Music Review: It All Belongs To Me – Brandy And Monica


It All Belongs To Me – Monica & Brandy
(Song written by Rico Love, Earl Hood, & Eric Goudy II)
(Music video directed by Chris Robinson)
(Produced by Rico Love, Earl Hood, & Eric Goudy II)

Brandy dan Monica adalah nama yang tidak asing lagi di kancah musik dunia khususnya penikmat musik ber-Genre R&B. Di akhir tahun 1990-an Monica dan Brandy adalah idola remaja di skema musik Hip-Hop/R&B satu angkatan dengan Almarhumah Aaliyah. Kedua ikon musik R&B Modern tersebut memang kerap dikabarkan berseteru dan bersaing namun pada 1998 produser yang sedang Booming saat itu, Darkchild, mampu meleburkan dua Superstar tersebut dalam sebuah lagu yang ternyata justru menjadi Massive Hits dari kedua penyanyi tersebut bahkan menjadi semacam Trademark bagi kduanya hingga saat ini.  Ya, The Boy Is Mine adalah judul Single yang dibawakan Brandy dan Monica di tahun 1998 dan mampu memberikan banyak keuntungan kepada kedua penyanyi tersebut. Siapa sih yang tidak mengenal lagu The Boy Is Mine ini? Bagi mereka yang tumbuh di akhir 90-an pasti akrab dengan lagu ini dan sampai beberapa tahun kemudian komposisi R&B A la Darkchild ini terus digemari di kancah musik dunia.

Kejayaan The Boy Is Mine di penghujung tahun 90-an memang tidak menjamin bahwa Brandy dan Monica mampu mempertahankan eksistensi mereka di dunia musik. Memang Brandy dan Monica sempat merilis beberapa album setelah kesuksesan mereka di tahun 90-an tetapi ternyata nama mereka tidak begitu bergaung di kancah musik Pop karena album mereka yang Segmented pada Genre R&B. Saya cukup akrab dengan karya – karya mereka setelah The Boy Is Mine, Brandy punya What About Us, Who Is She 2 U, dan terakhir Right Here, tak ketinggalan Monica dengan All Eyez On Me, So Gone, dan paling baru di tahun 2010 dengan Everything To Me. Lagu – lagu tersebut memang mungkin tidak banyak dikenal dan setelah 14 tahun berselang, rasanya Brandy dan Monica ingin kembali mengecap kesuksesan kembali dengan merilis Single Duet untuk mempromosikan album baru keduanya yang akan di rilis tahun ini Two Eleven dan New Life.

Kembalinya Brandy dan Monica di kancah musik dengan melakukan kolaborasi lagi bagi anak – anak angkatan akhir 90-an adalah sebuah momentum yang ditunggu – tunggu dan sakral. Mereka yang tumbuh dengan musik Brandy dan Monica akan memberikan ekspektasi yang cukup tinggi dengan karya terbaru kedua idola yang kini sudah tidak muda lagi. Masih menceritakan kepunyaan seperti The Boy Is Mine, Brandy dan Monica hadir lewat Single It All Belongs To Me, tapi tunggu dulu dalam lagu ini Brandy dan Monica tidak lagi berebut pacar tetapi materi liriknya jauh lebih dewasa dan Empowering. Tema It All Belongs To Me sedikit mengingatkan saya dengan tema yang sama dalam lagu Irreplaceable milik Beyonce, mengusir pria dan mengambil semua barang yang telah diberikan. Tidak hanya soal tema dan liriknya yang lebih dewasa tetapi dari segi materi musik, It All Belongs To Me bukanlah sebuah R&B ringan A la anak muda seperti The Boy Is Mine dulu tetapi kini aransemen musik dan vokalnya juga lebih matang disesuaikan dengan usia para penyanyinya.

Dentingan piano yang manis dan terkesan sangat Ballad membuka It All Belongs To Me tetapi ternyata lagu ini tidak berakhir menjadi sebuah lagu cengeng tetapi malah penuh kemarahan dan emosi meskipun tidak meledak – ledak. Kualitas vokal Monica masih terjaga dengan baik juga keunikan vokal Brandy serta liukan – liukan khas R&B berhasil ditampilkan dalam lagu ini. Brandy dan Monica sama – sama membuktikan bahwa mereka masih punya kharisma dan kekuatan vokal yang mereka punya dulu bahkan vokal Brandy lebih terdengar Improve-nya dibandingkan saat masa –  masa The Boy Is Mine. Aransemen vokal yang harmonis ditambah lengkingan – lengkingan dan saut – sautan khas mereka membuat saya merasa kembali ke masa – masa kejayaan mereka. Keduanya tidak berusaha untuk meraih pendengar mereka yang baru tetapi buat saya mereka berupaya secara maksimal menghadirkan lagi kehangatan musik R&B yang pernah jaya di akhir 90-an dulu dan memanjakan penggemar mereka dalam sebuah nostalgia yang indah, maka jangan berekspektasi It All Belongs To Me akan menjadi Hits yang merajai Top 40. Monica, Brandy, beserta penulis sekaligus produser lagu ini Rico Love, Earl Hood, dan Eric Goudy II sama – sama tahu bagaimana menampilkan kembali komposisi musik R&B yang pernah berjaya beberapa tahun lalu ditambah dengan lirik  masa kini seperti penggunaan Mac Book & Facebook pada Chorus-nya.

Soal video klip kali ini Monica & Brandy mengajak sutradara Chris Robinson yang berpengalaman menggarap video musik untuk proyek solo kedua penyanyi tersebut. Salah satu karya favorit saya dari Chris Robinson adalah video klip Alicia Keys, You Don’t Know My Name, pada tahun 2003. Dalam video klip It All Belongs To Me, Robinson, Brandy, & Monica sepakat mengedepankan Tribute To Whitney Houston dengan memberikan aksen seperti pakaian yang digunakan Monica juga adegan serta ide cerita yang terinspirasi dari film Whitney, Waiting To Exhale. Plotnya sederhana, Brandy dan Monica yang sudah begitu habis – habisan menguras harta untuk kekasihnya malah mendapatkan perlakuan yang tidak menyenangkan lalu mereka berdua mencampakan pasangan masing – masing. Robinson sudah sangat mengenal Angle – Angle yang tepat untuk memancarkan kecantikan Brandy & Monica jadi tidak heran tampilan video klipnya begitu cantik dilengkapi Wardrobe yang ciamik. Tak lupa Robinson memberi berbagai macam gimik dalam video ini agar terlihat spektakuler namun sederhana termasuk lewat adegan di akhir – akhir video klip.

Tidak ada yang membayangkan bahwa Brandy dan Monica akan kembali berkolaborasi dan It All Belongs To Me adalah bukti bahwa keduanya mampu kembali setelah sangat sukses 14 tahun lalu. Perlu saya ingatkan duet yang mungkin ditunggu – tunggu ini bukanlah Single ramah Chart dengan komposisi musik elektronika yang begitu digandrungi saat ini. It All Belongs To Me adalah ajang nostalgia bagi pencinta musik angkatan akhir 90-an, Brandy dan Monica berhasil membawa saya ke suasana musik di tahun 1998 – Awal 2000-an lewat Single ini yang membuatnya menjadi Special tanpa harus wara – wiri di Top 10. Brandy dan Monica sukses mengajak pendengar untuk mengenang masa kejayaan kedua penyanyi hebat itu tanpa harus bersikeras meraih sukses yang sama seperti 14 tahun lalu. Saya sih mengharapkan Brandy juga Monica mau terus bersinergi dan membuat proyek album bersama, tidak hanya Single karena saya melihat keduanya masih memiliki kharisma yang sama terlebih ketika mereka berdua bersatu dalam sebuah lagu. Kolaborasi ini membuat saya bertanya – tanya, apakah Anang dan Syahrini akan kembali merilis Single Duet 14 tahun mendatang? Hahaha.. Kill Me.


It All Belongs To Me Lyrics

Brandy:

Loving you is hard
I feel like I’m about to hurt myself
And I don’t want to do it baby
I’m loving you so hard
And the way you act ain’t been no help
No no no sugar

Monica:

(yeah, you got it sweet don’t you)

Pre-Chorus:
You must be blind
You must be dumb
You must be trippin’
You must be crazy
[Monica] (you must be out your damn mind)
To think that i’mma let you off that easy

Chrous:
I know you’re mad
Can’t take no more
But put that back, that ain’t yours
Have a fit, slam the door
Leave them bags on the floor
That sh-t belongs to me
Those clothes, those cars, those rings
That MacBook, that sh-t belongs to me
So log off your Facebook It All Belongs to Me

Monica:

All you do is talk
Never knew you to do nothing else
You ain’t good for nothing baby
It’s like you got no heart
Cold as ice, and nothing can make you melt
No no no baby
Hold on one minute baby

Pre-Chorus – Chrous

Bridge:

Brandy:

Ain’t nothing leaving this house
Unless it’s over my dead body baby

Monica:

So pack up all the things you came with
‘Cause loving you is just to damn plain

Chrous

It All Belongs To Me – Brandy & Monica Official Music Video:

Music Score (3/5) | Music Video Score (4/5)

©writtenbyrioaditomo140312

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s