Concert Report: Katy Perry’s California Dreams Tour 2012 Live In Jakarta


Picture Courtesy of ismayagroup.com

Katy Perry mengguncang Katy Cats Indonesia. Ya, Akhirnya pada 19 Januari lalu penyanyi cantik bernama panjang Katheryn Elizabeth Hudson ini berhasil menggelar konser di Sentul International Convention Center (SICC), Bogor, Jawa Barat, dalam rangkaian “California Dreams Tour” untuk Region Asia. Sayangnya saya tidak memiliki kesempatan untuk hadir di SICC dan menikmati konser tersebut dan mungkin beberapa dari anda juga tidak sempat menonton konser tersebut. Tapi jangan sedih karena dalam Post ini sahabat saya Marissa (@icaalmacih) mau menjadi contributor dan berbagi cerita tentang konser Katy Perry khusus untuk Blog Written By Rioaditomo. Mudah – mudahan laporan dan ulasan konser Katy Perry ini bisa mengobati rasa penyesalan bagi yang tidak sempat menonton (atau justru semakin menyesal? Hahahaha). So Here We Go And Envy Her.

The California Dreams Tour: Live in Jakarta | Pre-Show

09.30 WIB | Suasana SICC masih sepi tetapi tempat penukaran tiket Katy Perry telah dibuka dan beruntung sekali karena saya tidak usah mengantri.  Setelah menukar voucher dengan tiket asli saya pun bergegas kembali ke Bogor untuk bersiap-siap kembali lagi ke SICC karena menurut keterangan panitia konser akan dimulai pukul 20.00 WIB. Sttt… Setelah menukarkan tiket saya sempat di wawancara oleh tim Liputan 6 SCTV (Narsis).

16.00 WIB | Keadaan yang semula sepi kini sudah cukup ramai dipenuhi calon penonton konser dan pedagang yang menjual bermacam – macam Merchandise yang berkaitan dengan Katy Perry mulai dari kaos California Dreams, gelang bertuliskan Katy Perry, poster, hingga tongkat lampu.

18.30 WIB | Saya masuk ke dalam Gate yang sudah ramai dengan pengunjung. Peraturan memasuki Gate memang cukup ketat, penonton tidak diperkenankan membawa makanan, minuman, kamera DSLR, rokok, dan tentu saja obat – obatan terlarang. Dari dalam Gate terdengar suara Band yang samar-samar, ternyata ada beberapa hiburan dari RAN, Raisa dan Mike Mohede. Suasana di depan gerbang masuk gedung pun sangat ramai sehingga saya langsung mengantri masuk, terlihat beberapa artis seperti Nadila Ernesta, Zaskia Sungkar, Widi “Vierra”, Kevin Julio, dan Maudy Ayunda tengah ikut mengantri untuk masuk ke dalam Venue.

19.00 WIB | Di dalam Auditorium terlihat panggung besar yang tertutup tirai Pink dan tempat duduk yang 85% masih kosong. Di depan tirai terdapat podium yang digunakan sebagai meja DJ untuk Opening Act konser Katy Perry yakni DJ Skeet Skeet yang berasal dari Los Angeles. Seperti yang diperkirakan sebelumnya, saya yang membeli Yellow Ticket mendapat View yang agak jauh dari Stage, untungnya disediakan layar besar di hadapan saya. Meskipun begitu saya masih merasa kurang puas karena tidak bisa melihat Katy Perry lebih dekat.

20.00 WIB | Lampu mulai dipadamkan dan meja DJ pun menyala. DJ Skeet Skeet langsung menyapa para penonton dan memainkan We found Love milik Rihanna feat. Calvin Harris, disambung dengan “Party Rock Anthem” milik LMFAO, lalu Tik-Tok milik Ke$ha. Para penonton pun mulai riuh ikut bernyanyi dan bergoyang layaknya di dalam Club. Setelah hampir 40 menit, DJ Skeet Skeet sepertinya diminta untuk mengulur waktu pertunjukannya lalu dia pun memainkan beberapa lagu yang lain. Satu jam berlalu, akhirnya DJ Skeet Skeet pun berpamitan, tidak lupa Ia menyebutkan Facebook dan Myspace Account miliknya agar para penonton dapat mengunduh lagu-lagu yang baru saja dimainkan secara gratis dan mengundang para penonton datang ke LA dan Hang Out bersama disana.

The California Dreams Tour: Live in Jakarta | Main Show

Konser akhirnya dimulai. Lampu kembali dimatikan dan penonton mulai berteriak histeris setelah tirai dibuka dan terlihat Setting-an panggung berwarna – warni yang dipenuhi dengan ornamen seperti Lollipop danCupcakes. Konser dimulai dengan Video Montage yang ditayangkan di layar besar yang konsepnya serupa Alice In Wonderland. Begitu Video berakhir lampu di panggung pun menyala seraya alunan musik yang mulai menggumamkan intro Teenage Dream. Katy Perry muncul dengan Mini Dress yang berhias permen Lollipop yang bisa berputar. Sontak saya dan para penonton pun langsung berteriak histeris dan mulai mengikuti lirik lagu yang dinyanyikan Katy. Selama menyanyikan Teenage Dream, Katy menari dengan lincah lalu Ia menjelajah panggung dari sisi kiri ke sisi kanan namun luar biasanya suara Katy tetap terdengar stabil dan tidak terengah-engah. Hummingbird Heartbeat pun mengudara sebagai tembang kedua, meskipun lagu ini tidak dijadikan Single tetapi sepertinya banyak yang menyukai lagu ini dan ikut menyanyikannya bersama-sama. Lagu ini dinyanyikan dengan sangat enerjik sambil sesekali Katy menghentakkan kakinya mengikuti Beat-nya. Seusai membawakan Hummingbird Heartbeat, Katy menyapa penonton “I’m Finally Here… Jakarta, WELCOME TO THE CALIFORNIA DREAMS!”  yang tentunya membuat penonton berteriak kegirangan. Setelah sedikit berbincang – bincang Katy membawakan lagu ketiganya Waking Up In Vegas diiringi dengan Slot Girls (Not Slut Girls). Di akhir lagu Katy “menyawer” penonton dengan koin yang diambil dari Slot Girls seraya berteriak “Who wants some money?”.

Segmen pertama telah berakhir dan menuju ke segmen selanjutnya dengan sebuah Interlude Video lanjutan dari Montage sebelumnya. Katy akhirnya kembali ke atas panggung dengan Dress berwarna biru dan menyanyikan Ur So Gay diiringi dengan dua orang Mime (Pantomim). Setelah lagu selesai dinyanyikan kedua Mime tadi menawarkan kue Brownie pada Katy And She Couldn’t Resist It Since She Loves Sweet Things A Lot Then Katy Ate It And Some Dancers Put On A Feathered Tail While She Begins To Perform Peacock. Setelah menghilang sebentar Katy berganti baju dan kembali ke panggung dengan Long Dress A la penyanyi Opera lengkap dengan Standing Mic dan bulu-bulu berwarna merah, kuning, dan hijau yang di lengannya. Pada Segmen ini Katy mengajak penonton pria yang mau membuka bajunya untuk naik ke panggung lalu terpilihlah pria bernama Adry yang kemudian pipinya dicium oleh Katy sebelum akhirnya melantunkan I Kissed A Girl dalam irama yang lebih Slow dan Jazzy. Usai menyanyikan I Kissed A Girl, Katy kembali ke Backstage dan penonton kembali diberi suguhan cerita lewat video di layar besar. Kali ini Katy Perry muncul dan telah berganti busana dengan kostum A la Catwoman dan membawakan lagu Circle The Drain. Selanjutnya Katy membawakan Single E.T ditemani dengan lampu laser yang menyorotkan sinar-sinar bergaya futuristik di atap auditorium yang membuat penonton dengan antusias ikut menyanyikan tiap bait lagu ini.

Tak berselang waktu yang lama untuk menuju segmen selanjutnya. Katy telah hadir kembali dengan gaun yang anggun sambil menaiki ayunan yang mengangkatnya tinggi sekali sambil mendendangkan Not Like The Movies yang melankolis. Di lagu selanjutnya si cantik Katy Perry turun dari ayunannya sambil membawa karangan bunga dan maju ke depan Stage dengan pemain gitar dan mulai menyanyikan lagu yang sangat ia sukai jika dibawakan secara akustik yaitu “The One That Got Away”. Katy terlihat begitu menjiwai lagu ini yang sangat terlihat dari sorot matanya yang begitu sedih dan muram saat membawakannya. Video di layar besar kembali diputarkan kemudian ia pun kembali muncul di Stage dengan baju yang terlihat agak kebesaran dan menyanyikan Hot N Cold. Dalam lagu ini Katy sangat memukau para penonton dengan kemampuannya berganti baju hanya dalam hitungan kurang dari lima detik. Setelah mengganti baju sebanyak tujuh kali, Katy berkata, walaupun ini bukan malam Sabtu, tapi Ia ingin berpesta dan langsung menyambung pertunjukan dengan menyanyikan lagu Last Friday Night (TGIF) yang sangat Full of Beat hingga penonton pun kembali berdiri dan ikut bergoyang dan bernyanyi. Katy terlihat sangat Enjoy menari dengan bebas di atas panggung dengan stamina yang sangat terjaga dengan baik.

Katy kembali berganti pakaian kali ini dengan Dress bermodel kemben dengan aksen bola – bola berwarna-warni yang ternyata adalah lampu yang bisa menyala dan berkedip-kedip. Firework pun akhirnya dikumandangkan dan panggung pun dibuat sangat terang dan meriah dengan kembang api yang menyala. Video dengan adegan penutup pun akhirnya diputarkan selagi Katy kembali ke Backstage dan Ia kembali ke panggung dengan bra yang dilengkapi meriam. Lagu California Gurls dibawakan dengan sangat ceria dan kru Katy Perry melempar bola-bola besar kepada penonton dan meriam air pun dikeluarkan dan digunakan Katy untuk menyemprot penonton yang berdiri di sekitarnya, serpihan-serpihan berwarna perak pun ditembakkan dan memenuhi seluruh panggung dan penonton di Row Pink. Ternyata California Gurls adalah lagu penutup dan Katy terus berjalan dari ujung panggung kiri ke panggung ke kanan untuk mengucapkan salam perpisahan dengan memberi salam penghormatan kepada penonton, “Thank You Indonesia, SWEET DREAMS!”. Layar panggung akhirnya ditutup dan The California Dreams Tour Live In Indonesia pun akhirnya berakhir dan menyisakan kekaguman untuk Katy Cats yang memenuhi SICC.

The California Dreams Tour: Live in Jakarta | My Short Review

Konser ini terasa begitu hidup dari awal hingga akhir dengan  Sound yang keren, mungkin karena penjiwaan Katy di setiap lagu begitu baik. Katy terlihat sangat Natural setiap membawakan lagu – lagunya, Ia bisa menjadi gadis yang terkesan cuek dan tidak peduli dengan orang – orang di sekitarnya ketika menyanyikan lagu – lagu bertempo cepat dengan menari dan berjingkrak – jingkrak seirama musik dan penari – penarinya. Tidak hanya berkharisma saat menyanyikan lagu – lagu Up Beat, penghayatan Katy tidak kalah keren saat membawakan lagu – lagu yang menyayat perasaan seperti pada The One That Got Away. Ia juga bisa terlihat begitu seksi dan nakal ketika menyanyikan lagu I Kissed A Girl yang penuh dengan desahan yang mampu membuat pria kegerahan. Katy Perry dan performanya dalam konser ini mampu memesona saya sehingga tidak sadar 90 menit telah berlalu, sampai – sampai saya tidak percaya kalau konser telah berakhir, padahal lampu telah dinyalakan dan tirai telah ditutup.

Yang cukup mengecewakan bagi saya dan sejumlah penonton lainnya adalah salah satu lagu yang sangat diharapkan bisa dinyanyikan dalam konser ini, Thinking of You, ternyata tidak masuk ke dalam Setlist. Sekali lagi, Katy Perry memang pantas disebut salah satu legenda Pop abad ini karena kemampuan vokal, musikalitas, dan Performance Katy di atas panggung amat memukau dan menghibur. Konsepnya juga sangat megah dan Detailkarena memang dipersiapkan sangat matang oleh Katy Perry dan Management-nya. Saya seperti dibawa ke dongeng alam mimpi yang memiliki perpaduan antara Alice In Wonderland dan Charlie & Chocolate Factory. At The End, semua penonton puas. Saking Excited-nya sepertinya orang yang menonton di sebelah saya dan Row bawah saya agak risih karena saya berteriak-teriak sangat emosional ketika Katy muncul di panggung. Maklum konser ini memang sangat saya nantikan dari pertengahan tahun 2011. Andaikan uang saya cukup, saya tidak akan ragu untuk membayar tiket di Row Pink dan melihat Katy Perry lebih dekat. An Awesome Experience Ever!

The California Dreams Tour: Live in Jakarta | Photo Gallery

The Tag
The Stage
The Contributor: Marissa (@icaalmacih) | Katy Cats
Katy Perry Performed I Kissed A Girl | California Dreams Tour 2012 Live in Jakarta
Katy Perry Performed Hummingbird Heartbeat | California Dreams Tour 2012 Live in Jakarta
Katy Perry Performed Teenage Dream | California Dreams Tour 2012 Live in Jakarta
Katy Perry Performed The One That Got Away | California Dreams Tour 2012 Live in Jakarta
Katy Perry Performed E.T | California Dreams Tour 2012 Live in Jakarta
Marissa (@icaalmacih) with Maia

The California Dreams Tour: Live in Jakarta | Setlist

Teenage Dream

Hummingbird Heartbeat

Waking Up In Vegas

Ur So Gay

Peacock

I Kissed a Girl

Circle The Drain

E.T

Not Like The Movies

The One That Got Away

Hot n Cold

Last Friday Night (TGIF)

Firework

California Gurls

The California Dreams Tour: Live in Jakarta | Score (4,5/5)

*Very Special Thanks To Marissa Tanuwijaya (@icaalmacih)

©writtenbyrioaditomo220112

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s