Author’s Pick: Christina Aguilera’s TOP 10 Songs


Tentunya anda sudah tidak asing lagi dengan nama Christina Aguilera, mantan penyanyi remaja seangkatan Britney Spears yang kariernya begitu bersinar bahkan sampai saat ini.  Penyanyi yang kini berusia 31 tahun ini adalah idola saya sejak tahun 1999 sejak awal kemunculannya di blantika musik dunia. Yang membedakan Christina dari penyanyi seangkatannya seperti Britney Spears, Mandy Moore, atau Jessica Simpson adalah kualitas Christina yang begitu menonjol, dari kekuatan vokalnya, selera musiknya, cita rasa berpakaiannya, hingga Make-Up yang sering digunakannya. Penyanyi senior sekelas Celine Dion pun bahkan pernah berkomentar bahwa Christina Aguilera adalah vokalis terbaik di industri musik saat ini. Christina tidak pernah setia pada satu macam gaya tetapi Ia mengaku bahwa Madonna telah menginspirasinya untuk bisa tampil berbeda – beda di setiap albumnya.

Rasanya sebagai seorang Fighter (Penggemar Christina Aguilera) saya merasa sangat berdosa karena belum pernah menuliskan apapun tentang idola saya Christina Aguilera. Sebelumnya pernah saya menuliskan ulasan film beliau, Burlesque, tapi rasanya tidak cukup. Maka pada kesempatan kali ini saya ingin memberikan daftar 10 lagu terbaik yang pernah dinyanyikan oleh Christina Aguilera dari awal debut albumnya Christina Aguilera (1999) sampai Bionic (2010) sekaligus pemanasan sebelum mendengarkan materi terbaru dari Christina yang kabarnya akan segera hadir di awal tahun 2012 ini. Saya telah merangkum 10 lagu terbaik yang patut anda cermati karena 10 lagu yang masuk dalam 10 besar dan 5 lagu yang masuk Honorable Mentions adalah lagu – lagu terbaik dari Christina yang menonjolkan kualitas bermusiknya yang membuat Ia memiliki kelas yang berbeda dibanding penyanyi – penyanyi seusianya dan penyanyi – penyanyi masa kini.

Honorable Mentions

Dirrty | Stripped (2002)

Pertama mendengarkan lagu ini pasti akan mengernyitkan dahi dan jika terlalu sering didengarkan juga akan terkesan Annoying. Ya, Dirty memang sangat berhasil mempermainkan pikiran pendengarnya termasuk mencekoki mata penggemar dengan tampilan video klipnya yang sangat liar dan berani. Saya menaruh Respect yang besar pada track ini karena mampu mempresentasikan citra Christina yang dulunya Pop Princess berpenampilan manis dan lugu. Dirrty seakan – akan menjadi sebuah jembatan menuju penampilan seksi, sangar, unik, dan tidak biasa dari Christina dan mau tidak mau penggemar harus menyukainya.

Elastic Love | Bionic (2010)

Setelah satu dekade masa karier profesionalnya, Christina berani bereksperimen dengan musik dan vokalnya, salah satu buktinya adalah Elastic Love ini. Unik dan sangat tidak Christina sekali, itulah yang terbersit ketika mendengarkan tembang ini. Christina sangat berani bermain – main dengan Auto-Tune yang biasa digunakan penyanyi – penyanyi bersuara pas – pasan dan mereduksi gelegar vokalnya. Dalam lagu ini Christina terdengar seperti kembaran dari Britney Spears dan Brit-Bot-Voice-nya. Aransemen musik dan vokal yang futuristik ditambah lirik yang unik membuat lagu ini jadi aneh tetapi membuat kecanduan.

Castle Walls (Featuring TI) | No Mercy (2011)

Bagi saya lagu ini adalah Single Featuring terbaik yang pernah melibatkan Christina. Komposisi musik Hip-Hop yang disuntikan arsiran elektronika ditambah Hook – Hook yang manis dari Christina mampu menghasilkan karya yang luar biasa. Dalam lagu ini kita bisa mendengar suara Christina yang tidak ngotot dan membuatnya menjadi Memorable. Tidak bisa dipungkiri kharisma Christina justru paling menonjol dibandingkan TI dalam lagu ini sayangnya lagu yang diproduseri Alex Da Kid ini tidak jadi diluncurkan sebagai Single padahal memiliki potensi untuk menjadi Hit seperti Love The Way You Lie. Semoga Christina membuat jilid kedua lagu ini seperti yang dilakukan Rihanna.

Without You | Album: Back To Basics Disc 1 (2006)

Sebuah nomor R&B yang Smooth & Harmonious dari Christina Aguilera. Without You ditulis olehnya dan dibantu Kara DioGuardi, Rob Lewis, dan Mark Ronson. Dalam lagu ini Christina bercerita tentang kesyukurannya atas cintanya dengan sang mantan suami dan ketakutannya akan cinta yang mungkin hilang. Lagu ini memang sangat menggambarkan ketakutan Christina akan hilangnya pria pujaan yang selama ini dicari. Christina menyanyikan lagu ini dengan cantik, Ia tahu persis dimana harus menahan suaranya, melengkingkannya, dan memberi sentuhan Head Voicenya. Kolaborasi yang apik dari Mark Ronson dan Christina.

Somos Novios (It’s Impossible) (Duet With Andrea Bocelli) | Amore (2006)

Saya menobatkan Somos Novios sebagai Single Duet paling romantis yang pernah dibawakan Christina Aguilera. Lagu ini adalah hasil daur ulang dari lagu tahun 1970 yang dibawakan Perry Como. Pada tahun 2006 Andrea Bocelli bekerjasama dengan Christina untuk membawakan lagu ini dalam versi aslinya yang berbahasa latin. Karakter vokal Christina yang kuat mampu memberikan sentuhan masa kini  pada lagu tersebut tetapi juga diimbangi oleh suara klasik Andrea Bocelli yang menenangkan hati. Perpaduan yang harmonis dan indah dari Aguilera dan Bocelli ini mampu menghanyutkan perasaan apalagi ditambah liriknya yang romantis.

***

Top 10 Christina Aguilera’s Song


10. El Beso Del Final |
Album: Mi Reflejo (2001)

Salah satu lagu favorit saya dari album berbahasa latin pertama Christina, Mi Reflejo (2001). Lagu yang pernah mengisi Soundtrack film Dirty Dancing 2 ini benar – benar mencerminkan akar Christina Aguilera yang berdarah latin. Lagunya sendiri adalah lagu Ballad dengan petikan gitar a la Spanyol dan Christina membawakan lagu ini dengan amat sangat baik secara pelafalan dan teknik vokal yang digunakan. Masih mengandalkan suaranya yang lantang dan melengking diimbuh dengan beberapa Head Voice membuat lagu ini tampil cantik.

09. Loving Me 4 Me | Album: Stripped (2002)

Bakat Christina menyanyikan lagu – lagu R&B/Soul memang tidak perlu diragukan lagi termasuk pada lagu ini. Christina mampu menyanyikan nada – nada dan liukan – liukan khas penyanyi R&B/Soul seperti Jill Scott atau Kelly Price. Dalam lagu ini Christina merepresentasikan rasanya jatuh cinta dengan begitu Soulful tanpa lengkingan – lengkingan vokalnya yang khas sehingga benar – benar terasa Relaxing. Kekuatan lagu ini tentu saja terletak pada aransemen musik dan vokalnya yang sungguh sangat menghanyutkan dan indah tanpa perlu teriakan – teriakan yang biasanya dilantangkan Christina. Gadis ini memang sangat cerdas mengolah vokalnya dan tau pasti cara memperlakukan setiap Genre yang dibawakan.

08. Monday Morning | Album: Bionic Deluxe Edition (2010)

Harus saya akui dari album Bionic yang paling masuk telinga, sesuai dengan karakter Christina, dan kualitas musiknya bagus hanya Monday Morning, sayangnya lagi ini hanya terdapat di versi Deluxe album Bionic tersebut. Lagu ini adalah hasil kolaborasi dari Christina Aguilera, Santigold, Dave Taylor, John Hill, dan Sam Endicott dari Band The Bravery yang pernah menulis lagu She Wolf untuk Shakira. Dengan tangan dingin merekalah muncul sebuah lagu Anthemic yang santai dengan Beat yang Funky. Seharusnya lagu ini dijadikan Single untuk mendongkrak penjualan album Bionic karena lagu yang bergenre 70’s-Disco-Dance ini begitu Fun dan enak di telinga. Nani Naki Nana, Nani Naki Nana, Nani Naki Nana.

07. Hurt | Album: Back To Basics Disc 2 (2006)

Ditinggalkan orang yang kita cintai dan menyesali ketidakpedulian kita akan orang tersebut ketika masih ada di samping kita memang sangatlah menyakitkan dan Hurt menceritakan getirnya perasaan tersebut. Duet Linda Perry dan Christina Aguilera memang jaminan mutu untuk membuat lagu yang menyayat – nyayat hati dilengkapi lirik yang dalam. Saya pribadi selalu menangis jika mendengarkan lagu ini disaat – saat sendiri atau malam hari, maka dari itu saya menjauhkan lagu ini di Playlist saya di siang hari. Christina membawakan lagu ini dengan tidak neko – neko dan menunjukan kerapuhan seseorang yang ditinggalkan dan rasa penyesalan yang dalam. Lirik yang ditulis oleh Christina begitu menyentuh sehingga mampu membuat Hurt menjadi lagu Ballad terbaik dan penuh arti dari Christina.

06. Save Me From Myself | Album: Back To Basics Disc 2 (2006)

Lagi – lagi ini adalah tembang hasil kolaborasi Linda Perry dan Christina yang diambil dari album Back To Basics Disc 2 (2006). Lagu ini mampu membuktikan bahwa Christina mampu bernyanyi dalam teknik vokal seperti apapun dan tidak melulu harus glamor dengan unsur elektronik, Saxophone, atau permainan perkusi, cukup alunan gitar akustik saja. Dalam Save Me From Myself Christina begitu hati – hati dalam bernyanyi dengan menjaga Tone suaranya agar tetap statis di nada rendah tanpa teriakan – teriakan yang melengking cirri khasnya. Christina hanya memberi sedikit gimik falsetto di akhir lagu ini namun mampu mengakhiri lagu ini dengan semakin renyah di telinga. Sederhana tetapi indah, kalimat itulah yang patut mendeskripsikan lagu ini.


05. Fighter
| Album: Stripped (2002)

Menyembahlah pada Christina karena hanya Ia yang mampu bernyanyi bak Soul Sister, Jazzy Mama, Blues Diva, R&B Sweetheart, Pop Princess, Latino Senorita, dan dalam Fighter ini sebagai Lady Rocker. She’s Very Versatile. Raungan gitar dari Dave Navarro tidak cukup meredam kerasnya vokal Christina dan kuatnya kemarahan yang tersurat dalam liriknya yang sangat emosional. Lagu ini sangat cocok untuk orang – orang yang selalu meng-Underestimate kemampuan kita dan menyakiti kita karena mereka semua yang membuat kita jadi lebih baik dan jangan lupa berterima kasihlah seperti dalam lagu ini. Scott Storch dan Christina harus kembali berkolaborasi membuat karya sehebat ini. Video klipnya sendiri buat saya adalah video klip terbaik dari Christina dengan tata artistik yang mumpuni dan Make-Up yang luar biasa unik namun tetap terlihat cantik.

04. I Turn To You | Album: Christina Aguilera (1999)

Lagu ini awalnya dibawakan oleh grup vokal All-4-One untuk Soundtrack film Space Jam di tahun 1996. Christina dengan sukses membawakan lagu ini menjadi sebuah Massive-Hits dan Everlasting-Love Song hingga saat ini. Kekuatan vokal Christina diuji lewat lagu ini dan menjadikannya sebagai satu – satunya lagu di album perdananya yang menunjukan Range Vocal Christina yang luas sekaligus membedakan Christina dari penyanyi pendatang baru lainnya yang tidak memiliki vokal se-Powerful Christina. Hebatnya Christina saat membawakan lagu ini seakan – akan lagunya diciptakan khusus Diane Warren untuk Christina karena sangat pas sekali saat dibawakan olehnya. Mungkin dari semua lagu Christina lagu inilah yang paling sering di putar di radio – radio hingga saat ini karena sepertinya sudah menjadi Love-Anthem yang Everlasting layaknya Because You Loved Me milik Celine Dion.

03. Ain’t No Other Man | Album: Back To Basics Disc 1 (2006)

Dari intronya saja sudah terdengar gelegar suara Christina yang melayang – laying lalu diakhiri liukan – liukan A la penyanyi berkulit hitam. Selanjutnya Christina mengalunkan lagu Ain’t No Other Man ini dengan sangat lantang dan bertenaga. Dengan cerdas DJ Premier, dan Kara DioGuardi meracik Sample musik Jazz, Funk, dan Soul 60-an dengan Beat Funky masa kini yang diselimuti vokal Christina yang amat sangat kuat. Saya seakan diajak bergoyang pinggul dan kaki A la James Brown ketika mendengarkan lagu yang Soulful ini. Christina benar – benar mempertunjukkan kemampuannya mengolah musik yang mungkin tadinya agak sulit dicerna banyak orang menjasi sebuah karya yang populer. Hingga saat ini Ain’t No Other Man masih bisa menjadi Mood Booster saya di pagi hari dengan Beat-nya yang begitu riang dan ceria.

02. Beautiful | Album: Stripped (2002)

Siapa yang tidak mengenal lagu ini? Beautiful  sudah menjadi Trademark yang sangat melekat dengan sosok Christina Aguilera. Lagu ini menjadi Massive Hits satu dekade silam bahkan menelurkan nominasi dan piala Grammy Awards untuk Christina. Lirik lagu yang Empowering dan sangat memotivasi serta kehebatan vokal Christina saat mendendangkan lagu ini benar – benar mampu membius semua orang. Linda Perry sangat bijak menentukan lagu ini jatuh ke tangan Aguilera karena sebelumnya Pink sudah menginginkan lagu ini. Christina sangat cocok membawakan lagu ini dan sesuai dengan Image yang ingin Ia tonjolkan di album Stripped sebagai kaum Underdog. Melalui lagu ini Christina membela hak – hak kaum minoritas yang termarjinalkan (Lesbian, Gay, Bisex, & Transgender). Ya, Christina lebih dulu berdandan aneh dan membela kaum tersebut sebelum Gaga memakai Homage Express Yourself-nya Madonna dan berkoar – koar untuk hal yang sama.

01. I’m Ok | Album: Stripped (2002)

Yang terbaik yang pernah dibuat dan dinyanyikan Christina Aguilera adalah I’m Ok yang diambil dari album Stripped. Tidak mudah bagi seseorang dengan trauma yang besar untuk menuliskan pengalamannya dalam sebuah lirik lagu dan dinyanyikan pula oleh dirinya sendiri tetapi Christina dengan berbesar hati mampu menyanyikan I’m Ok dengan amat sangat penuh penghayatan. Kenangan pahit masa kecil Christina yang sering melihat sang ayah melakukan tindak kekerasan pada ibunya diceritakan dengan getir dalam lagu ini. Suara Christina pun terdengar sangat emosional dalam lagu ini meski tetap terjaga dan tidak terdengar meledak – ledak. Saya pun selalu menitikan air mata ketika mendengarkan lagu ini bukan karena saya mengalami hal yang sama tetapi Christina telah berhasil membawa saya ke dalam kisah lagu ini. Sebuah masterpiece dari Christina dan Linda Perry.

©writtenbyrioaditomo090112

11 thoughts on “Author’s Pick: Christina Aguilera’s TOP 10 Songs

  1. wuooogh, saya juga suka banget sama penyanyi ini! dan lagunya yang Fighter menjadi lagu favorit saya kali ini~😆

    1. Wah Alhamdulilah ternyata Christina masih banyak yang suka ditengah gempuran pendatang baru. Kualitas emang gak bohong. Fighter emang bener – bener asik dan bikin semangat. Hehehheh..

  2. NICE A VERY NICE LIST, jujur saya pengagum beratnya, selalu puas tiap denger vokalnya yang mahadahsyat itu, favorit sy impossible, what a girl wants, candyman, the voice within, beautiful, fighter, the right man … no.1 sy mungkin jatuh ke candyman hehehehe

    1. Terima kasih kakak Andy sudah mampir di blog saya dan ikutan komen juga, hehehe.. Sebenernya saya pengen masukin lebih banyak lagi lagu – lagu keren dari Christina kayak Impossible, Walk Away, Soar, Keep On Singing My Song, The Voice Within, On Our Way, Understand, The Right Man, Trouble, Candyman, What A Girl Wants, sampe Come On Over jadi emang bener – bener susah bikin top 10 ini saking keren – kerennya karya Christina. (X-X)

  3. I’m the Biggest fans of Xtina too….kalo disuruh milih lagu yg paling disenengin dari dia wah pasti susah banget soalnya rata2 hampir suka semua….Hurt yg paling memorable q jg setuju ni lagu klo qt dengerin pas qt lg down ato sedih mang paling cepet bikin nangis he2….maju truz buat xtina..2012 is her years…The voice and her new album…LEGENDTINA

  4. Bingung juga kalau nentukan pilihan lagu2 terbaiknya Xtina karna lagu2nya memang penuh kualitas nan berkesan yang disukai banyak orang.
    Semoga sang Diva akan selalu berkarya dan terus berkarya,Amin. Tak terbayangkan bila Industri musik dunia tanpa Christina Aguilera !!! We luv u Xtina…!!!

  5. I love her so much much much much
    Saya mengidolankan dia sejak saya SD thn 98. Lagu pertama yang saya dengar dari Xtina- I Turn to You, langsung membuat saya mengidolakan penyanyi yang satu ini sampai sekarang. Beautiful, impossible, hurt, genie in the bottle, fighter, infatuation, pero me acuerdo de ti, dan masih banyak lagi lagu favorit saya. Dan sampai sekarang saya masih berharap ada konser tunggalnya di Jakarta (ngarep pake BANGETT..)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s