Movie Review: Being Flynn (2012)


Being Flynn | Paul Weitz | Rpbert DeNiro, Julianne Moore, Paul Dano, & Olivia Thirlby | 2012 | Focus Entertainment | Picture belong to AceShowbiz.com

“If you lose yourself, Dig.”
-Nick Flynn, Paul Dano-

Letakkan posisi Anda menjadi seorang anak usia awal 20-an yang mencari – cari sosok Ayah kandung tapi tak kunjung datang. Bayangkanlah apa yang harus Anda lakukan jika suatu saat Ayah yang dicari – cari keberadaannya datang ke panti sosial tempat dimana Anda bekerja? Bukan hanya itu, Ia datang sebagai sosok gelandangan yang meminta tempat untuk tinggal demi menghindari dinginnya udara malam hari. Menyedihkan dan rumit, itulah yang dirasakan oleh sosok Nicholas Flynn yang kemudian Ia bukukan dalam bentuk Memoir bertajuk Another Bullshit Night in Suck City pada tahun 2004. Buku tersebut sukses meraih banyak perhatian penggemar karya sastra sampai akhirnya dibentuk dalam format Film layar lebar pada tahun 2012 ini.

Being Flynn adalah judul film yang diadaptasi dari kisah nyata Nicholas Flynn (Nick Flynn) yang akhirnya bertemu dengan sang Ayah, Jonathan Flynn, dalam sebuah situasi dan kondisi yang begitu rumit setelah belasan tahun tak pernah bertemu. Film ini dibintangi oleh aktor gaek yang kualitas aktingnya sudah tak perlu diragukan lagi, Robert DeNiro, yang berperan sebagai Jonathan Flynn. Di barisan pemain lainnya Paul Dano dan Julianne Moore mengisi peran masing – masing sebagai Nick Flynn dan Jody Flynn. Kursi sutradara dipercayakan kepada Paul Weitz yang pernah sukses menyutradarai American Pie (1999) bersama saudaranya Chris Weitz.

Paul Weitz berhasil membawa film ini menjadi mengalir apa adanya, Ia menceritakan kisah Nick Flynn dengan perlahan – lahan tapi emosinya benar – benar terasa. Screenplay yang ditulisnya juga cukup baik di visualisasikan dalam bentuk gambar bergerak dengan Tone warna yang gelap dan suram, sungguh memberi ruang bagi penonton untuk berempati pada tiap tokohnya. Bukan hanya balutan kisahnya saja yang memang sudah kuat, Mood penonton juga diyakinkan dengan tata sinematografi arahan Declan Quinn yang memberikan sajian Visual yang saling mendukung dengan isi naskahnya. Peran Badly Drawn Boy sebagai penata musik latar Being Flynn ini juga bukanlah sebuah pengisi ruang kosong dibalik ceritanya, musik yang dibuat begitu mendukung Mood film yang memang depresif. Coba dengarkan lagu Coming To Your Senses di Credit Title begitu brilian. Sebelumnya Weitz dan Badly Drawn Boy memang pernah bekerja sama untuk film About A Boy di tahun 2002, ya 10 tahun yang lalu, maka ini mungkin proyek reuni mereka dengan Purpose membuat karya sebaik About A Boy.

Picture Belong to The HollywoodReporter.com

Tim produksi yang solid tidak akan benar – benar berhasil jika karakter – karakter dalam kisah filmnya tidak diperankan dengan baik oleh jajaran aktor dan aktris yang dipercaya untuk beradu akting. Untunglah Paul Weitz memiliki jajaran pemain yang berhasil menghidupkan karakter – karakter di film ini. Robert DeNiro yang pernah bekerja sama dengan Weitz di film Little Fockers (2010) benar – benar memerankan tokoh Jonathan Flynn dengan penuh kharisma, ya DeNiro memang selalu berakting dengan jenius. Julianne Moore? Siapa yang bisa menyangsikan kualitas aktingnya, Ia benar – benar mencuri perhatian dengan aktingnya yang brilian padahal porsi dalam film ini tidak sebanyak DeNiro maupun Dano. Berbicara soal Paul Dano saya teringat aktingnya yang meyakinkan dalam salah satu film favorit saya, Little Miss Sunshine sebagai kakak Abigail Breslin. Setelah itu saya tidak begitu tahu perjalanan karier berakting pria berusia 28 tahun ini. Ternyata Paul Dano mampu berakting dengan baik dan mampu mengimbangi DeNiro dan Moore. Aktris muda Olivia Thirlby, meskipun mendapat sedikit porsi dalam film ini mampu mendeskripsikan karakter Denise, Love Interest dari Nick Flynn dengan baik.

Kisah yang dipaparkan Being Flynn memang akan terkesan cengeng dan digambarkan dengan mendayu – dayu dan lambat tetapi saya begitu menikmati sajian sepanjang 102 menit ini dengan  khidmat., bahkan adegan yang penuh emosional juga tidak ditampilkan menjadi tontonan yang cengeng. Akting, musik latar, dan cerita berbaur dalam sajian visual yang memang mengundang empati sampai berujung dengan inspirasi. Di penghujung kisah memang terkesan dipaksakan dan saya sempat berujar, “Kok seperti ini?”, tapi apa mau dikata memang kisah sejatinya berakhir seperti itu. Yang terpenting dari kisah Nick Flynn ini saya pribadi mendapatkan beberapa pelajaran tentang hidup, tentan hubungan bersama keluarga, dan yang terpenting How To Deal With My Own Self. Overall Filmnya tetaplah sajian yang menyentuh dan cocok untuk disaksikan bersama keluarga saat berkumpul bersama. A Really Nice Drama.

Movie Score (3/5)

©writtenbyrioaditomo110912

5 thoughts on “Movie Review: Being Flynn (2012)

  1. kecewa ah sama film ini..pengen liat Julianne Moore ,,ternyata perannya dikit bgt…TT
    Paul Dano emang bgus…di There will be Blood juga dpet bgt tuh jd evangelis nyebelin,tapi kayanya mukanya aga aneh kali ya..hehe jadi kurang populer gmna gtu orgnya

    1. Hai Nugros. Justru kalo saya sih Surprised sama kehadiran Julianne Moore yang malah ngasih akting yang prima meskipun sedikit porsinya. Saya suka Chemistry Dano-Moore-DeNiro kaku, dingin, dan menyimpan kesakitan dengan baik. Saya belum nonton Dano di film lain selain Little Miss Sunshine tapi aktingnya emang menjanjikan banget disini, soal bentuk mukanya sih gitu deh. Hahhaha.. Cocok jadi anaknya DeNiro, unik karakternya.

      1. hehe, ane sbg fans Julianne (ehm…dia Dewi film no.2 setelah Meryl di hati ane, LOL) kecewa aja kirain bakal eksis dia disini, ternyata…pergi untuk slamanya..^^

        Wah..coba tonton There Will Be Blood gan..Dano bgus bgt disitu, penampilan terbaik dia malah ,pengen ane timpukin deh ..songong bgt soalnya karakternya
        (cuma ya itu…bayang2 akting Daniel Day Lewis terlalu besar di TWBB,, jadi bgusnya Dano ga diperhatiin amat sma org2 )

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s