Music Review: Part of Me – Katy Perry


Part of Me – Katy Perry
(Song written by Katy Perry, Bonnie McKee, Max Martin, & Lukasz Gottwald)
(Music video directed by Ben Mor)
(Produced by Dr. Luke, Max Martin, & Cirkut)

I wrote it two years ago, which is funny because everybody is like ‘God, it sounds so current’ ,and some people that I work with were like ‘You should just say you wrote it a couple of weeks ago.’ I’m like ‘I’m not a dick, I’m going to tell the truth.’ I wrote it two years ago when I was writing and recording Teenage Dream,[but] it didn’t feel right on the record. I would’ve had to take out one of my other songs that [made the album] a nice, complete package.
Katy Perry, on MTV about Part of Me song-

Katy Cats alias penggemar Katy Perry pasti sedang tergila – gila dengan karya terbaru penyanyi idola mereka. Part of Me, Single terbaru dari wanita cantik asal Amerika Serikat ini memang sudah begitu sering berkumandang di radio – radio seluruh dunia bahkan lagu ini langsung debut di posisi pertama Billboard Hot 100. Musik yang ringan, bergaya khas Katy Perry dan Dr. Luke, dan Chorus yang menghipnotis telah membuat lagu ini banyak dicintai. Pada kesempatan kali ini, saya akan mengulas lagu yang masuk ke dalam rilisan ulang album Teenage Dream yang sangat sukses itu.

Part of Me sepertinya tidak begitu asing bagi segelintir orang atau para penggemar sejati Katy Perry karena versi Demo lagu ini sudah bocor di Internet sejak sekitar Desember 2010 lalu. Lagu ini diperdengarkan pertama kali di ajang Grammy Awards pada 12 Februari 2012 lalu dimana Katy Perry membawakannya langsung di atas panggung. Pada awal Maret lalu Part of Me langsung debut di posisi tertinggi Billboard Hot 100 tetapi sayangnya tidak bertahan lama meskipun begitu dengan prestasi tersebut nama Katy Perry semakin bersinar di industri musik saat ini.

Masih membawa semangat Teenage Dream, Part of Me dibalut dalam nuansa yang ceria dengan aransemen Pop-Dance-Rock A la Katy Perry dan Dr. Luke. Part of Me adalah lagu bertema Girl Empowering yang menceritakan tentang seorang gadis yang sering disakiti oleh kekasihnya lalu akhirnya gadis tersebut sadar dan berhenti dipermainkan oleh cinta. Lagu ini ditulis Perry sekitar dua tahun lalu tetapi seakan – akan lagu ini diciptakan khusus untuk mantan suaminya Brand Russell. Ya, Part of Me seperti menjadi Anthem anti-galau tersendiri untuk Katy Perry pasca kasus perceraiannya.

Pertama kali mendengarkan lagu ini rasanya tidak ada hal yang istimewa dari komposisi lagu maupun aransemennya. Bagian Verse lagu ini sangat mirip dengan Till The World Ends milik Britney Spears entah mungkin karena ada nama Dr. Luke dan Max Martin yang juga ada dibalik lagu milik Britney tersebut atau memang ada aksi saling sengaja mencontek. Apapun itu bagian terkuat lagu ini ada pada bagian Chorus-nya yang mengalun khas lagu – lagu Katy Perry lainnya tetapi menurut saya tetap saja Chorus-nya tidak membuat lagu ini menjadi karya yang sensasional seperti Single Katy Perry sebelumnya. Jika anda tidak setuju dengan saya, mungkin kuping saya saja yang sudah mulai jengah dengan lagu – lagu Dr. Luke yang makin lama makin tipikal seperti Melly Goeslaw.

Saya berharap video klip Part of Me mampu mengobati rasa kecewa saya akan lagunya yang So-Called Ordinary tetapi ternyata sama saja. Video klip Part of Me yang disutradarai oleh Ben Mor ini ditayangkan perdana sejak 21 Maret lalu dan mengambil setting militer seperti film G.I. Jane dengan kisah yang dibuat sangat tidak dramatis. Dikisahkan Katy Perry memergoki kekasihnya sedang berdekatan dengan rekan kerjanya lalu Katy marah – marah. Disebuah Mini Market, Katy terinspirasi untuk mengikuti pelatihan menjadi anggota pasukan Corps marinir. Sekejap setelah itu Katy sudah mengikuti serangkaian proses menjadi tentara dan akhirnya Katy pun bernyanyi dibawah bendera Amerika Serikat.

Tema militer memang cocok digunakan dalam video klip ini karena sesuai dengan isi lagunya tetapi banyak hal yang membuat video klip ini terkesan aneh dan terlalu dipaksakan. Saya lebih tertarik jika konflik antara Katy dan kekasihnya lebih dramatis karena sangat sepele sekali permasalahan yang dihadapi pasangan ini hingga Katy rela memotong rambut dan menjadi tentara. Selain konflik yang kurang dramatis, saya sangat terganggu dengan adegan – adegan Katy bernyanyi dibawah bendera yang terlihat sangat centil menjadikannya kontras dengan tema video yang ingin memperlihatkan ketangguhan wanita. Tak ketinggalan adegan yang melibatkan jam tangan yang sepertinya menjadi sponsor utama dalam video klip ini yang membuat setiap adegan dipaksakan untuk memperlihatkan Katy mengenakan jam itu di lengannya. Walaupun banyak hal yang kurang tetapi Katy Perry tetap memainkan perannya sebagai tentara wanita dengan cukup baik meskipun banyak mengingatkan saya dengan karakter yang diperankan Demi Moore di film G.I. Jane dan Katy masih terlihat terlalu cantik dan manis sebagai seorang anggota militer.

Entah apa yang terjadi pada Katy Perry, apakah Ia sudah mulai kehilangan taji-nya? Apakah saya sudah terlalu bosan dengan karya – karya dari Era Teenage Dream? Atau memang Part of Me ini memang Overrated? Part of Me dari lagu dan video klipnya tidaklah sebuah karya yang buruk tetapi untuk seorang penyanyi dengan prestasi yang banyak pasti akan menimbulkan ekspektasi yang besar dari penggemar dan ketika keluar Single ini malahan terdengar monoton dan sangat biasa saja, Pop yang generik. Tapi bisa dimaklumi karena Part of Me bukan materi album baru dari Katy tetapi melanjutkan kesuksesan Teenage Dream, kalau sampai pada album selanjutnya Katy Perry masih terdengar seperti ini rasanya akan sangat mengecewakan.

Part of Me Lyrics – Katy Perry:

Days like this I want to drive away
Pack my bags and watch your shadow fade
You chewed me up and spit me out
Like I was poison in your mouth
You took my light, you drain me down
That was then and this is now
Now look at me

Chorus:
This is the part of me
That you’re never gonna ever take away from me, no
This is the part of me
That you’re never gonna ever take away from me, no
Throw your sticks and stones
Throw your bombs and blows
But you’re not gonna break my soul
This is the part of me
That you’re never gonna ever take away from me, no

I just wanna throw my phone away
Find out who is really there for me
You ripped me off, your love was cheap
Was always tearing at the seams
I fell deep and you let me drown
But that was then and this is now
Now look at me

Chorus:
This is the part of me
That you’re never gonna ever take away from me, no
This is the part of me
That you’re never gonna ever take away from me, no
Throw your sticks and stones
Throw your bombs and blows
But you’re not gonna break my soul
This is the part of me
That you’re never gonna ever take away from me, no

Bridge:
Now look at me I’m sparkling
A firework, a dancing flame
You’ll won’t never put me out again
I’m glowing oh whoa
You can keep the diamond ring
It don’t mean nothing anyway
In fact you can keep everything
Yeah yeah, except for me

Chorus:
This is the part of me
That you’re never gonna ever take away from me, no
This is the part of me
That you’re never gonna ever take away from me, no (away from me)
Throw your sticks and stones
Throw your bombs and blows
But you’re not gonna break my soul
This is the part of me
That you’re never gonna ever take away from me, no

This is the part of me (no)
(away from me) This is the part of me
Throw your sticks and stones
Throw your bombs and blows
But you’re not gonna break my soul
This is the part of me
That you’re never gonna ever take away from me, no

Katy Perry Part of Me Official Music Video:

Song Score (2/5) | Music Video Score (2,5/5)

©writtenbyrioaditomo020412

7 thoughts on “Music Review: Part of Me – Katy Perry

  1. oya, tambahan..ada adegan yang sangat menganggu jg yaitu jam tangan Katy yg berpindah dari kanan ke kiri ke kanan lagi..haduhhh..

  2. “Katy Cats alias penggemar Katy Perry pasti sedang tergila – gila dengan karya terbaru penyanyi idola mereka”. Aduh, please deh… lagu ini menurutku gak banget! buat Katy Perry. one thumbs down buat lagu ini, soalnya tiap denger lagu ini malah pengin dengerin lagu Katy yang The One That Got Away. lagunya gak ngena buat aku pribadi. apalagi video klip yang jadi pertanyaanku adalah waktu si Katy motong rambutnya sendiri itu kan gak rapi, tapi kenapa waktu masuk militer (waktu di kamar, lagi treak2) rambutnya kenapa bisa jadi rapi banget? weird video clip =_=

    jujur, aku prefer ke The One That Got Away daripada lagu ini =_= pembukaan lagunya juga gak terlalu jauh dari TOTGA, kayak ada dentingan “duss duss duss”-nya gitu (menurut pendengaranku) really disappointed!

    untung aja suara Katy Perry mendukung, kalo nggak? gimana sama nasib lagu ini coba?

    1. In My Humble Opinion, Thinking of You, The One That Got Away, Teenage Dream, dan Fireworks adalah lagu – lagu terbaik Katy sampai saat ini dan setuju kalo The One That Got Away jauh lebih bagus secara materi vokal, lirik, dan musiknya. Soal potongan rambut, mungkin ada bagian dimana Katy datang ke tukang pangkas rambut tanpa sepengetahuan kita. hehehehe..

  3. Lagu ini bagus lah,cuman orang tuli aja yang bilang jelek,hah suara katy perry di bilang bagus? Justru sebaliknya,mgkin karena ke catchy’an lagunya sehingga suara katper terdengar bagus,nikmati lagu bukan cuman sekedar dngerin lagunya doank,tapi maknai liriknya !

    1. Halo Mas Romi, terima kasih sudah mampir di Blog saya. Terima kasih atas pendapat mas. Lagu Part of Me tidak jelek tetapi untuk masuk level bagus menurut saya masih jauh, lagu ini terlalu tipikal Pop Generik yang membosankan. Lagu – lagu Katy Perry sebelum ini justru bisa dikatakan lebih bagus. Soal makna banyak lagu lain dengan tema Girl Empowering ataupun Self Empowering yang secara lirik justru banyak sekali yang jauh lebih bagus daripada Part of Me dengan tema yang sama lagu Fighter dari Christina Aguilera punya lirik yang lebih dalam dan emosional. Semua memang kembali ke selera masing – masing.🙂

  4. Kalau saya sih sedari awal memang menyukai Katy Perry ya, jadi saya selalu kagum dengan video clip nya juga. Menurut saya video clip katy perry hampir sebagian besar terlihat sungguh-sungguh. Dia terkesan menjiwai di setiap lagu dan video clipnya.
    Kalau melihat kekurangan dari sebuah MV apapun it’s OK. tapi cobalah berfikir, ini adalah video clip. Komen di atas ada yg mengatakan permasalahan rambut menjadi rapi atau jam tangan yg berpindah-pindah, menurut saya tidak begitu penting. Karena ini MV, tidak mungkin kan dijelaskan secara detail sehabis Perry keluar dari kamar mandi lalu pergi ke salon untuk merapikan rambutnya atau ada adegan bercakap-cakap yang mengakibatkan penonton tau kenapa jam tangan Perry berpindah-pindah?🙂

    Komenlah dengan memiliki wawasan luas, karena dengan begitu perdebatan atau apalah menjadi searah. Jika si penulis blog ini mengkomentari tentang bagaimana sedikit ketidaknyambungan antara lirik dan MV, ada baiknya komen-komen yg ada tidak jauh dari apa yg ditulis penulis🙂

    Maaf saya hanya mengkomentari ini saja🙂

    Regards.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s