Music Review: Alive (EP) – BIGBANG



Sebut saya norak atau hidup di jaman batu karena saya tidak begitu mengenal dengan baik Grup Vokal asal Korea Selatan, BIGBANG. Nama BIGBANG sendiri sudah cukup akrab di telinga saya terlebih saya adalah penggemar berat 2NE1 yang notabene pernah berkolaborasi dengan mereka tetapi saya tidak sama sekali menggubris keberadaan Boy Band tersebut. Teman saya sebenarnya sudah mengenalkan musik BIGBANG karena dia sudah suka duluan sejak sering bermain Ayo Dance tetapi saya kadung menyukai Super Junior dan SHInee jadi ada sedikit penolakan dari dalam bawah sadar saya untuk mau mendengarkan karya – karya BIGBANG. Setelah melihat tampilan BIGBANG dalam video klip Lollipop bersama 2NE1 yang terlewat Colorful membuat saya menilai kalau Super Junior lebih Catchy di mata dan SHInee paling Catchy di telinga. Tetapi manusia memang suka terlalu tamak dengan seleranya sendiri dan saya baru – baru ini seperti kualat karena malah dibuat terkagum – kagum dengan BIGBANG setelah melihat video klip Single terbaru dari mereka, Blue.

Cukup curhat tidak penting saya di paragraf sebelumnya intinya dalam Post ini saya ingin membagi ulasan mengenai Mini Album terbaru dari Grup BIGBANG yang telah membuat saya menjadi makhluk paling “Kamseupay” karena baru menyukai Boy Band unik tersebut. Alive adalah tajuk EP (Extended Play) terbaru dari grup yang ternyata sudah eksis sejak 2006 ini. Ada tujuh Track yang terdapat dalam Mini Album yang rilis 28 Februari 2012 lalu ini salah satunya adalah sebuah Intro dan Solo Session dari salah satu personilnya Daesung. Dalam versi iTunes, Alive berisi tiga buah lagu tambahan yakni tiga buah Instrumental Version dari tiga Hit Single-nya, Blue, Bad Boy, dan Fantastic Baby. Seperti biasa dalam rilisan YG Entertainment pasti ada campur tangan Teddy Park yang sukses membawa 2NE1 dalam Form musik yang paling Steady. Kolaborasi BIGBANG dengan Teddy menghasilkan karya – karya yang begitu mudah dicerna di telinga, memadukan Hip – Hop, Electropop, dan R&B dengan amat sempurna sehingga tercipta sebuah mini album yang solid sehingga wajar jika album ini bahkan sampai mampu menggebrak US Billboard Hot 200 karena berhasil menduduki peringkat ke 150 dan membawa nama BIGBANG sebagai musisi Korea pertama yang mampu memiliki prestasi tersebut.


Ada Alive yang meskipun digunakan sebagai Intro tetapi memiliki muatan yang berpotensi dibuat versi panjang dan menjadi Hit dengan balutan 70’s Disco Ambience,  Love Dust yang kental nuansa Electrohop A la The Black Eyed Peas, Ain’t No Fun juga mengedepankan Verse Hip – Hop dengan instrument Electropop dengan Disco Feel yang kuat dan sangat Playful, serta Wings yang menjadi lagu solo Daesung yang memiliki vokal paling kuat dalam grup ini tampil dengan Stand Out dan menggoda pendengar untuk Sing-A-Long dengan sedikit unsur Rock yang dikawinkan dengan Electropop. Lalu bagaimana dengan tiga Single andalan dari Mini Album Alive ini? Berikut ulasan khusus untuk ketiga lagu tersebut lengkap dengan ulasan video klipnya:

Blue (Rilis: 22 Februari 2012) | Song Score (4/5) | Music Video Score (4/5)

Blue merupakan lagu pertama yang membuat saya jatuh cinta dengan BIGBANG karena memiliki komposisi yang begitu Catchy. Dalam opini saya Blue adalah versi kalem dari Ugly milik 2NE1 karena memiliki aransemen yang hampir mirip dan menjadi versi sedikit lelaki dari Lonely milik 2NE1 juga karena temanya yang memang biru dan galau tetapi tetap Macho. Seluruh anggota BIGBANG membawakan bagian mereka dengan baik dan semua memberi nyawa pada lagu ini dari mulai Pre-Chorus, Chorus, Rap Verse, dan juga Bridge-nya. Setiap personil menghidupkan aura Gloomy di dalam lagu ini dan yang paling menonjol adalah vokal ringkih dari Seungri yang begitu membuat lagu ini menjadi sangat pilu. Video klipnya sendiri sungguh luar biasa indah sekaligus berhasil menghadirkan nuansa yang kelam dan dipenuhi kesedihan. Indah karena bisa melihat lanskap pemandangan Brooklyn New York yang di-Capture dalam sinematografi yang memikat dilengkapi dengan penampilan para personil BIGBANG yang meyakinkan dengan Outfit yang Swagging. Kelam dan menyedihkan karena video klip ini begitu menampilkan Mood yang sama dengan lagunya, galau. Dengan Processing warna – warna Soft dan cenderung biru di adegan awal Spring menggambarkan rasa kehilangan yang begitu dalam dan adegan dalam Winter yang mengikutsertakan model bule dilengkapi Tone warna Sepia yang menggambarkan masa lalu yang tragis. Tak heran Single ini All-Kill di Chart musik Korea dan video klipnya mampu meraih jutaan penonton dalam beberapa hari di Youtube.

Bad Boy (Rilis: 29 Februari 2012) | Song Score (3,5/5) | Music Video Score (3/5)


Begitu mendengarkan lagu ini saya langsung jatuh cinta dengan aransemen musiknya yang sangat kental dengan nuansa Hip – Hop yang saya kira hanya musisi berkulit hitam saja yang bisa membuat karya se-Groovy ini. G-Dragon dan Taeyang sama – sama menjiwai lagu macam ini dan terlihat dari cara mereka nge-Rap dan menyanyi, sungguh sangat terasa Hip-Hop dan R&B-nya. Video klip Bad Boy juga menghadirkan Downtown Brooklyn yang sangat Ghetto sekali khas video klip Hip – Hop/R&B dari segi plot, pergerakan kamera, sinematografi, dan segala tekni lainnya memang tidak ada yang istimewa karena sering melihat video semacam ini sebelumnya, mungkin sedikit mengingatkan saya dengan video milik Omarion berjudul Touch pertengahan 2000-an lalu. Yang unik dari video ini adalah BIGBANG sendiri yang notabene-nya orang Asia, berkulit putih, bermata sipit, mereka yang dengan berani membuat video dengan cita rasa Ghetto. Yang saya bayangkan adalah bagaimana reaksi para Rapper dan artis – artis kulit hitam merespon video klip dengan gaya mereka, kultur mereka, dan musik mereka. Saya sih oke – oke saja, tetapi memang sih BIGBANG Couldn’t Do Better tetapi lagunya tetap asik.

Fantastic Baby (Rilis: 7 Maret 2012) | Song Score (3,5/5) | Music Video Score (3,5/5)


Boom Shakalaka, Boom Shakalaka. Itulah bagian yang begitu menempel di kepala saya sampai detik saya menuliskan ulasan ini. Teddy sepertinya ingin membuat sekuel I Am The Best karena Fantastic Baby memiliki pondasi yang hampir mirip dengan lagu milik 2NE1 tersebut. BIGBANG membawakan lagu ini dengan penuh semangat dan aransemen dan komposisi nadanya sendiri yang memang Dancey membuat lagu ini semakin terdengar Fantastic. Daesung menunjukan kekuatan vokalnya dalam lagu ini dan T.O.P membawa kharisma yang begitu melekat lewat timbre vokalnya yang berat dan unik apalagi di bagian Boom Shakalaka. This Song Gonna Pumped Up Your Stereo! Sudah pasti video klip ini juga menampilkan sesuatu yang Fantastic, Wardrobe, Venue, Make-Up, properti, koreografi, sinematografi, dan Visual Effect semuanya rapi dan menarik. Plotnya juga cukup menarik menampilkan Music Geek Versus Anti-Music. Adegan favorit saya adalah saat G-Dragon duduk di singgasana dengan rambut merah panjang A la Rapunzel. Semua personil digambarkan seperti Superhero dengan akses Gothic. Dan saya pikir mereka sebenarnya adalah The Real Superman dengan video klip yang berani dan artistik dibandingkan yang baru – baru ini mengusung tema Superhero hanya sekedar konsep foto untuk album terbarunya. No Offense.

BIGBANG telah membukakan mata saya bahwa YG Entertainment berhasil menciptakan Idola yang tidak melulu tampil menggoda secara visual tetapi lebih mengedepankan kualitas, ciri khas, dan bakat bermusik yang mumpuni. Secara musikalitas BIGBANG memang keren ditambah dengan selera Fashion mereka yang Edgy dan kemampuan masing – masing mulai dari nge-Rap, menyanyi, dan menari. Ya, diluar dari kehidupan pribadi dan pemberitaan yang ada BIGBANG tetaplah BIGBANG yang begitu berbakat dan berpotensi, tak heran mereka mampu mengalahkan Agnes Monica di ajang MTV Europe dan bahkan kali ini BIGBANG telah tampil di Website Grammy.com tidak kecil kemungkinan untuk mereka berkarier di Amerika Serikat. Album Alive ini adalah bukti bahwa mereka pantas mendapatkan posisi yang telah mereka raih sekarang, A Worth To Listen And To Buy.

Mini Album Score (4/5)

©writtenbyrioaditomo17032012

13 thoughts on “Music Review: Alive (EP) – BIGBANG

  1. setuju banget!!!!! saya dulu waktu pertama kali kenal KPop, boyband pertama kali yang saya suka ya Super Junior….dan perasaan saya pertama kali kenal bigbang seperti curhatan author d atas….tapi gak tahunya saya merasa lebih bagusan bigbang dari pada suju (maaf ELF) karena mereka mempunyai talent, gak hanya jingkrak2, lagunya gue banget, no oplas (ndak nyambung) maksudnya gak jual tampang doank, kualitas musiknya bagus, tiap personel bisa nyanyi dan bagus (terbukti pada solo semua) ….😀

  2. gw dari dulu suka big bang n gw juga pernah suka suju tapi cuma bentar bgt n tetep suka big bang.Gw curhat dikit y suatu hr di sklh gw gi ngomongin kpop n karna temen gw itu nyolot bgt gw blg lah klo big bang lebih hebat dari suju(sorry y elf) dengan alasan MTV EMA terus temen gw gk rela akhirny dia tulis di kertas anti big bang y semenjak itu gw jadi anti bgt sama suju tapi sekarang temen gw itu jadi agak suka sama big bang.

    1. Hai Big Bang #1, Suju ataupun BigBang memang memiliki kelebihan dan kekurangan masing – masing. Tapi BigBang memang lebih unggul kalo menurut saya dari segi Fashion dan musikalitasnya.

  3. sama… baru hari ini gw searching tentang big bang dan nemu blog ini.. sebelum nya gw bener bener ga suka dengan BIG BANG karna g jarang denger lagunya dan berpendapat lagunya ‘berantakan’.. dan kemarin di TV di puter salah satu MV nya.. dan setelah tanya sana sini ternyata itu “BLUE”.. Lagunya dalem dan langsung bikin gw jatuh cintrong sama BIG BANG.. hahaha

  4. ceritanaya sama kyak aku, aku ga ngeh banget ttg boy band, tau cuma suju… trus ga sengaja nonton mv ‘blue’..sumpah toh lagu menghipnotis n keren badaii…
    sampai sekarang gue ngikutin mereka… tambah terpesona kerennya mereka…

  5. gak bisa ngomong apa apa lagi lah kalo denger nama BIGBANG, yg ada diotak cuma “Wow Fantastic Baby”

  6. giillaa aja klo ada yg gk tau BIGBANG.. :3
    lahiran abad keberapa bu.. ?
    BIGBANG entuh boy band namber 1 di korea selatan..
    solo karir OKE… !!
    akting OKE.. !!
    badan BAGUS.. !!
    fashion keren jd panutan buat anak remaja.. !!
    lagu’nya fun semua asyik di denger,,,
    jendre’nya berani mulai dr k-pop,blus,hip hop banyak lg deh..
    pokok’nya yg lain kalah ma BIGBANG,,
    BIGBANG DAEBAAAAKK…..

  7. setujuu bgt! jujur awal suka k-pop itu mulanya dr TVXQ (seniornya Suju) abis tu beralih ke Suju, kesan awal ngeliat BigBang “apaan sih ni? boyband kok kya preman!” kena karma deh waktu nonton MV mereka yang judulnya Love Song… akhirnya sedikit demi sedikit mulai cari tau ttg mereka, dan mengakui klo BigBang better than Suju (maaf gk da mksud ya Elf)… sejak itu beralih jd VIP sampe skrng… mereka mmg gk tampan seperti boyband2 lain, tp mereka keren… org tampan belum tentu bs jd keren, tp org keren mw gaya apa aja enak dipandang ->ini menurutku😉
    gk cuma BigBang aja yg keren, fans merekapun (VIP) dijuluki chic and cool fandom… like idol like fans😉

  8. Awalnya saya suka k-pop dari mulai suju, kemudian beralih ke 2pm dan menyangka gak ada yg lbh bagus dr keduanya.
    eh pas liat MAMA (Mnet Asian Music Awards) tahun 2014 (disiarkan di indosiar) saya liat bigbang nyanyi funtastic baby, inghipnotis bangettsss,, trus sy cari” sejarah, biodata, sampe liat video nya di YT, langsuung dah di download ke hp dari mulai Funtastic Baby, Blue, Bad Boy, Last Farewell, Tonight, haru”, banyak lah sampe download MV solonya dari mulai taeyang :My Girl, I need Girl, Wedding Dress n msh banyak lagi dah yg sya download, keren karna fashionablenya n ciri khas masing”, G-dragon dengan gaya anak nakalnya, Taeyang dengan keahlian Dancenya, macem” lah. Smenjak 2014 itu sya jdi VIP n tergila” banget sama taeyang n g-dragon, n satu lagi walaupun karakter mreka di video terlihat nakal, tapi sbenarnya kesehariannya malah sebaliknya, ada personil bigbang yang gak brani pacaran, yaitu taeyang denger” sih.. :v Miss bgt lah sama bigbang. Akhirnya bigbang lah satu”nya k-pop di hati sampe saat ini dan akan selamanya VIP:)
    Love U BIGBANG
    Love U Taeyang :*
    Love U G-dragon :*

Leave a Reply

