Music Review: Yang Penting Asik – Dewi Sandra


Yang Penting Asik – Dewi Sandra
(Song written by Dewi Sandra)
(Music video directed by Joey Christian, IB Charisma & Heru Admadja)
(Produced by DJ Sumantri)

Jika harus menjabarkan daftar penyanyi Indonesia kesukaan saya pasti akan ada nama Dewi Sandra di dalamnya. Sejak kecil saya sudah terbiasa mendengarkan karya – karya penyanyi kelahiran Brazil 1980 ini. Terhitung sejak duduk di bangku sekolah dasar saya sudah akrab dengan lagu Kurasakan yang video klipnya hampir tiap pagi saya tonton di sebuah stasiun televisi swasta. Kesukaan saya kepada Dewi Sandra semakin tumbuh ketika Ia menelurkan sebuah album bertajuk Tak Ingin Lagi. Ketika membeli album bersampul merah jambu tersebut saya duduk di bangku kelas 6 sekolah dasar. Terhitung sejak saat itulah saya tumbuh remaja seiring dengan perkembangan karier Dewi Sandra.

Di mata saya Dewi Sandra adalah seorang “Ratu R&B” di Indonesia, bagaimana tidak dibandingkan penyanyi sealiran dan seangkatannya seperti Sania, Denada, dan Melly Manuhutu, hanya Dewi Sandra yang masih tetap bisa eksis dan konsisten dengan aliran musik yang diusungnya dalam 16 tahun terakhir. Bukanlah suatu hal yang mudah menata serta mempertahankan eksistensi dalam dunia Showbiz tetapi Dewi Sandra ternyata mampu melakukan itu terhitung ada lima buah album yang telah diluncurkan dan beberapa Single termasuk hasil kolaborasi dengan musisi lain seperti dengan RAN, Neo, Cas, Dimas Beck, Shanty, dan Glenn Fredly pastinya.

Kunci kesuksesan Dewi Sandra mungkin selain dari penampilan fisik yang menunjang, Ia mampu membuktikan semakin lama kualitas vokalnya semakin teruji dibarengi dengan penampilan panggung yang dinamis serta karya – karya musik yang semakin lama semakin berani bereksperimen. Dewi Sandra selalu bertransformasi dalam musiknya meskipun tetap dalam benang merah aliran Rythm & Blues, mulai dari Kurasakan yang sangat R&B Indonesia 90’an, Tak Ingin Lagi yang R&B A la Darkchild di akhir 90’an, Kuakui dengan nuansa Hip-Hop timur tengah yang Hip di tahun 2000-an, I Love You yang gahar dengan sentuhan Rock, hingga Kapan Lagi Bilang I Love You sebuah balada Mellow nan mengiris hati. Dan di tahun 2010-an Dewi Sandra kembali ekspansi dengan eksperimennya menyatukan R&B dengan Dangdut, hasilnya adalah Stop yang dinyanyikan bersama Olla Ramlan yang menyertakan Sample lagu Mimpi Manis karya Almarhum Fazal Dath meskipun hasilnya tetap seperti R&B dengan arsiran timur tengah seperti Kuakui.

Bagaimana jadinya jika Dewi Sandra mengawinkan musik R&B-nya dengan House-Dut (House Dangdut) dan Koplo? Yang Penting Asik adalah jawaban dari hasil perkawinan silang antar aliran R&B yang berasal dari kalangan kulit hitam Amerika Serikat dengan House-Dut/Koplo yang menjadi ciri khas di Indonesia. Single terbaru Dewi Sandra ini memang dari judulnya saja sudah Dangdut sekali apalagi jika diperhatikan liriknya yang Cheesy memang sangat kental nuansa House-Dut-nya. Di awalnya mungkin Yang Penting Asik akan terdengar menipu karena sepertinya akan bermain di ranah Electropop tetapi semua berganti menjadi House-Dut nan dinamis di menit – menit kemudian. Menurut saya Yang Penting Asik memang benar – benar asik untuk bergoyang, Dewi Sandra berhasil mencampur adukkan musik Hip-Hop, R&B, Elektronik dengan Dangdut sesuatu yang mungkin hanya Project Pop yang bisa melakukannya. Bravo DJ Sumantri sebagai produser dan Arranger lagu ini, mantap!

Ceria, Fun, dan asik yang diusung Single Yang Penting Asik diamini oleh penampakan video klipnya yang menurut istilah kerennya Christina Aguilera adalah Tongue-In-Cheek. Video klip Yang Penting Asik benar – benar memberikan sajian visual yang menarik dan Eye-Catching dengan Tone warna – warni dari Wardrobe dan Make-Up yang dikenakan Dewi Sandra. Gosh, Dewi Sandra memang penyanyi Indonesia yang pembawaannya selalu keren dan Swaggie. Lihat bagaimana Ia menghidupkan video klip ini dengan gesturnya yang keren itu. Saya pikir Stylist-nya Dewi Sandra dalam video klip ini yakni James Thornandes mampu memberikan sentuhan magis pada Dewi Sandra sehingga terlihat semakin keren. Yang patut diacungi jempol adalah bagaimana semua yang ditampilkan oleh Dewi Sandra dalam video klip ini benar – benar menyatu dengan baik, kultur luar negri dan Indonesia bersinergi dalam sajian yang nikmat di mata.

Tengok aksesoris dan busana yang digunakan Dewi Sandra, ada topi beraksen Punk, mantel Hoodie dari bahan sarung (yang keren pol!), kalung dan gelang, semua dipadukan pada wajah Bule Dewi Sandra. Tata rambut dari Arnold serta Make-Up hasil karya Adrian Suryapradipa juga tak luput dari bagian keren dalam video klip ini belum lagi Settingan lokasi terminal Truk (yang kental dengan Image Disko Pantura), tembok ber-Graffiti yang Hip-Hop banget, lalu perkampungan yang menggambarkan Indonesia sekali. Semua hal itu berpadu menjadi satu video klip yang luar biasa, mungkin konsepnya mirip dengan video klipnya Solange Knowles yang bertajuk Losing You, bedanya Dewi Sandra memperlihatkan keseharian di daerah Indonesia (lengkap dengan Orkes Melayu Keliling) dan Solange memberikan tampilan kontrasnya yang keren di perkampungan di Afrika yang sederhana.

Well, secara keseluruhan saya sangat puas dengan Single terbaru dari Dewi Sandra ini semoga saja album terbarunya akan segera rilis. Perpaduan aliran House-Dut dengan R&B A la Dewi Sandra ini menjadi istimewa karena didukung video klip yang sempurna untuk ukuran Indonesia, jika saja video klipnya tidak sebrilian itu mungkin lagunya akan tenggelam dan menjadi sebuah lagu yang So-So dan mudah terlupakan. Saya memberikan kredit plus untuk sutradara video klip Yang Penting Asik, Joey Christian, IB Charisma & Heru Admadja serta siapapun itu yang memberikan konsep cerdasnya sehingga kharismanya Dewi Sandra kembali bercahaya seperti pada video klip favorit saya sepanjang masa (termasuk lagunya juga) I Love You. Dengan Single dan video klipnya ini sepertinya memang layak Dewi Sandra memegang tahta Queen of R&B di Indonesia sekaligus menjadi penyanyi wanita paling Swagging di negeri ini. Ayo mari kita bergoyang yang penting asik! Salam jempol!

Lirik Yang Penting Asik – Dewi Sandra

DJ Can You Bring That Record Back For Me?

*

Ayo digoyang..

Ayo digoyang..

Ayo di.. Ayo di.. Ayo.. Ayo.. Digoyang.. (2x)

Chorus:

Ini lebih dari sesuatu

Genggamlah tanganku yang penting.. Asik..

Aku padamu dan kamu padaku

Ayo digoyang yang penting.. Asik

**

Ayo digoyang.. (Oh)

Ayo digoyang.. (Ooh..)

Ayo di.. Ayo di.. Ayo.. Ayo.. Digoyang.. (2x)

Verse

Anggap saja dunia ini milik berdua (Yap.. Yap..)

Hanya dirimu dan diriku disini

Tak usah peduli dengan apa kata mereka (Boom.. Boom..)

Suka – suka waktunya lepas kendali

Pre-Chorus

Yang.. Yang.. Yang.. Yang..

Ayo digoyang

Yang.. Yang.. Yang.. Yang..

Ku sudah melayang

Yang.. Yang.. Yang.. Yang..

Ayo dong sayang

Yang.. Yang.. Yang.. Yang..

Ayo digoyang

Repeat Chorus 2x

Repeat * & **

Repeat Chorus, **, & * Till End

Yang Penting Asik Official Music Video:

 

Song Score (3/5) | Music Video Score (4/5)

©writtenbyrioaditom311012

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s