Music Review: Touch EP – Miss A



Sebagai musisi yang handal sudah pasti harus mau keluar dari zona aman-nya sehingga mampu berkembang secara musikalitas dan membuktikan bahwa kualitas mereka sebagai musisi patut diacungi jempol tidak melulu berorientasi pada eksistensi dan keuntungan materi. Memang perubahan bermusik dan uji coba di lahan – lahan baru yang jauh dari citra yang telah melekat seperti sebuah ajang perjudian. Tidak ada yang dapat meramalkan apakah pasar mau menerima perubahan tersebut, atau penggemar fanatik musisi yang bersangkutan mau mengapresiasi karya idolanya yang terdengar asing di telinga. Ya, itulah lika – liku dunia kreatifitas musik jika menelurkan karya yang sama di setiap tahun juga akan membuat musisi tersebut ditinggalkan pendengarnya. Sulit bukan menjadi musisi yang jempolan sekaligus komersil?

Sepenggal ilustrasi di atas adalah deskripsi yang tepat bagi langkah kelompok vokal asal Korea Selatan, Miss A, yang baru saja menelurkan Mini Album ketiga sekaligus proyek keempat mereka. Sukses lewat musik Dance Elektronika dengan sentuhan Retro dan R&B tidak membuat JYP menenggelamkan Miss A dalam ketenaran dengan menciptakan musik – musik seperti Goodbye Baby yang menjadi Signature mereka. JYP selaku pimpinan manajemen Miss A sangat tahu sekali dengan potensi yang dimiliki gadis – gadis asuhannya ini. Sejak awal kariernya Miss A memang memiliki konsep musik yang menurut saya cukup matang dan unik. Setiap Single dari Miss A selalu terdengar berbeda meskipun tetap dalam benang merah yang sama yaknk Pop Dance. Setelah kesuksesan Good Girl Bad Girl, Breathe, Love Alone, dan si maha tenar Goodbye Baby kini Miss A menghadirkan EP dengan Single andalan bertajuk Touch.

Single yang baru saja dirilis pada 21 Februari lalu ini akan terdengar berbeda dari Single mereka terdahulu. Touch yang dibalut musik Elektronika pada dasarnya adalah sebuah Ballad yang manis dengan nuansa yang Gloomy, Dark, namun sangat Mature. Min, Jia, Fei, dan Suzy mampu meleburkan tarian unik khas Miss A dengan aransemen musik yang Edgy dan berbeda dari Single mereka yang dulu. Tetapi mungkin banyak yang kecewa dengan keputusan pihak manajemen Miss A yang memlih Touch sebagai Single andalan dari Mini Album terbaru Girlband seksi ini pasalnya Track lainnya dalam Touch EP justru lebih berpotensi menjadi Hits. Berikut Review Track-By-Track dari Mini Album terbaru Miss A; Touch EP, The 4th Project.

Touch (3/5)

Track pembuka sekaligus yang menjadi andalan Min dan kawan – kawan dari proyek keempat mereka. Pertama mendengarkan lagu ini pasti ada rasa kecewa karena ekspektasi yang besar dari pendengar Miss A yang kadung kagum dengan Goodbye-Baby. Touch bukanlah sebuah Track yang Flop dan tidak pantas dijadikan Hit Single tetapi untuk ukuran komersialitas ada sedikit rasa kurang greget dalam Track ini. Untung saja Miss A membekali Touch dengan video klip yang misterius, unik, dan seksi sehingga kekecewaan Say A akan terobati. Diluar segi komersialitas saya pikir Touch adalah gebrakan yang bagus dan memiliki kualitas tersendiri yang makin mengangkat nama Miss A sebagai Grup Pop yang materi musiknya tidak Corny dan Forgettable.

Lips (5/5)

Saya akui ini adalah penilaian saya secara subjektif tetapi Lips menurut saya adalah Track paling kuat dan sempurna menggambarkan citra Miss A yang seksi, jago menari, dan menyanyi. Sebuah paket lengkap dan memanjakan telinga serta mampu membuat badan ingin berjoget – joget ceria. Lips mengedepankan aransemen Electropop/House yang kental dan adiktif yang diproduseri oleh Fuego yang menciptakan Turn Up The Music milik Chris Brown. Kolaborasi Miss A dan Fuego bagi saya selalu menghasilkan karya bercita rasa internasional seperti pada Love Alone. Ya, saya begitu merindukan lagu ini hadir dalam versi bahasa Inggris dan dipromosikan di Amerika Serikat dengan video klip super seksi dengan tarian enerjik khas Miss A. Lips sungguh sangat sensual dan Dancey dari mulai intro hingga bagian akhir lagu.

Rock ‘n Rule (3,5/5)

Sebuah nomor Pop/Disco yang juga bercita rasa internasional dari Miss A. Dalam lagu ini aransemennya tidak terlalu riuh dan cenderung Bouncy. Rock ‘n Rule lebih manis khas Jessica Simpson  dalam Public Affair. Jia, Fei, Min, dan Suzy membawakan lagu ini dengan vokal khas mereka yang tidak ngotot dan cenderung santai. Yang menjadi kejutan dalam lagu ini adalah unsur Dubstep yang terdengar sangat Skrillex-esque pada bagian Interlude yang terdengar Fresh dan baru bagi keempat gadis cantik ini.

No Mercy (4/5)

Menurut saya No Mercy lebih pantas menjadi Single pertama dari proyek terbaru Miss A karena secara kualitas No Mercy bukan sebuah Dance Track yang membosankan dan pasaran. No Mercy sangat pas dengan karakter vokal keempat personil Miss A juga sangat Fit In dengan Image yang selama ini dibangun Miss A yang seksi, sensual, dan sangat Girl Empowering. Lagu ini memiliki aransemen musik yang sederhana dengan gebukan drum dan unsur aransemen musik juga vokal yang sangat kental dengan pengaruh British Music. A Really Nice Song And JYP Should Give It A Try.

Over U (4/5)

Satu lagi lagu yang sebenarnya memiliki potensi yang besar untuk menjadi Hits dari album Touch EP. Track ini memiliki karakter yang kuat dilengkapi dengan Hook – Hook yang adiktif, aransemen musik yang Up To Date, Tema Girl Empowering yang sangat Miss A sekali, jika ditambah sebuah Promotional Music Video yang menggambarkan kapasitas Miss A sebagai penari yang hebat pastinya lagu ini akan sangat lengkap dari sisi Audio dan Visual. Semoga saja Track ini diberi kesempatan untuk didengar lebih banyak orang dengan dijadikan sebagai Single kedua dari Mini Album, Touch. Plus, I’m So Over You, You, You, You, You Part Is Haunting Me And That Will Haunt You Too, Trust Me!

Touch (Newport Mix) (4/5)

Seperti biasa, rilisan JYP selalu harus menyertakan versi Remix lagu unggulannya di dalam album. Surprisingly, versi Remix ini jauh lebih baik dari versi aslinya yang telalu ribut dan menghilangkan esensi Ballad-nya. Seharusnya versi ini yang dijadikan Single karena secara kualitas sangat bagus juga pas dengan materi lirik Touch yang sebenarnya sangat bernuansa Balada. Menurut saya Touch versi Original sangat dipaksakan menjadi Single Dancey untuk tetap menjunjung tinggi citra Miss A yang selalu tampil dengan tarian istimewa padahal jika JYP ingin hal yang baru untuk Miss A bisa saja Track Ballad menjadi sesuatu yang sukses contohnya saat YGE mempromosikan Lonely milik 2NE1.

Kesimpulannya Mini Album Touch adalah sebuah karya mutakhir dari Miss A yang patut diacungi jempol dari berbagai segi, produksinya matang dan sangat hati – hati bahkan menurut saya lebih baik dari album rekan mereka Wonder Girl. Ada kemajuan pesat dari proyek – proyek Miss A sebelumnya, Miss A telah lahir dalam Format yang baru, lebih Fresh dan seksi dengan musik yang menjanjikan. Miss A memiliki potensi yang besar dapat dilihat dari kualitas vokal mereka yang mampu menghasilkan bunyi yang harmonis juga dilengkapi dengan Skill menari masing – masing personil yang tak perlu diragukan lagi. Miss A tinggal menunggu momentum yang tepat untuk bersinar di dunia internasional karena menurut saya mereka memiliki kapasitas tersebut ditambah lagu – lagu mereka yang kualitasnya cukup bisa dipertanggung jawabkan. Sorry To Say dalam opini saya Miss A lebih pantas mendapatkan tempat yang lebih baik daripada Wonder Girls ataupun Girls’ Generation.

Touch Official Music Video:

Album Score (4/5)

©writtenbyrioaditomo140312

3 thoughts on “Music Review: Touch EP – Miss A

  1. wow, what should I say? I never knew you give high score for some song. but you give 5/5 for LIPS! it’s believable, agree with you! ^o^

    bener-bener, aku adalah new reader yang baru aja gabung baca-baca disini, dan jarang banget aku baca ada review musik yang nilainya absolute! but now, I find absolute score in LIPS! dan aku setuju banget kalo lagu itu dapet nilai yang absolut!

    lagunya easy listening buat aku dan lagunya punya different concept dari Girlband-girlband lain. lagi pulla lagunya juga gak neko-neko, catchy deh pokoknya😀

    oh ya, aku nyarin buat kak rio buat nyoba dengerin lagunya Ailee yang judulnya Heaven, dijamin gak akan nyesel… (menurutku sih, tapi gak tahu lagi, hehehe XDD) aku harap kak rio terima usulanku dan ndengerin lagunya Ailee yang Heaven… aku pengin tahu pendapat kak rio soal lagu itu, wkwkwk

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s