Music Review: Born To Die (Single) – Lana Del Rey


Born To Die – Lana Del Rey
(Song written by Elizabeth Grant & Justin Parker)
(Music video directed by Yoann Lemoine)
(Produced by Justin Parker & Robopop)

I’m singing it to my boyfriend and it’s not about f***ing.
Lana Del Rey, Commenting About Born To Die. Q Magazine-

Sejak kemunculannya lewat Single Video Games yang mendapat banyak ulasan positif dari kritikus musik pada Oktober 2011 lalu, nama Lana Del Rey sepertinya terus dielu – elukan di berbagai forum, Blog, maupun situs musik di Internet. Lana Del Rey memang menjadi sebuah fenomena tersendiri dengan ke-khas-an musik, warna vokal, hingga selera berpakaiannya yang memang tidak sama dengan musisi – musisi yang kebanyakan sedang digandrungi masyarakat saat ini. Lana Del Rey digadang – gadang sebagai Promising New-Act di tahun 2012 ini dan akan mengganti posisi Adele dengan musiknya yang tidak Corny dan Pop-ish. Mendapatkan banyak perhatian dan rekognisi dari pencinta musik di seluruh dunia, Del Rey harus membuktikan bahwa Ia memang pantas diberi Hype yang begitu besar. Dalam Post ini saya akan mengulas Single kedua yang akan menjadi lagu unggulan untuk album terbarunya yang akan segera rilis akhir januari ini, Born To Die. Apakah Single tersebut mampu membawa nama Del Rey ke puncak kesuksesan? Apakah hasilnya sebaik Video Games? Pantaskah Del Rey mengemban banyak pujian?

Belum lama ini tembang terbaru dari gadis bernama asli Elizabeth Grant ini sudah wara – wiri di telinga kita. Lagu bertajuk Born To Die ini masih ditulis oleh Lana Del Rey bersama Justin Parker yang telah sama – sama merumuskan sihir dalam Single Video Games dan akan segera resmi dirilis pada 23 Januari 2012. Dalam Single Born To Die, gadis yang sekilas mirip aktris Carla Gugino ini memberi muatan Pop yang sedikit lebih banyak daripada Video Games meskipun tetap terdengar kesan Indie Pop yang Haunting A la Del Rey. Hampir mirip dengan B-Side Track seperti Blue Jeans atau Off To The Races, Born To Die diberikan Background Sampling dan aransemen A la Timbaland dan Ryan Tedder yang tentu berbeda dari Video Games yang lebih melankolis dan mendayu – dayu dalam aransemen musiknya. Born To Die kaya dengan orkestrasi dan permainan Strings yang menurut hemat saya sering saya dengar di beberapa lagu – lagu beraliran British Pop di akhir 90-an dan Scoring film Gone With The Wind yang menambah kesan Retro. Vokal unik penyanyi yang menyebut dirinya “Gangsta Nancy Sinatra” yang ditelinga saya terdengar seperti campuran Duffy, Taryn Manning (Boomkat), dan Rihanna ini masih terasa sangat kental dan tereksplorasi dengan baik dalam lagu Non-Mainstream ini.

Track yang satu ini masih mengandalkan kesan Dark, misterius, Metaphorical, dan menyentuh lewat liriknya, Del Rey memang pandai menuangkan gagasannya dalam bentuk lirik lagu. Born To Die dalam intepretasi saya bercerita tentang sebuah hubungan yang rumit antara dua manusia yang masih labil secara emosional. Sang gadis, Lana Del Rey, mengisahkan bahwa Ia sudah sadar bahwa cintanya selama ini adalah cinta yang penuh nafsu dan tak terkontrol . Dari kerapuhan hidupnya, Ia bersikeras mencari seseorang yang bisa memenuhi kebutuhannya secara duniawi tetapi ternyata hubungan semacam itu bukanlah yang Ia dambakan dan kini Del Rey berharap untuk menghentikan hubungan yang selama ini diyakini. Ada nilai religiusitas dalam beberapa liriknya juga ada nilai kedewasaan yang tersurat dalam lagu ini yang menggambarkan Del Rey berusaha keluar dari percintaan yang memabukkan dan mencari makna yang lebih berarti dalam hidupnya . You & I, We Were Born To Die bagi saya mengindikasikan bahwa hubungan mereka tidak akan berhasil dan pasti akan segera berakhir, So Choose Your Last Words, ungkap Del Rey dalam lagu ini.

Video klip Born To Die sudah bisa dinikmati di akun Vevo milik Del Rey sejak akhir Desember lalu dan disutradarai oleh Yoann Lemoine dengan konsep cerita dari Del Rey sendiri. Yoann Lemoine adalah sutradara muda yang telah dikenal lewat karya – karya penyutradaraannya seperti pada video klip Teenage Dream milik Katy Perry dan Back To December milik Taylor Swift. Video klip ini tentu saja merogoh kocek yang tidak sedikit apalagi jika dibandingkan video klip Video Games yang amat sangat sederhana dan dibuat sendiri oleh Del Rey. Lihat saja Del Rey dan Interscope berani berinvestasi dengan membayar sutradara Yoann Lemoine, lokasi syuting di Palace of Fontainebleau di Prancis, Bradley Soileau sebagai model bertato, dan dua ekor macan yang menghiasi beberapa Frame dalam video klip ini. Soal Wardrobe tentu saja Del Rey tetap tampil Retro dengan pakaian A la Hipster sepatu Converse merah, Denim Hot Pants, jaket rumbai – rumbai bak Rocker, White Dress, riasan bunga – bunga di kepala, dan ditunjang Make-Up serta tatanan rambut yang selaras dengan konsep dan pencitraan dirinya.

Konsep video klip ini sendiri tidak jauh berbeda dari makna lagunya dan justru memberikan gambaran lebih jelas tentang makna lagunya sendiri. Del Rey yang pada awal beradegan Topless digambarkan sebagai gadis Hipster (yang mungkin memang dia ‘banget’) yang pergi kabur dengan kekasihnya dan entah dengan sengaja atau tidak keduanya berakhir dalam sebuah kecelakaan maut yang merenggut nyawa Del Rey. Kalau dalam intepretasi saya dalam video klip ini Del Rey dan pasangannya memang merencanakan untuk mati bersama dan Del Rey mengiyakan karena sudah tidak sanggup jika hidup harus terus bersama kekasihnya dan juga tidak rela jika hidup tidak bersama kekasihnya (bingung kan?) jadi jika mereka mati bersama atau mungkin Del Rey yang mati Ia mampu hidup bebas tanpa memikirkan kekasihnya dan menemukan ketenangan bersama Tuhan. Semua saya simpulkan dari berbagai gestur dan bahasa tubuh yang ditunjukkan Del Rey dalam video klip ini, lewat properti dan lokasi syutingnya, dan Angle – Angle yang indah yang diambil Yoann Lemoine.

Born To Die memang menjadi karya pembuktian bagi Del Rey yang sudah terlanjur diberikan banyak harapan dan nilai yang positif dari pemerhati musik. Meskipun Live Performance Del Rey di SNL mendapatkan banyak cibiran dari banyak selebritis dan banyak kalangan pengguna internet (termasuk dari saya sendiri) tetapi Del Rey masih tetap memiliki nilai tersendiri bagi saya dan patut diberikan kesempatan untuk mengeksplorasi potensinya. Suaranya yang unik seharusnya diimbangi dengan teknik vokal yang baik tidak naik turun nada seenaknya dan mengubah konteks keindahan lagunya. Kesalahan Del Rey saat menyanyi langsung di atas panggung memang tidak ada apa – apanya daripada karya – karya musikalnya yang menarik dan dalam tetapi lebih baik kepandaiannya menulis lagu diimbangi dengan kemampuan menyanyi yang baik dan penguasaan panggung yang mumpuni untuk membuktikan bahwa Ia memang pantas mendapatkan Hype yang luar biasa selama ini bukan berdasarkan promosi yang hebat karena sang Ayah yang konon jutawan di Amerika Serikat sana.


Born To Die Lyrics:

Feet don’t fail me now
Take me to the finish line
All my heart, it breaks every step that I take
But I’m hoping that the gates,
They’ll tell me that you’re mine

Walking through the city streets
Is it by mistake or design?
I feel so alone on a Friday night
Can you make it feel like home, if I tell you you’re mine
It’s like I told you honey

Don’t make me sad, don’t make me cry
Sometimes love is not enough and the road gets tough
I don’t know why
Keep making me laugh,
Let’s go get high
The road is long, we carry on
Try to have fun in the meantime

Come and take a walk on the wild side
Let me kiss you hard in the pouring rain
You like your girls insane

Choose your last words
This is the last time
Cause you and I, we were born to die

Lost but now I am found
I can see but once I was blind
I was so confused as a little child
Tried to take what I could get
Scared that I couldn’t find
All the answers, honey

Don’t make me sad, don’t make me cry
Sometimes love is not enough and the road gets tough
I don’t know why
Keep making me laugh,
Let’s go get high
The road is long, we carry on
Try to have fun in the meantime

Come and take a walk on the wild side
Let me kiss you hard in the pouring rain
You like your girls insane

Choose your last words,
This is the last time
Cause you and I
We were born to die
We were born to die
We were born to die

Come and take a walk on the wild side
Let me kiss you hard in the pouring rain
You like your girls insane

Don’t make me sad, don’t make me cry
Sometimes love is not enough and the road gets tough
I don’t know why
Keep making me laugh,
Let’s go get high
The road is long, we carry on
Try to have fun in the meantime

Come and take a walk on the wild side
Let me kiss you hard in the pouring rain
You like your girls insane

Choose your last words
This is the last time
Cause You and I
We were born to die
We were born to die

Born To Die Official Music Video:

Song Score (3,5/5) | Music Video Score (3,5/5)

©writtenbyrioaditomo200112

2 thoughts on “Music Review: Born To Die (Single) – Lana Del Rey

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s