepas masker-nya. Keseluruhan video klip ini tampil Stand Out dengan Fashion Statement serta pesan – pesan yang tersirat dari adegan serta properti yang dipakai contoh seperti menyemprot Piloks ke tubuh wanita berjaket kulit dengan rok mini yang seperti dianalogikan kepada SNSD atau Rania (No Offense).


01. It Hurts

Agaknya It Hurts adalah video klip paling artistik yang pernah dibuat 2NE1. Dari segala aspek memang It Hurts-lah yang paling sempurna secara penggarapannya mulai dari sinematografi, jalan cerita, Wardrobe, Make Up, tata artistik, akting para personil, sampai lagunya sendiri yang kesemua luar biasa sempurna. Dengan video klip ini, 2NE1 semakin membuktikan bahwa hanya merekalah Girlband yang tidak hanya bertaji secara komersil tetapi juga mampu membuktikan kualitas artistik mereka dengan sukses. 2NE1 tidak semata memakai pakaian mini dalam video klipnya, menari – nari sambil sesekali mengerlingkan mata dengan genit di tiap pengambilan gambar secara Close-Up. 2NE1 is Much Bigger and Better Than That and This Video Proved it.

***

©writtenbyrioaditom0070112

12 thoughts on “Author’s Pick: 2NE1’s TOP 10 Music Videos

  1. MY 2NE1 TOP TEN
    1. I M THE BEST
    2. FOLLOW ME
    3. PARK BOM DON’T CRY
    4. LONELY
    5.GO AWAY
    6. DON’T STOP THE MUSİC
    7.İT HURTS
    8.DARA KİSS
    9.CLAP YOUR HANDS
    10.FİRE

  2. Favorit aku:
    1.Be mine
    2.Im the best
    3.Ugly
    4.Follow me
    5.Lonely
    6.Hate you
    7.Its hurts
    8.I dont care
    9.Cant nobody
    10.Scream

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s