Music Review: Invitation (EP) – Ailee


Source: Allkpop

Masih terdengar jelas alunan nada – nada penuh cinta yang menggebu dari Ailee lewat Heaven yang dirilis pada awal tahun 2012 lalu. Heaven menjadi salah satu Digital Single yang paling sukses di Korea Selatan sepanjang tahun ini dan Ailee dinobatkan sebagai salah satu Most Favorite Rookie di tahun 2012 bersama dengan Boyband EXO asuhan SM Entertainment. Dengan predikat dan pencapaian yang luar biasa sebagai pendatang baru tentunya berdampak pada ekspektasi orang – orang yang mulai menyukai sosok gadis yang memiliki nama Korea Lee Ye Jin ini. Saya adalah salah satu dari banyak orang yang menyukai Ailee dan begitu mengharapkan sebuah karya debutnya dalam bentuk album yang mampu melebihi Heaven. Sebagai pemanasan Ailee sempat membantu duo vokalis 2BiC dalam Single Love Again dengan mengisi bagian Rap dan Bridge-nya dan Ailee sekali lagi mampu menegaskan bahwa talentanya benar – benar luar biasa bahkan Ia mampu nge-Rap dengan amat baik. Lagi – lagi saya harus menaruh ekspektasi yang lebih tinggi untuk debut album Ailee.

Penantian pun berakhir pada 15 Oktober lalu, Amy Lee alias Ailee akhirnya merilis Mini Album pertamanya bertajuk “Invitation”. Awalnya saat melihat Promotional Cover untuk “Invitation”, saya agak sedikit ragu karena menampilkan Ailee dengan dandanan menor dan Wig yang estetikanya jauh sekali dari Cover Heaven yang sederhana tapi cantik. Untungnya Cover “Invitation” yang sesungguhnya tidak terlalu mengecewakan, ada nuansa Retro dalam Cover tersebut. Saya akhirnya menerima undangan Ailee untuk mendengarkan karnaval musiknya yang saya perkirakan akan penuh dengan sajian vokal akrobatik. Dengan ekspektasi dan rasa penasaran yang tinggi akhirnya saya mengarungi 20 menit dalam “Invitation” yang berisi enam buah lagu termasuk Heaven.

Source: Allkpop

Album EP “Invitation” dibuka dengan Single jagoannya, I Will Show You. Pertama kali mendengarkan Intro-nya yang begitu melodramatis dengan dentingan piano dan lirihnya suara Ailee, saya berpikir bahwa Ia akan memberikan sajian balada penuh kegalauan. Sejurus kemudian ketika memasuki bagian Chorus ternyata saya salah, I Will Show You bergerak dinamis menuju tempo cepat yang menghentak dan Empowering. Selain nada yang optimis dalam musiknya, liriknya pun memberikan Feel yang sama dengan mengambil tema Girl Power. Dengan cantik Ailee menjangkau nada – nada tinggi dan secara tepat memainkan dinamika pada vokalnya. I Will Show You seketika menjadi Disco-Tune yang seakan – akan menjadi Homage untuk Disco-Gay-Women-Anthem terpopuler sepanjang masa I Will Survive milik Gloria Gaynor dengan pendekatan A la Hush – Hush-nya The Pussycat Dolls.

Sayangnya kemegahan dan kecantikan vokal Ailee serta musiknya yang Dancey dalam I Will Show You ini tidak dibarengi dengan tampilan visual yang greget dalam video klipnya. Bukan video klipnya tidak menarik tetapi terlalu biasa dari segi jalan cerita padahal dengan ide cerita yang klise tetap bisa ditampilkan dengan lebih baik jika diberi Gimmick misalnya dari segi Wardrobe atau koreografi yang apik. Baju – baju yang digunakan Ailee sepertinya bekas pakai Sistar dari Era So Cool. Saya akui Ailee memang berbakat, cantik, suaranya bagus, akting pun mumpuni, nge-Rap juga oke, tetapi tidak dalam hal menari. Ya, meskipun Ailee sudah bisa menari lebih baik jika dibandingkan saat masa – masa Ia mempromosikan Heaven tetapi tetap saja Ia bukan penari yang baik dan luwes. Mungkin bagi sebagian penggemar wanita penampilan G.O dari MBLAQ sebagai model dalam video klip ini adalah daya tarik tersendiri. Chemistry serta kekonyolan Ailee dan G.O, juga kemolekan tubuh serta mimik cantik Ailee adalah nilai lebih untuk MV I Will Show You ini.

Source: Here

Soal ekspektasi saya untuk sementara pada lagu pembuka bisa dipuaskan tetapi tidak pada lagu – lagu selanjutnya. Alunan tembang – tembang lainnya mengalir begitu saja tanpa membekas di telinga saya. Tidak ada yang salah sebenarnya dan lagu – lagu yang tersisa bukanlah karya yang sama sekali buruk dan sampah tetapi semua hadir seperti hanya sekedar bagus atau Filler belaka karena tidak ada potensi untuk menjadi Hits. Ailee membawa nuansa musik Smooth R&B lengkap dengan hadirnya Rapper tamu (Verbal Jint, Swings, dan Simon D) dalam tiga lagu dalam Mini Album ini yakni Storm, My Love, dan Shut Up. Storm hadir paling lemah, lagu ini menurut saya sangat biasa dan tidak membekas meskipun Ailee membawa nuansa Rap/R&B A la Jennifer Lopez dalam lagu Hold You Down. Bagaimanapun saya berusaha mencerna Storm tetapi entah mengapa hanya berakhir sebagai yang terlupakan dari EP ini. My Love dan Shut Up lebih renyah dan Ear-Catching untuk dinikmati padahal keduanya membawa Genre yang sama dengan Storm. Shut Up menjadi yang paling menyenangkan dibandingkan My Love dan Storm, jika Storm terlalu biasa maka untuk lagu My Love setiap mendengarkan lagu tersebut saya tidak bisa berhenti membayangkan bagaimana jika Hyorin membawakan lagu tersebut pasti hasilnya akan jauh lebih bagus karena lagunya sangat Hyorin sekali. Bagian Chorus Shut Up adalah alasan saya memilih lagu ini dibandingkan lagu lainnya selain itu lengkingan – lengkingan khas suara Ailee lebih bisa tereksplorasi dengan baik dalam lagu ini.

Satu lagu yang perlu dicatat adalah Evening Sky yang menjadi satu – satunya Pop/Ballad dalam album ini selain Heaven. Karakter vokal Ailee lebih keluar pada lagu – lagu semacam ini, dan yang mempermanis lagu ini adalah ada warna Country Pop A la Taylor Swift dan Lady Antebellum dalam lagu ini dan Pop Disney A la Miley Cyrus atau Soundtrack garapan John Shanks. Evening Sky disajikan dengan vokal akrobat Ailee ditambah Full Band dan Strings Section yang menambah kecantikan sekaligus nilai kegalauan maksimal dalam lagu ini. Petualangan saya dalam pagelaran Ailee dalam Mini Album “Invitation” pun ditutup dengan Heaven yang sudah pernah saya Review dalam Post sebelumnya (Music Review: Heaven – Ailee). Dan dengan berberat hati saya hanya menyukai I Will Show You dan Evening Sky karena mampu mencuri perhatian saya selain Heaven tentunya. Kedua lagu tersebut berhasil tampil Stand Out dan pemilihan I Will Show You sebagai Single andalan dari “Invitation” memang lah tepat adanya.

Berbicara soal ekspektasi lagi secara keseluruhan tentu saja tidak terpenuhi oleh “Invitation” yang masih hadir terlalu aman dan tidak mampu mengeksplorasi bakat dan talenta vokal Ailee. Bisa dimaklumi Ailee dan manajemen pasti masih meraba – raba dimanakah ranah yang cocok untuk Ailee mengembangkan kariernya dalam bermusik. Menurut pendapat saya Ailee bisa menjadi Yoon Mi-Rae yang baru dalam industri musik Korea Selatan karena Ailee sangat cocok dalam menyanyikan lagu – lagu bernafaskan R&B yang kental ditemani dengan kemampuan Rap-nya yang ternyata tidak bisa dianggap remeh. Ya, semoga di album selanjutnya AIlee bisa lebih menggali apa yang ada dalam dirinya. Ailee memiliki kemampuan menyanyi dengan teknik yang baik, mampu mencapai nada tinggi dengan tepat, Rap yang asik, bisa mengawang – ngawang dalam lagu – lagu tempo pelan dan ikut dinamis dalam tempo cepat, ditambah paras rupawan serta lekuk tubuh yang berisi dan seksi, semua itu adalah anugerah hebat yang jarang dimiliki secara Full Package oleh seorang penyanyi jadi sudah seharusnya di eksploitasi tentunya dalam konotasi positif. “Invitation” Is Not A Bad Album But This Is Too Average.

“I Will Show You” Music Video

“I Will Show You” (Single) Score (3/5) | “I Will Show You” (MV) Score (2/5) |
“Invitation” (EP) Score (2,5/5)

©writtenbyrioaditomo191012

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s