Author’s Pick: 25 Best Music Video of 2012 Part 1 (25-11)


Header

Seperti biasa memasuki penghujung tahun selain mengadakan ajang anugerah #RPMA (Readers’ Pick Music Awards) sebagai apresiasi untuk musisi paling bersinar sepanjang tahun, Blog #WrittenByRioaditomo juga menghadirkan daftar terbaik dan terfavorit yang menjadi pilihan penulis alias #AuthorsPick. Kali ini saya berkesempatan untuk menuliskan daftar video klip yang terbaik sepanjang tahun 2012 ini. Syukurlah tahun ini saya cukup banyak menonton video klip dibanding tahun lalu sehingga materinya cukup banyak. Untuk membuat daftar ini saja saya mengumpulkan 50 buah video klip terbaik dari dalam dan luar negri dari berbagai Genre yang akhirnya harus rela dipangkas hingga terpilih 25 video klip terbaik dari yang terbaik menurut versi saya. Well, like it or not this is my first Best Music Video list of 2012 from 25 – 11.

25
Stupid Hoe –  Nicki Minaj
Director: Hype Williams
Release date: 20 January 2012 | Total views: 66 millions views (Dec 2012)

25. Nicki Minaj - Stupid Hoe

Why is this so good: Nicki Minaj dengan percaya diri menegaskan Image-nya yang unik dan nakal lengkap dengan warna – warni yang Shocking yang jarang digunakan dalam video Hip-Hop selain pada era kejayaan Eve (Tambourine, everyone?) tapi tidak kehilangan identitas Hip-Hop yang Blink-Blink. Yang paling menggemaskan sudah pasti Face Act dan gestur Nicki Minaj yang Well ganggu tapi bikin nagih. Orang – orang juga dibebaskan menikmati video klip ini karena, pertama bias mencemooh Nicki Minaj sebagai bagian 7 keanehan dunia versi On The Spot atau kedua memang terpana dengan betapa Swaggie-nya Minaj dalam video ini.  Me personally choose the first option. LOL!

Favorite scene: Semua adegan yang melibatkan Nicki dalam sangkar.

WATCH HERE: Nicki Minaj Vevo

24
Blue – BigBang
Release date: 21 February 2012 | Total views: 31 millions views (Dec 2012)

24. BigBang - Blue

Why is this so good: Video klip ini yang pertama kali memperkenalkan dan membuat saya suka dengan BigBang. Sutradaranya begitu cerdas menghadirkan video ini dalam filter Bluish untuk adegan masa kini dan Greyscale pada bagian Flashback yang menegaskan Mood yang ingin disampaikan video klip dan lagunya serta mengalirkan Storyline kepada imajinasi penonton dengan baik. Sinematografi pun dibuat apik dengan mengambil Shot lanskap Downtown Manhattan dan Amusement Park dengan Angle terbaik. Semua dikemas dengan baik dan dilengkapi Fashion Statements dan kharisma para personil BigBang yang Bold, Hip, dan Edgy.

Favorit scene: Adegan para pesonil BigBang dalam format Wide Shot diatas gedung apartemen.

WATCH HERE: BigBang Official Channel

23
We Are Never Ever Getting Back Together – Taylor Swift
Director: Declan Whitebloom
Release date: 31 August 2012 | Total views: 94 millions views (Dec 2012)

23.  Taylor Swift - We Are Never Ever Getting Back Together

Why is this so good: Fun! Itulah kesan yang saya dapat dari video klip ini. Isi lagunya dengan sangat jelas diterjemahkan dalam bentuk visual dengan sangat baik oleh sang sutradara Declan Whitebloom. Memakai teknik Continuous Shot alias One Take Shot membuat video klip ini sebenarnya cukup sulit untuk dibuat tetapi Declan dan timnya mampu melakukannya dengan Camera Movement yang tetap halus dan tata sinematografi yang apik. Nilai plus diberikan kepada tim Wardrobe dan Make-up Taylor Swift dalam video klip ini karena dapat menggarap penampilan Taylor yang berubah dalam hitungan super cepat.

Favorite scene: Adegan Party Taylor bersama teman – teman dan Band-nya di bagian akhir video. FUN!

WATCH HERE: Taylor Swift Vevo

22
That XX – G-Dragon
Release date: 31 August 2012 | Total views: 14 millions views (Dec 2012)

22. G-Dragon - That XX

Why is this so good: G-Dragon sang Leader dari BigBang ini memang selalu terlihat Stylist tak terkecuali dalam video klip yang pada dasarnya bukan seperti One of a Kind atau Crayon yang menonjolkan gaya dan betapa kerennya sang G to the D. Video klip That XX memiliki cerita yang sesuai dengan lagunya dan nilai plusnya adalah akting GD yang meyakinkan sebagai dirinya yang ada di posisi seorang Good Boy yang mengharapkan cinta Jennie Kim (model wanita dalam video ini) yang justru cinta mati kepada The Bad Boy yang juga diperankan dengan baik oleh GD. Jennie Kim dan G-Dragon sama – sama memberikan Chemistry dan kemampuan akting yang baik disini. Dua karakter yang berbeda, obsesif dan Bad Boy, dengan penampilan fisik yang berbeda dilakoni GD dengan mantap dan Jennie memberikan performa terbaik dengan ekspresi – ekspresi yang pas disetiap emosi yang perlu ditunjukkan olehnya.

Favorite scene: Adegan GD mengelus rambut Jennie kemudian Jump Shot ke adegan GD mengelus rambut gadis lain dan Jennie menangis pada Part Rap GD di lagu ini.

WATCH HERE: BigBang Official Channel

21
Mon Meilleur Amour – Anggun
Director:
Roy Raz
Released date: 2 December 2011| Total views: 309K views (Dec 2012)

21. Anggun - Mor Meilleur Amour

Why is this so good: Video klip ini adalah versi perancis dari lagu Only Love yang disutradarai Roy Raz dan bersetting di Romania. Sungguh pencapaian luar biasa untuk musisi kelahiran Indonesia ini karena video klip ini tentu saja tidak dibuat dalam Budget yang rendah seperti Only Love dan Hanyalah Cinta. Video klip ini dibuat dengan tingkat artistik yang tinggi, dari tata artistik, sinematografi, dan alur cerita yang tidak mudah diintepretasikan untuk ukuran video klip.  Good Job!

Favorite scene: Anggun bernyanyi ditengah pepohonan dengan daun – daun berjatuhan. Sangat indah.

WATCH HERE: AnggunTV

20
Gak Kayak Mantanmu – Ello
Release date: 3 May 2012 | Total views: 135K views (Dec 2012)

20. Ello - Gak Kayak Mantanmu

Why is this so good: Ide ceritanya lagu ini memang sederhana bayangkan jika tidak ditangani dan dieksekusi oleh tim yang kreatif sudah pasti lagu ini akan mendapatkan sajian video klip yang membosankan tetapi untunglah Ello dan timnya bekerja keras menghasilkan video klip dengan konsep yang unik. Konseptornya sudah pasti kreatif tetapi yang paling harus diberik kredit yang plus adalah tim kreatif dan Art Director yang mampu merealisasikan konsep video klip ini ke  lam nyata sehingga bisa dieksekusi oleh sang sutradara. Ya, membuat semua properti dari kardus dan terlihat bagus itu pasti tidak mudah dan membutuhkan waktu serta kesabaran ekstra. So, Bravo All The Team For Making This Unique Video Happen!

Favorite scene: Semua adegan Ello berinteraksi dengan properti – properti dari kardus.

WATCH HERE: Ello Vevo

19
Potently – SPICA
Release date: 9 January 2012 | Total views: 577K views (Dec 2012)

19. SPICA - Potently

Why is this so good: Bukan suatu hal yang baru jika Rookie Group memutuskan untuk tidak menampakan diri mereka saat debut karena Brown Eyed Girl pernah melakukan hal yang sama namun berbeda ketika SPICA muncul dengan Lee Hyori yang hadir di video klip lagu debut mereka, Potently. Kehadiran Lee Hyori yang terkenal seksi dan sebagai salah satu wanita tercantik di Korea Selatan dalam video klip ini memang sungguh menjadi daya tarik tersendiri. Selain tentu saja kharisma seksi dan performa akting Lee Hyori yang maha dahsyat itu, Storyline-nya yang Simple tetapi dieksekusi dengan teknik alur penceritaan maju mundur membuat video klip ini jadi sedikit kompleks namun tetap nyaman ditonton. Editingnya dan sinematografinya pun rapi dan menyejukan mata.

Favorite scene: Lee Hyori terbangun dari tidur lalu duduk sejenak dengan ekspresi dan baju tidur yang hmmm…

WATCH HERE: Loen Ent Channel

18
Diamonds – Rihanna
Director: Anthony Mendler
Release date: 8 November 2012 | Total views: 73 millions views (Dec 2012)

18. Rihanna - Diamonds

Why is this so good: Anthony Mendler kembali bekerjasama dengan Rihanna setelah berhasil berkolaborasi menghasilkan video klip Man Down yang kontroversial itu. Secara visual Diamonds seolah – olah membangkitkan lagi kisah cinta nan suram Rihanna dan Chris Brown layaknya sekuel dari video klip We Found Love. Saya berintepretasi bahwa Rihanna disini melarikan diri dari realita kehidupan cintanya yang menyeramkan dengan menghisap ganja dan Being Fly Just To Escape From Time And From Her Trauma. Lagunya sendiri sebenarnya lagu cinta yang manis dan tidak Gloomy tetapi ketika disandingkan dengan perumpamaan kisah cinta Rihanna membuat Diamonds menjadi lagu yang suram apalagi divisualisasikan seperti ini oleh Anthony Mendler. Well, intepretasi bisa beda – beda tetapi yang jelas video klip ini memang disajikan dalam jalinan kisah yang suram.

Favorite scene: Semua Close Up Shot Rihanna dengan Background gelap dan hanya sedikit Backlight yang hanya mengandalkan gestur dan mimik Rihanna yang ekspresif.

WATCH HERE: Rihanna Vevo

17
HYFR (Hell Ya Fucking Right) – Drake Featuring Lil Wayne
Director: Director X
Release date: 26 April 2012 | Total views: 10 millions views (Dec 2012)

17. HYFR (Hell Ya Fucking Right) - Drake featuring  Lil Wayne

Why is this so good: Dalam video klip ini Drake merayakan kembali upacara Bar Mitzvah (Upacara keagamaan untuk agama yahudi bagi seorang anak laki – laki yang beranjak dewasa) dan semua menjadi berbeda karena adanya Lil Wayne dan rekan sesama Rapper lainnya. It’s A Wild Party In The Bar Mitzvah A la Drake & Wayne. Konsep yang tak lazim tetapi menjadi sebuah sajian visual yang unik.

Favorite scene: Adegan ketika Lil Wayne membawakan Rep Verse-nya dengan topeng panda. Creepy huh?

WATCH HERE: Drake Vevo

16
Gangnam Style – PSY
Release date: 15 July 2012 | Total views: 934 millions views (Dec 2012)

16. PSY - Gangnam Style

Why is this so good: Koreografi yang unik + Konsep yang ceria sesuai dengan segala umur + Image PSY yang lucu dan tidak seperti Idola K-Pop kebanyakan + Adegan lucu dengan warna – warna terang + Motto Dress Classy Dance Cheesy + Hyuna Sexy Moves = Most Viewed Video in Youtube History. Do We Need To Argue?

Favorite scene: Verse kedua ketika PSY ngerap sambil bergaya berbisik di Basement. Man You Look Silly & Ridiculous But We Love Ya! LOL!

WATCH HERE: Official PSY

15
Losing You – Solange
Director: Melina Matsoukas
Release date: 1 October 2012 | Total views: 2,9 millions views (Dec 2012)

15. Solange - Losing You

Why is this so good: Solange Knowles, adik dari sang Diva Beyonce Knowles ini hadir lagi dengan musik yang semakin matang dengan konsep video klip yang sederhana tetapi disajikan dalam suguhan visual yang amat menarik. Saya seperti diajak berpetualang ke perkampungan di Cape Town, Afrika Selatan dan menengok kultur orang – orang afro disana serta menikmati sajian lanskap pemandangan perkampungan yang  terlihat retro apalagi dilengkapi dengan sentuhan Filter Fading Color yang cenderung Bluish semakin sesuai dengan semangat musik yang diusung Solange.

Favorite scene: Adegan Solange bersama teman – temannya bergaya di kursi penonton di stadion terbuka dan adegan Solange menari di depan kios jahit dan seorang nenek duduk di belakangnya melihat dengan antusias sambil menggoyangkan badan.

WATCH HERE: Solange Music Channel

14
Red Lips – Sky Ferreira
Director: Terry Richardson
Release date: 12 June 2012 | Total views: Around 500K views (From 2 source) (Dec 2012)

14. Sky Ferreira - Red Lips

Why is this so good: Hot Chick With A Spider Crawl All Over Her Body. Yuck! Saya benci dan Phobia laba – laba bahkan saya harus menguatkan nyali saya menyelesaikan video klip ini. Well, memang Sky Ferreira saya acungi satu triliun jempol untuk keberaniannya bermain – main bersama Toby the Tarantula. Setiap gambar yang diambil Terry Richardson berhasil menjadikan video klip ini bukan hanya sajian Fashion biasa tetapi malah jadi Horror yang Creepy lengkap dengan si Toby menjalar setiap inci bagian tubuh Sky Ferreira dan adegan memakai lipstick hingga muka Ferreira merah juga cukup Disturbing. Sexy yet Scary!

Favorite scene: Adegan Sky Ferreira menghapus lipstik di wajahnya dan melumuri semua badannya sehingga seperti habis berperan sebagai Heroine di film Slasher yang Gory. Stylist!

WATCH HERE: Sky Ferreira Vevo

13
Yang Penting Asik – Dewi Sandra
Director: Joey Christian, IB Charisma & Heru Admadja
Release date: 29 September 2012 | Total views: Around 17K views (From 2 source) (Dec 2012)

13. Dewi Sandra - Yang Penting Asik

Why is this so good: Video klip ini menandai kembalinya Dewi Sandra yang Swaggie setelah dulu pernah tampil dalam Fashion Music Video terbaik di Indonesia, I Love You. Kali ini DS dan tiga orang sutradara video klip ini mencoba mengangkat kultur Indonesia sesuai dengan musik yang diusung oleh DS di lagu ini Dangdut House Koplo. Dari awal melihat video klip ini sampai akhir tentunya mata saya dimanjakan oleh Wardrobe luar biasa DS dan adegan – adegan ajaib bersama gerobak orkes melayu dan DS bernyanyi di dalam truk. Jika Solange mengajak saya melihat kultur orang – orang afro di Cape Town Afrika Selatan, Dewi Sandra mengembalikan saya ke pinggiran kota di Indonesia. Kontras memang wajah bule Dewi Sandra ditengah rakyat jelata yang Indonesia banget tetapi semua menyatu dengan harmonis. Salah satu video klip yang berhasil mencampurkan budaya barat dan nusantara dengan amat baik.

Favorite scene: Adegan Dewi Sandra menyanyi di gang bersama gerobak orkes melayu dan adegan yang menunjukan DS dengan Down To Earth berinteraksi dengan warga.

WATCH HERE: dsorSTOP

12
NaUl – Memory of the Wind
Release date: 19 September 2012| Total views: 1,9 millions views (Dec 2012)

12. NaUl - Memory of the Wind

Why is this so good: Mendengar lagu ini saja hati sudah dibawa galau kesana kemari apalagi setelah melihat video klipnya yang begitu menyentuh. Video klip ini memang dibuat dengan standar pembuatan film di Korea Selatan maka sepertinya tidak aneh jika melihat Memory of the Wind berhasil disajikan dalam sebuah tayangan visual yang luar biasa. Sinematografinya indah, akting model – modelnya pas sehingga menghidupkan jalan cerita dari Storyline yang begitu mengharu biru. Visual efek pun dibuat dengan cukup baik meskipun sepertinya memang disesuaikan dengan Budget. Overall video klipnya benar – benar membangkitkan suasana yang haru mendalam sejurus dengan lagunya yang juga mengusung tema yang sama.

Favorite scene: Adegan sang ayah berlari menggendong anaknya demi menghindari bahaya yang terus mengintai. Gunting kuping saya jika tidak sampai tersentuh ketika menonton adegan ini. Hahahaha.

WATCH HERE: Loen Ent Channel

11
Houdini – Foster the People
Release date: 26 April 2012 | Total views: 10 millions views (Dec 2012)

11. Foster The People - Houdini

Why is this so good: Video klip ini lucu dalam artian satir dan nyinyir. Ya, Foster the People memang memiliki konsep yang segar menyindir para produser yang melakukan apa saja demi kesuksesan secara materi menjadikan artis asuhannya menjadi mesin uang tanpa memikirkan sisi kemanusiaan. Mark Foster dan kawan – kawan juga sepertinya menyindir bintang – bintang pop saat ini lewat beberapa adegan di Stage. Well, mereka tetap berhasil menghadirkan sajian menghibur dengan segi teknis yang juga meyakinkan salah satunya dengan Visual Effect yang bagus. Tidak heran kan mereka masuk nominasi Grammy tahun ini karena video klipnya memang bagus.

Favorite scene: Adegan kru berpesta di Backstage setelah konser selesai dengan Frame terakhir gambar personil Foster the People yang terkulai tak bernyawa di kursi.

WATCH HERE: Foster the People Vevo

***

Bersambung ke Artikel Part 2
Author’s Pick: 25 Best Music Video of 2012 Part 2 (10 – 1)

3 thoughts on “Author’s Pick: 25 Best Music Video of 2012 Part 1 (25-11)

  1. ‘We are never ever getting back together’ adalah pilihan saya. Teknik long shot-nya ga nahaaaaan. Sumpah keren!

    Dan nicki minaj, i love that bitch! Ahahahaha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s