Music Review: Heaven – Ailee



Lee Ye Jin atau lebih dikenal dengan nama Ailee adalah penyanyi pendatang baru di skema musik Korean Pop alias K-Pop. Namanya mungkin masih belum setenar IU atau Hyuna tetapi bakat dan kemampuannya berolah vokal dan berakting bisa dikatakan lebih dari standar pendatang baru. Ailee lahir di Denver, Colorado, pada 30 Mei 1989 dan tumbuh di New Jersey, Amerika Serikat. Gadis berparas cantik ini memulai karier bermusiknya sejak dini di New Jersey dan Ia semakin dikenal sejak membuat kanal di Youtube dengan nama “aileemusic” yang berisi Cover lagu – lagu dari nyanyi lain salah satunya The Climb milik Miley Cyrus. Kemahiran Ailee berolah vokal menarik perhatian Tae Jin Ah pemilik YMC Entertainment yang lalu membawa Ailee untuk dilatih menjadi idola Pop di Korea Selatan. Beruntung, Ailee mendapatkan mentor seorang penyanyi R&B kenamaan Korea, Wheesung, yang semakin mengasah bakat Ailee bernyanyi dengan lebih Soulful dengan kemampuan vokalnya yang mumpuni.

Perjalanan karier Ailee di industri musik Korea tidaklah Instant, Ia sempat mengisi vokal untuk Single Wheesung, They Are Coming, dan juga mengikuti serangkaian acara teleivisi. Ailee sempat mengikuti kontes di sebuah televisi di Korea Selatan dan lagu Halo milik Beyonce yang dibawakannya menjadi sebuah penampilan yang tak terlupakan. Ia baru mencapai ketenaran ketika pada awal tahun ini terpilih sebagai pemeran di serial Dream High 2 dan kemudian merilis Single perdananya berjudul Heaven pada awal Februari silam. Single Heaven sendiri sudah begitu dikenal di masyarakat Korea Selatan meskipun tidak mencapai posisi juara di berbagai tangga lagu disana dan juga di Billboard K-Pop.


Saya mengenal Ailee baru – baru ini ketika seorang pembaca memberikan rekomendasi untuk mendengarkan lagu Heaven milik Ailee. Heaven memiliki lirik yang menyentuh yang menceritakan kisah jatuh cinta yang begitu dalam kepada seseorang dan Ailee mampu memberikan pesan itu lewat caranya bernyanyi. Saya begitu terpesona oleh kemampuan vokal Ailee yang memikat. Heaven dibuka dengan dentingan piano dan vokal yang memikat dari Ailee yang sangat bersinergi menghasilkan harmonisasi yang begitu cantik. Memasuki Verse, Heaven memiliki aransemen yang terdengar sangat Ryan Tedder-ish layaknya Halo, Love Is A Battlefield, dan serangkaian lagu lainnya karya Ryan Tedder dengan dentingan piano dan Drum Beat yang terdengar sangat dominan. Kekuatan lagu ini terdapat pada vokal Ailee yang sangat luar biasa. Ailee tahu benar bagaimana bermain dengan dinamika pada vokalnya, dimana Ia harus melembut, dimana Ia harus mengeraskan suaranya. Intonasi dan improvisasinya dalam lagu ini juga terdengar pas tidak berlebihan tetapi juga tidak kurang, Ailee mampu mencapai nada – nada tinggi dengan baik seperti saat Overtune setelah bagian Bridge.

Ketika melihat video klip Heaven milik Ailee ini pada awalnya saya merasa kecewa karena setelah lagunya yang mengingatkan pada Halo milik Beyonce, video klipnya juga memakai sinematografi yang mirip – mirip dengan video klip Halo tetapi ketika video klip ini memberikan Twist pada Endingnya saya merubah persepsi saya, Endingnya cukup Surprising. Plotnya sangat sederhana Ailee digambarkan sedang begitu dalam memadu kasih dengan pacarnya lalu di Ending ternyata yang selama ini ada bersama Ailee ternyata kekasihnya yang telah meninggal dunia. Dalam video klipnya Heaven sangat memberikan ruang untuk Ailee memancarkan kecantikan dan kharismanya dari berbagai macam Angle. Video ini menjadi sangat lengkap sebagai sebuah video klip debut dari penyanyi baru karena mampu meng-Capture aura penyanyinya, ditambah jalan cerita yang menarik, dan memberikan gimik yakni penggunaan seorang yang terkenal sebagai Cameo, dalam video klip ini Ailee memboyong Gi Kwang personil Beast sebagai model video klipnya.


Modal menjadi idola dan penyanyi yang luar biasa telah dimiliki Ailee, vokal yang prima, musik yang diusung sangat Pop sekali, keadaan fisik yang sangat menunjang, selain itu tambahan lainnya adalah kemampuan berakting. Apa yang kurang dari Ailee? Ia hanya tinggal menunggu momentum yang tepat, lagu yang tepat, dan kesempatan juga keberuntungan niscaya Ailee bisa diramalkan akan menjadi bintang Pop Korea yang digilai penggemar bahkan potensinya yang begitu besar tidak menutup kemungkinan membuatnya kembali ke Amerika Serikat dan sukses berkarier disana. Masa depan Ailee masih begitu panjang tinggal bagaimana caranya bisa meraih semua dengan dukungan manajerial yang baik. Heaven adalah karya debut yang tidak mengecewakan dari segi musik maupun video klip, sebuah paket lengkap untuk mengenalkan produknya dalam hal ini adalah Ailee sebagai penyanyi. Semoga Single selanjutnya dapat dikemas lebih menarik, tidak memberikan citra Ailee sebagai Beyonce Wannabe. Saya sangat menunggu hasil karya lainnya dari Ailee, Single, EP, atau Studio Album. She’s Gonna Be A Big Star.

Ailee – Heaven Lyrics:

Niga ittneun gose nado hamkke halge
Niga ganeun gose nado hamkke galge

Neol wihaeseo maeil utgo neol wihaeseo gidohago
Ni saenggage jamdeulgo neol bureumyeo nuneul ddeo
Nae yeopeseo jikyeojugo nae yeopeseo gamssajuneun
Neon naui cheongugingeol

You’re my only one way
Ojik neoreul wonhae naega ni gyeote isseume gamsahae
You’re the only one babe
Himdeun sesang soge sarangeul alge haejun
Neo hanaro naneun haengbokhae

Heaven Heaven Heaven Heaven Heaven
Heaven Heaven Heaven Heaven Heaven
Uri hamkkeramyeon we will never cry never never cry

Heaven Heaven Heaven Heaven Heaven
Heaven Heaven Heaven Heaven Heaven
Yeongwonhi duriseo never gonna be alone

Ni pumeseo sumeul swigo ni pumeseo ip matchugo
Ni moksoril deureumyeon ggum gguneun geot man gata
Ni nuneseo al su isseo ni sarangeul al su isseo
Neon naui cheongugingeol

You’re my only one way
Ojik neoreul wonhae naega ni gyeote isseume gamsahae
You’re the only one babe
Himdeun sesang soge sarangeul alge haejun
Neo hanaro naneun haengbokhae

Heaven namanui saram geurae nareul jikyeojul saram
Eoddeon seulpeumdo eoddeon apeumdo
Neowa hamkke handamyeon
Eoneu nugudo nan bureopji anha
Ddeollineun du soneul jabajwo
Naega saneun iyu neonikka~

You’re my only one way (Woow~)
Ojik neoreul wonhae naega ni gyeote isseume gamsahae (nae gyeote yeah~)
You’re the only one babe (Oh~)
Himdeun sesang soge sarangeul alge haejun
neo hanaro naneun haengbokhae

Heaven Heaven Heaven Heaven Heaven
Heaven Heaven Heaven Heaven Heaven
Uri hamkkeramyeon we will never cry never never cry
Heaven Heaven Heaven Heaven Heaven
Heaven Heaven Heaven Heaven Heaven
Yeongwonhi duriseo never gonna be alone
Oh, so alone

Ailee – Heaven Official Music Video:

Song Score (3/5) | Music Video Score (3/5)

©writtenbyrioaditomo

11 thoughts on “Music Review: Heaven – Ailee

  1. song review that I wait so long! I love her song and voice! she will be lovable by all people ^o^ trust me! >,<

  2. Setuju mas, dia keren banget, barusan saya juga post di blog saya beberapa video dia, baru malam ini saya tahu ada penyanyi sehebat dia muncul di korea, DAEBAK lah pokoknya (daebak itu hebat kalo kata orang korea…hehe)…

  3. Kak Rio! Kak Rio! (lari2 keliling kampung) ada lagu baru, tapi K-Pop sih lagunya 4Minuute judulnya Volume Up. aku kasih score ‘3.5’ buat lagunya dan buat MV (Music Video) aku kasih score ‘4’ hohoho, itu sih penilaianku (=,=)

    aku harap kakak mau bikin reviewnya (^o^) terima kasih…

  4. Pertama denger lagu’a brsa rrr…..bagus bgt, vokal’a itu lho bikin ktghn denger’a
    smga dia makin sukses….

  5. klo menurut aku ya, lagunya emang enak suaranya juga enak CUMA ada satu yg tidak dimiliki ailee sbg ‘penyanyi’ yaitu ciri khas. coba k’rio buka youtube ttg penyanyi2 korea, pasti se-alaiumgambreng yg kyk dia. Itu dia yg membuat dia susah terkenal apalagi untuk go iternasional.
    Contoh yg paling mudah, kyk IU, tanpa kita lihat orangnya, dr musik &suaranya kita tahu dia IU.
    dari IND jg kyk review kakak, agnes monica yg bisa whistle register,musik powerfull, soul &dance membuat dia diterima go internasional

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s