Music Review: Sticks + Stones – Cher Lloyd



Siapa yang tidak mengenal Cher Lloyd, cewek mungil jebolan ajang pencarian bakat, X-Factor UK, yang sejak pertengahan tahun lalu telah membuat Stereo Set setiap orang menjadi berdentum kencang lewat Swagger Jagger? Meskipun Single andalannya itu mendapatkan banyak respon negatif tidak membuat Cher Lloyd dan Syco Music (label rekaman yang menaunginya) urung meluncurkan album perdana gadis berusia 18 tahun ini ke pasaran. Pada 7 November tahun lalu akhirnya Lloyd berhasil menelurkan album debutnya Sticks + Stones dan kabarnya Epic Records Amerika Serikat akan segera merilis ulang album ini untuk khalayak Amerika sana. Lalu bagaimana performa album pamungkas dari Cher Lloyd yang diproduseri banyak produser handal seperti RedOne dan Max Martin ini? Berikut Review Album Sticks + Stone, Track by Track dari Written By Rioaditomo.


1.      Grow Up (Featuring Busta Rhymes) | Produced by Kevin Rudolf & The Runners

Sebagai lagu pembuka Grow Up mampu memberi Statement yang cukup konkrit mengenai isi keseluruhan album Sticks + Stones ini. Ceria, menyenangkan, dan segar. Perpaduan Hip – Hop, Electropop, dan sedikit sentuhan Dance Hall/Reggae membuat Grow Up menjadi lagu yang Ear-Catching. Kehadiran vokal Busta Rhymes yang mengisi bagian Rap juga menambah semarak lagu yang terdengar sangat Lily Allen sekali ini. (2,5/5)

2.      Want U Back | Produced by Shellback

Menurut hemat saya nomor Bubblegum Pop yang satu ini memiliki komposisi nada yang sedikit mirip dengan Party In The USA milik Miley Cyrus. Jika dalam lagu sebelumnya cara bernyanyi Lloyd mengingatkan pada Lily Allen, disini Ia seperti memiliki roh Jessie J ditambah memang lagu ini juga mengingatkan pada Price Tag milik Jessie. Lagu Pop Generik seperti ini memang bisa saja menjadi Hit tetapi menurut saya tidak akan Memorable dan bisa diingat sampai jangka waktu yang lama. (2,5/5)

3.      With Ur Love (Featuring Mike Posner) | Produced by Shellback & Max Martin

Nama besar Max Martin memang bisa menjadi jaminan untuk sebuah karya musik salah satunya dalam With Ur Love ini. Menurut saya With Ur Love adalah lagu terbaik dalam album ini dan paling cocok dinyanyikan Lloyd. Lagu ini menjadi semakin cantik dan menawan dengan vokal lembut Mike Posner. Seharusnya Posner diberi porsi yang lebih banyak karena perpaduan vokal berani dari Lloyd dan vokal feminin Posner mampu menghasilkan karya yang Smooth & Chilling. (3/5)

4.      Swagger Jagger | Produced by The Monarch & The Runners

Pertama kali mendengarkan Track yang menjadi First Official Single dari album ini memang agak mengganggu. Aransemen Elektropop dengan Beat Hip-Hop lucu seperti milik Band Rap asal Britania Raya, Funnypack, yang riuh terdengar “Balapan” dengan vokal Cher Lloyd yang juga terdengar Annoying dalam lagu ini. Verse Rap yang cenderung berteriak – teriak dan Chorus A la Oh, My Darling Clementine alias Makan Apa Sekarang terdengar norak But Thank God This Song Can Keep Its Swag On. It Grows On Me And I Think This Song Is Quite Fun dan bisa menjadi Mood Booster di pagi hari. (3/5)

5.      Beautiful People (Featuring Carolina Liar) | Produced by Shellback & Max Martin

Satu – satunya lagu berirama Ballad Pop dalam album ini yang mampu mengeksplorasi vokal Lloyd yang unik. Kehadiran Band yang personilnya kebanyakan berdarah Swedia, Carolina Liar, dalam lagu ini juga mampu memberikan sentuhan tersendiri yang membuat lagu ini semakin bertenaga. Saya bisa membayangkan jika lagu ini suatu saat akan dijadikan Single dan dibuatkan video klipnya. Lagu ini memang sangat cocok di telinga orang – orang Asia dan Indonesia. (3/5)

6.      Playa Boi | Produced by RedOne & Johnny Powers

Lagu ini kental nuansa Pop-Disco 80-an karena memakai Sample lagu Buffalo Stance milik Neneh Cherry yang memang edar di akhir 80-an. RedOne kembali menunjukan tangan dinginnya dalam membuat lagu Elektropop semacam ini. Dengan sedikit penetrasi Dubstep memberi kesan Modern dalam lagu ini yang membuat saya teringat dengan lagu – lagu Rihanna di era Good Girl Gone Bad. A Really Nice One But This Not Gonna Be Something Great, In My Humble Opinion. (2,5/5)

7.      Superhero | Produced by JukeBox

Another Lily Allen-ish Tune dari Cher Lloyd yang digabungkan dengan kharisma Beyonce. Tidak masalah jika Lloyd memang menyadur gaya bernyanyi kedua penyanyi tersebut karena lagu Superhero ini menjadi lagu yang paling menyenangkan, Flowing, dan terasa semangat anak mudanya. Tidak terlalu ricuh dengan aransemen yang bertabrak – tabrakan dengan vokal dan Rapping Style Cher Lloyd yang terdengar di lagu – lagu sebelumnya. Lagu terbaik dari Lloyd dan semoga di album – album selanjutnya (jika ada) Produser bisa memberikan lagu semacam ini karena sangat Fit dengan vokal Llyod. (3,5/5)

8.      Over The Moon | Produced by RedOne, Eric Sanicola, & Jimmy Joker

Over The Moon ini seperti mengawinkan karya – karya Lily Allen dengan Dubstep/Hip Hop Beat. Lagu ini memiliki muatan Classic Pop yang diberi aksesoris musik elektronika dengan gaya Rap Lloyd yang Fierce. Track kedelapan dalam album ini memang sangat ramah di telinga dan enak dipakai untuk berjoget – joget santai di rumah di sore hari. Bravo to Lloyd and RedOne. (2,5/5)

9.      Dub On Track (Featuring Mic Righteous, Dot Rotten, & Ghetts) | Produced by Gad

Kembali kita diajak bersenang – senang dan menari – nari dengan iringan Dubstep dan Hip Hop Beat dari Cher Lloyd dalam Track ini. Put Your Swag On Folks And Dance To It. Kemampuan nge-Rap Lloyd memang tidak perlu diragukan lagi dan bahkan dalam lagu ini terdengar lebih tereksplorasi dan tidak kalah dari para Rapper pria yang menjadi tamu dalam lagu yang ditulis penyanyi Livvi Franc ini. Ada sedikit unsur Dance-Hall yang mengingatkan saya pada Rihanna But Then Again Its  Okay. (3/5)

10.  End Up Here | Produced by JukeBox

Album ini ditutup dengan Track End Up Here yang lebih kental nuansa Beyonce dan Rihanna dari segi aransemen musik maupun vokal. Mungkin pertama kali mendengarkan lagu ini saya langsung mengasosiasikan lagu ini dengan Fading milik Rihanna. Tidak banyak yang bisa saya komentari dari lagu ini yang memang sangat biasa dan tidak ada suatu gimik tertentu yang membuat lagu ini memiliki nilai lebih. Its  Just Another Hip Hop Tune With R&B Hook yang bisa didengar dari banyak penyanyi lain tidak hanya Cher Lloyd. Semoga Lloyd tidak End Up sampai disini. (2,5/5)

Kesimpulannya adalah Cher Lloyd merupakan penyanyi yang menjanjikan dan kualitas vokal dan gaya nge-Rap yang asik tetapi dalam album ini saya kurang menikmati sajian yang wah, semua hanya menjadi karya yang selewat di telinga tidak ada yang tampil Stand Out. Debut album gadis yang sekilas wajahnya mirip Mila Kunis ini memang kurang greget dan berisi karya – karya yang terlalu generik yang membuat album ini terasa hambar. Secara keseluruhan memang album ini seperti perpaduan musikalitas Nicki Minaj, Rihanna, & Lily Allen dengan Packaging yang manis dan sangat remaja. Entah apa itu tetapi menurut saya banyak yang kurang dari album ini meskipun album ini bukanlah album yang buruk sama sekali. Saya ingatkan jika anda memang tidak menyukai Swagger Jagger dan tidak menyukai keributan yang dihadirkan suara Lloyd dan musiknya harap menjauh dari album ini karena memang isinya cukup Annoying dan berisik. Sayang sekali bakat dan potensi yang baik dari Cher Lloyd seakan tertutup dengan karya – karya yang menurut saya terlalu standar dan kurang cocok untuk Lloyd. Semoga saja jika memang aka nada album selanjutnya daripada memikirkan keuntungan semata, Produser bisa terlebih dahulu memikirkan konsep yang tepat. Cher Lloyd You Should Get Some Of Your Own Swagger, Seriously.

Recommended Tracks: With Ur Love, Swagger Jagger, Superhero, Beautiful People, & Dub On Track.

Album Score (2,5/5)

©writtenbyrioaditomo210112

2 thoughts on “Music Review: Sticks + Stones – Cher Lloyd

    1. Hai Teh Michan makasih udah mampir di Blog aku. Btw jujur aku terinspirasi teh Michan buat nge-Blog lho gara – gara Blog teh Michan yang keren itu pas jaman kita masih kuliah di… di… di… ya sudahlah hahahahha🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s