Music Review: Ride – Lana Del Rey


Ride – Lana Del Rey
(Song written by Elizabeth Grant & Justin Parker)
(Music video directed by Anthony Mendler)
(Produced by Rick Rubin)

Who are you? Are you in touch with your darkest fantasies? Have you created a life for yourself where you can experience them. I have. I am fucking crazy…. But I am free
Lana Del Rey, Ride Music Video-

Born To Die adalah salah satu album favorit saya tahun ini dan bisa jadi merupakan salah satu album terbaik yang dirilis pada medio 2012. Bagaimana tidak? Album ini hadir dengan cita rasa dan keunikan tersendiri. Lana Del Rey yang pertama kali mendapatkan pengakuan lewat Single Video Games, berani mendobrak dengan musikalitasnya yang berbeda. Dalam album perdananya sebagai Lana Del Rey ini, Ia berhasil memberikan Ambience baru dalam dunia musik dengan mencampurkan berbagai unsur musik dalam karyanya. Del Rey mencampurkan Beat Hip-Hop dengan Strings Section lalu diimbuh dengan vokalnya yang bergaya Nancy Sinatra sehingga tak ada satu Genre yang bisa disematkan pada musiknya, bisa jadi Baroque Pop, Chamber Pop, Hip-Hop, Sadcore, dan lainnya. Selain musiknya, Born To Die juga berisi muatan kecerdasan Lana Del Rey mengolah kata – kata menjadi sebuah barisan lirik yang penuh makna. Lirik – lirik bermetafora, kadang rasanya manis, pahit, getir, dan beberapa ada yang terkesan Cheesy. Yang pasti secara garis besar Born To Die menggambarkan kemuraman yang cenderung depresif keinginan seorang Lana Del Rey untuk mencari cinta, kemudian ingin dicintai, lalu ingin terus mencintai, bahkan ingin berhenti mencintai hubungan yang mengerikan, dan perasaan tak ingin sendirian. Tengok saja Carmen, Summertime Sadness, Born To Die, Blue Jeans, Video Games, dan Without You yang menggambarkan kisah cinta yang ringkih, rapuh, dan dramatis.

Masa keemasan Born To Die yang baru seumur jagung belum berakhir, Lana Del Rey memutuskan untuk menambah amunisi kegalauan  dengan sembilan buah lagu baru yang akan diedarkan November ini dalam bentuk Mini Album berjudul Paradise dan juga dirilis dengan paket Repackage Album, Born To Die: Paradise Edition. Saya yakin alasan mengapa Born To Die di Rerelease dengan tambahan lagu baru adalah untuk mendongkrak penjualan Born To Die sendiri. Mungkin mirip – mirip dengan proyek Ke$ha saat meluncurkan Animal dan Cannibal. Apapun alasannya saya tetap semangat menunggu lagu – lagu lainnya dari Lana Del Rey apalagi setelah akhirnya Del Rey melepas Single andalan pembuka Era Paradise Edition ini, Ride, yang lagi – lagi dilengkapi dengan suplemen visual berupa video klip yang tentunya megah dan unik seperti video – video klip lainnya yang pernah diluncurkan Lana Del Rey sebelumnya seperti National Anthem, Blue Jeans atau Born To Die.

Bagi saya Ride adalah sebuah pengukuhan ciri khas bermusik Lana Del Rey karena lagu ini memiliki corak yang mirip dengan Single – Single Del Rey sebelumnya seperti Blue Jeans, Carmen, Radio, Summertime Sadness, dan Born To Die dengan penghayatan bernyanyi Lana Del Rey yang Soulful. Ride menggambarkan kompleksitas antara cinta dan realitas kehidupan, kisah anak manusia yang mencari cinta dan seseorang untuk tempat bergantung, perjalanan mencari makna kehidupan yang berliku dan menyesakkan, namun akhirnya semua hal tersebut tidak seharusnya menjadi beban karena seberat dan semelelahkan apapun itu yang perlu dilakukan hanyalah mengarungi kehidupan ini dengan apa adanya. Ya, Ride adalah tentang sebuah perjalanan dalam kehidupan yang harus diarungi dan dinikmati pasang surutnya meskipun melelahkan, hampir mirip seperti apa yang Del Rey angkat dalam Single Born To Die, ada dilemma dan kegetiran hati ingin menghentikan kisah yang pedih dalam kehidupan tetapi berujung pada menikmati semua kepedihan dengan cara yang gila karena hidup terus berjalan.

Video klip bagi Lana Del Rey sepertinya bukan hanya sekedar pelengkap, syarat untuk promosi, atau ajang pamer belaka. Gadis bernama asli Elizabeth Grant ini selalu hadir dengan video klip yang unik, bercerita dengan caranya sendiri, dan tentunya selalu menarik dari berbagai segi. Untuk video klip Ride, Del Rey kembali mempercayakan tampuk sutradara pada Anthony Mendler yang pernah membuatkannya National Anthem dan berhasil meraih perhatian banyak orang karena ide ceritanya dan eksekusi yang brilian dari kisah kehidupan John F. Kennedy yang tragis. Dan kali ini kolaborasi Anthony Mendler dan Lana Del Rey kembali melahirkan sebuah Masterpiece yang megah dengan tata sinematografi yang cantik serta premis yang menyentuh menjadikannya sebagai sajian harmoni visual yang begitu memanjakan. Del Rey dikisahkan sebagai seorang penyanyi yang tidak terkenal yang harus hidup tanpa arah, mencari siapa saja yang mau menampung dan membuatnya nyaman. Gadis dengan melodrama yang menyedihkan ini hidup dalam dunia yang liar bersama pria – pria setengah baya yang ditemukan di jalanan, berganti – ganti pasangan hanya demi menyambung hidup. Ia harus mengubur hidup – hidup cita – citanya menjadi penulis puisi dan berakhir menikmati kehidupan yang entah sampai mana ujungnya.


Kisah yang begitu sedih berhasil dimainkan oleh Lana Del Rey yang kini mampu berakting semakin baik dan baik lagi. Video klip berdurasi 10 menit 8 detik ini benar – benar membuat saya tercengang, sajian adegan – adegan Lana Del Rey yang Flaw-Free apalagi ketika Ia memeluk bendera Amerika Serikat benar – benar terlihat seksi belum lagi gambaran visual di awalnya yang memperlihatkan Del Rey berayun – ayun ditengah perbukitan sungguh cantik luar biasa. Sungguh siapapun Director of Photography-nya saya begitu bangga dengan hasil kerjanya menangkap lanskap yang indah dan Angle – Angle yang tak kalah memesona. Entah apakah Ride ini mengambil kisah Lana Del Rey dalam metafora tertentu ataukah ada beberapa bagian yang dijadikan ajang curhat colongan dari Del Rey yang pasti video klip ini luar biasa cantik dan megah. Anthony Mendler berhasil menguatkan pesan yang tersurat dalam lirik lagunya dengan memberikan momen – momen tak terlupakan dalam video klip berupa sajian Frame by Frame yang memikat.

Sepertinya tanpa perlu menuliskan kesimpulan saya pada Posting kali ini sudah dapat ditebak bagaimana saya mengapresiasi karya yang begitu sempurna ini. Well, Ride adalah Single yang begitu menggetarkan dari lirik – liriknya, cara Lana Del Rey membawakan lagunya, hingga aransemen musiknya. Bagian Intro lagu ini dimana Lana Del Rey melakukan Humming sudah mampu membuat merinding kemudian dilengkapi dengan senjata sajian video klip yang tak kalah cantik dan megah. Ini adalah sebuah Masterpiece dari Lana Del Rey menurut hemat saya. Sajian yang tadinya sudah sangat baik secara Audio kemudian menjadi sebuah karya yang sempurna karena dilengkapi hidangan visual yang begitu luar biasa memesona mata, hati, dan telinga saya. Bagian yang paling menampar hati saya adalah Bridge dari Ride yang berbunyi, “I’m tired of feeling like I’m fucking crazy, I’m tired of driving ’till see stars in my eyes, I look up to hear myself saying, Baby, too much I strive, I just ride.” Saya tidak berusaha untuk Preachy tetapi bagian ini begitu menyentuh.


“Ride”

I’ve been out on that open road
You can be my full time, daddy
White and gold
Singing blues has been getting old
You can be my full time, baby
Hot or cold

Don’t break me down
I’ve been travelin’ too long
I’ve been trying too hard
With one pretty song

I hear the birds on the summer breeze, I drive fast
I am alone in the night
Been tryin’ hard not to get into trouble, but I
I’ve got a war in my mind
So, I just ride
Just ride, I just ride, I just ride

Dying young and I’m playing hard
That’s the way my father made his life an art
Drink all day and we talk ’til dark
That’s the way the road doves do it, ride ’til dark.

Don’t leave me now
Don’t say good bye
Don’t turn around
Leave me high and dry

I hear the birds on the summer breeze, I drive fast
I am alone in the night
Been tryin’ hard not to get in trouble, but I
I’ve got a war in my mind
I just ride
Just ride, I just ride, I just ride

I’m tired of feeling like I’m fucking crazy
I’m tired of driving ’till I see stars in my eyes
I look up to hear myself saying,
Baby, too much I strive, I just ride

I hear the birds on the summer breeze, I drive fast
I am alone in the night
Been tryin’ hard not to get in trouble, but I
I’ve got a war in my mind
I just ride
Just ride, I just ride, I just ride

“Ride” Music Video

 

Song Score (5/5) | Music Video Score (5/5)

©writtenbyrioaditom2010112

3 thoughts on “Music Review: Ride – Lana Del Rey

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s