Author’s Pick: 25 Best Music Video of 2012 Part 2 (10-1)


25 Best Music Video of 2012 Part 2 (10-1)

10
Story of Peter – Sarasvati
Director: Nanda Febriansyah
Release Date: 1 March 2012 | Total Views: 90K

Why is this so good: Story of Peter bukanlah lagu baru, Single ini diambil dari kantung album pertama Sarasvati yang diberi judul yang sama pada tahun 2010 namun video klipnya baru dirilis pada Maret 2012 lalu. Bagi yang tahu latar belakang lagu ini dan mungkin sudah membaca buku Danur karya Risa Saraswati tentu sudah sangat paham akan kisah yang ditawarkan lagu ini dan syukurlah Nanda Febriansyah selaku sutradara mampu memvisualisasikan jalinan persahabatan ‘Absurd’ sang vokalis, Risa Saraswati, dengan Peter sehingga kisahnya semakin kuat terjalin. Tak hanya kisahnya yang mengalir dengan baik, Story of Peter secara visual juga mampu mentransfer kengerian dari lagunya lewat lokasi pengambilan gambar, tampilan dan Tone Vintage yang ditawarkan Plus Gimmick di Ending yang cukup membuat Sport Jantung. Tak lupa Chemistry Risa Saraswati dan anak yang berperan sebagai Peter juga menjadi nilai lebih apalagi sang anak benar – benar seperti lukisan karakter Peter yang diceritakan Risa selama ini.

Favorite scene: Ending scene (No Spoiler)😀

09
Sewindu – Tulus
Director: Leftfield Leisure
Release Date: 11 January 2012 | Total Views: 181K

Why is this so good: Penampilan video klip ini sungguh artistik dari segi sinematografi coba tengok sudut – sudut pengambilan gambar dalam tiap Frame-nya yang begitu indah. Dua jempol untuk tim Director of Photography (D.O.P.) yang begitu cerdas mengabadikan gambar – gambar cantik tak hanya lanskap pemandangan tapi juga Angle – Angle penyanyi dan modelnya. Berbicara soal modelnya mungkin Sewindu tak akan sespektakuler ini hasilnya jika bukan Shareefa Daanish yang berada disana dengan rambut Half-Shaved-nya sambil mempertontonkan aktingnya yang begitu menawan sekaligus memancarkan kharismanya yang begitu kuat. Coba bayangkan jika yang melakukan adegan – adegan unik dalam klip ini bukan Shareefa Daanish pasti akan terasa sangat berbeda. Bravo Tulus dan sang Sutradara yang tepat memilih Daanish sebagai model video klip ini sehingga semakin terlihat sempurna.

Favorite scene: Semua adegan yang melibatkan Shareefa Daanish.

08
Try – Pink
Director: Floria Sigismondi
Release Date: 10 October 2012 | Total Views: 35 millions views

Why is this so good: Rasanya tak perlu sanksi atas kemampuan Pink dalam urusan tarian akrobatik karena Ia sering melakukannya dengan amat sangat sempurna dalam beberapa kesempatan di atas panggung. Tak berpuas dalam menyajikan tontonan Live yang berkelas, Pink akhirnya memutuskan untuk memakai konsep akrobatik dalam video klip Try yang diambil dari album terbarunya, The Truth About Love. Pink menggandeng sutradara yang begitu mumpuni, Floria Sigismondi, untuk mengabadikan tiap koreografi tarian yang diperagakan Pink dan modelnya. Tiap gerakan tari yang didemonstrasikan Pink dan pasangannya disini benar – benar penuh emosi dan sarat cerita. Dengan cerdas tiap gerakan mendeskripsikan pesan – pesan yang tadinya tersurat dalam lirik lagu Try menjadi sajian visual yang menarik. Ya, video klip ini memang bertumpu pada kesuksesan akting dan kelenturan serta kelincahan gerakan Pink dan sang penari pria yang begitu erat Chemistry-nya.

Favorite scene: Semua adegan dalam video klip ini tak ada satupun yang patut dilewatkan.

07
Genesis – Grimes
Director: Claire Boucher
Release Date: 22 August 2012 | Total Views: 5 millions views

Why is this so good: Kompleks tetapi nyaman untuk dinikmati itulah kalimat yang tepat mendeskripsikan Grimes dan karya audio dan visualnya termasuk untuk lagu Genesis yang luar biasa ini. Video klipnya seperti menggambarkan anak – anak muda pemberontak Fashion System yang lebih cenderung menyukai cara berekspresi yang sesuai dengan gejolak pribadi. Mungkin beberapa Fashion Statements disini mengingatkan pada Lady Gaga tetapi Grimes punya cita rasa sendiri yang lebih Dope ketimbang Robotic-Gaga dalam You And I. Tetapi yang paling saya nikmati disini adalah klip Genesis seperti arak – arakan Cosplay penggemar Anime, Kill Bill, Sucker Punch, Lady Gaga, kegilaan masa muda, Vintage Rock & Rebellion Style. Having Fun dalam A la remaja Hipster. Hebatnya lagi video klip unik ini disutradarai oleh Grimes sendiri alias Claire Boucher.

Favorite scene: Grimes alaias Claire Boucher bermain – main dengan ular kuning dalam mobil. Cantik, lugu, tapi seram.

06
Bloom – GaIn
Release Date: 04 Oct 2012 | Total Views: 4 millions views

Why is this so good: Setelah tampil seksi dalam balutan irama latin yang eksotis, Ga-In, salah satu pentolan Girlband terbaik Korea Brown Eyed Girls (BEG), hadir lagi dalam Image yang lebih seksi dan berani. Ga-In seperti bertransformasi sebagai Madonna atau Marylin Monroe-nya K-POP dengan mengadaptasi rambut Blonde dan gestur seksi yang luar biasa. Video klip ini memang sangat seksi dan cukup berani mempertontonkan adegan – adegan seks meskipun tidak sampai frontal sekali. Dibalik kontroversi video klip ini dalam lingkup norma – norma ketimuran, Bloom tetap saja relevan dengan konsep dan kisah yang diceritakan dalam lagunya yakni perasaan yang dialami (Mostly wanita) setelah merasakan pengalaman seks yang pertama kali. Coba ingat adegan Kristen Stewart sebagai Bella di film Breaking Dawn Part 1 yang membayangkan pengalaman pertamanya bercinta dengan Edward Cullen sambil meraba – raba bagian tubuhnya, persis seperti yang ingin disampaikan Ga-In dalam video klip ini. Yang patut diacungi jempol selain tentunya segala mimik dan ekspresi seksi penuh gairah dari Ga-In dalam klip ini adalah koreografi yang apik ditambah dengan Visual Effects yang mendukung terciptanya Wonderland A la Ga-In yang begitu indah penuh bunga berwarna – warni sekaligus liar dan erotis.

Favorite scene: Adegan Ga-In meraba dirinya sendiri di dapur. 18++ Hahahaha.. Seksiiiii…

05
Bad Girls – M.I.A.
Director: Romain Garvas
Release Date: 5 February 2012 | Total Views: 10 millions views

Why is this so good: M.I.A. membayar kekecewaan saya terhadap video klip X.X.X.O. yang terlihat seperti efek Myspace & Friendster jaman ‘baheula’ alias lawas lewat video klip Bad Girls yang luar biasa Swaggie ini. Jika Solange mempertontonkan anak – anak gaul Cape Town, Dewi Sandra dengan gaya Koplo Dangdut yang Indonesia banget, Grimes bersama kawan – kawannya yang Hipster dan aneh, maka M.I.A. tampil dengan Female Hustlers-nya yang begitu keren dari padang pasir di Arab sana. Video klip ini memang menuai banyak kontroversi apalagi menyoal para wanita berkerudung yang menyetir mobil dan memegang senapan tetapi diluar itu semua tentu saja M.I.A. dan sang sutradara Romain Garvas hanya ingin menghidupkan lirik lagu Bad Girls dalam bentuk visual yang menunjukkan bahwa di timur tengah juga ada kumpulan Gangsters yang keren dengan mobil – mobil mewah dan aksi yang ekstrim meskipun hanya fiksi belaka. Nikmati saja Unusual Shots yang unik dari video klip ini dan rasakan energi Bad Girls yang dilantunkan M.I.A. menjadi sebuah sajian yang menghibur sekaligus keren.

Favorite scene: Adegan M.I.A. mengikir kuku di atas mobil yang sedang melakukan aksi ekstrim hampir dalam kemiringan 90 derajat. Swaggie.

04
Secret Fear – Daniel Bedingfield
Director: Daniel Bedingfield
Release Date: 20 October 2012 | Total Views: 207K views

Why is this so good: Daniel Bedingfield Is Back! Penyanyi yang satu ini sempat sangat dikenal lewat Single Gotta Get Thru This, If You’re Not The One, dan Nothing Hurts Like Love sekitar satu dekade lalu kemudian Hiatus cukup lama hingga akhirnya muncul kembali tahun 2012 ini. Kakak dari Natasha Bedingfield ini merilis sebuah EP (Mini Album) yang diedarkan secara gratis di Website-nya dengan Single unggulan Rocks Off dan Secret Fear. Kedua Single ini muncul dengan video klip yang unik dan keduanya menampilkan Daniel Bedingfield dalam keadaan telanjang. Secret Fear disutradarai oleh Daniel sendiri dengan mengetengahkan kisah cinta yang destruktif namun sekaligus adiktif. Daniel dan sang model, Teisha Wheaton, melakukan berbagai adegan dalam bak berisi air yang menggambarkan suasana cinta yang mereka gumuli. Porno? Tentu tidak meskipun keduanya bertelanjang bulat bukan berarti menggambarkan adegan seks secara frontal. Secret Fear ini secara cerita seperti kebalikan dari video klip Timothy Bloom Til The End Of Time yang memiliki konsep yang hampir mirip. Secret Fear tampil dengan sangat artistik termasuk dengan dukungan efek visual, Camera Work dan Editing yang baik. Video klip ini membuktikan bahwa Bedingfield masih memiliki tajinya di dunia musik tak hanya menggubah lagu namun juga memvisualisasikannya dalam bentuk video klip dengan amat baik.

Favorite scene: Adegan Daniel Bedingfield ditusuk oleh Teisha Wheaton dan air dalam bak berubah menjadi merah darah.

03
Sakura Nagashi – Utada Hikaru
Director: Naomi Kawase
Release Date: 16 November 2012 | Total Views: 1 millions views

Why is this so good: Utada Hikaru memang selalu berhasil membuat penggemarnya berdecak kagum tak hanya lewat musik yang dirilisnya juga lewat sajian visual yang menarik. Tak harus rumit, penuh dengan gimmick, hanya perlu sebuah konsep yang segar dan unik mampu membuat Utada Hikaru menjadi salah satu penyanyi dengan Videography yang patut dikoleksi. Utada kembali di dunia musik dengan sebuah lagu yang begitu luar biasa indah yang diambil dari OST-Evangelion: 3.0 You Can (Not) Redo. Sakura Nagashi memang megah dengan dentingan piano yang membalut vokal khas Utada dengan lirik yang sentimental dan Naomi Kawase dengan sangat baik hati menerjemahkan kemegahan lagu ini dalam sajian visual yang amat sangat cantik. Naomi Kawase benar – benar memperlihatkan kualitas dan kualifikasinya sebagai pemenang Grand Prix di Cannes International Film Festival dengan menggarap secara serius video klip Sakura Nagashi padahal konsepnya amat sangat sederhana tetapi mampu menghadirkan gambar – gambar yang indah dengan pergerakan kamera yang enak diikuti. Percayalah saat anda menonton video klip ini anda akan serasa tersihir masuk ke dalam sebuah labirin penuh pemandangan indah dan lantunan lagu yang menyayat hati.

Favorite scene: Adegan saat kamera bergerak menyambut cahaya matahari yang masuk lewat jendela. Sebuah pemandangan yang indah penuh makna.

02
No Church In The Wild – Jay Z & Kanye West Featuring Frank Ocean
Director: Romain Garvas
Release Date: 29 May 2012 | Total Views: 29 millions views

Why is this so good: Video klip ini bertolak belakang dengan Sakura Nagashi milik Utada Hikaru yang memberikan gambaran soal kelahiran, cinta, dan kebesaran Tuhan. No Church In The Wild benar – benar menyuguhkan sajian penuh kekerasan yang Chaotic selama lima menit tiga detik. Jika dalam Bad Girls Romain Garvas menunjukan Gangsters yang bermain – main di jalanan dan Having Fun, dalam video klip ini Ia mengarahkan segerombolan Gangsters dan polisi dalam peperangan yang sebenarnya yang sering kita dengar di daerah – daerah konflik. Dengan efek Slow-Mo Romain Garvas seakan – akan menambah dramatisasi kekerasan dan peperangan yang mau tidak mau tak bisa dipungkiri memang terjadi di dunia kita sehari – hari. Dengan cerdas Garvas pun tidak membuat Endingnya menjadi memihak pihak manapun sehingga membiarkan penonton menggagas sendiri akhir dari video klip ini. Beberapa Shot yang mengambil gambar patung – patung seakan menegaskan simbol – simbol yang pas soal Tuhan yang tak pernah mengharapkan kehancuran tetapi manusia terus bertikai mempermasalahkan hal yang duniawi. Lagu yang begitu luar biasa memang sudah sepantasnya dibarengi dengan sajian visual yang tak kalah megah. Good Job Romain Garvas, Jay Z, Kanye, & Mr. Ocean.

Favorite scene: Adegan pamungkas ketika seekor gajah besar mengamuk ditengah panasnya medan peperangan. EPIC!

01
Ride – Lana Del Rey
Director: Anthony Mendler
Release Date: 12 October 2012 | Total Views: 17 millions views

Why is this so good: Video klip bagi Lana Del Rey sepertinya bukan hanya sekedar pelengkap, syarat untuk promosi, atau ajang pamer belaka. Gadis bernama asli Elizabeth Grant ini selalu hadir dengan video klip yang unik, bercerita dengan caranya sendiri, dan tentunya selalu menarik dari berbagai segi. Kolaborasi Anthony Mendler dan Lana Del Rey melahirkan sebuah Masterpiece yang megah dengan tata sinematografi yang cantik serta premis yang menyentuh menjadikannya sebagai sajian harmoni visual yang begitu memanjakan. Kisah yang begitu sedih berhasil dimainkan oleh Lana Del Rey yang kini mampu berakting semakin baik dan baik lagi. Video klip berdurasi 10 menit 8 detik ini benar – benar membuat saya tercengang, sajian adegan – adegan Lana Del Rey yang Flaw-Free apalagi ketika Ia memeluk bendera Amerika Serikat benar – benar terlihat seksi belum lagi gambaran visual di awalnya yang memperlihatkan Del Rey berayun – ayun ditengah perbukitan sungguh cantik luar biasa. Sungguh siapapun Director of Photography-nya saya begitu bangga dengan hasil kerjanya menangkap lanskap yang indah dan Angle – Angle yang tak kalah memesona. Anthony Mendler berhasil menguatkan pesan yang tersurat dalam lirik lagunya dengan memberikan momen – momen tak terlupakan dalam video klip berupa sajian Frame by Frame yang memikat.

Favorite scene: Semua adegan yang dengan baik memvisualisasikan pesan lagu ini: Live Fast, Die Young, Be Wild, & Have Fun.

***

25 Best Music Video of 2012 Part 1 (25-11)

6 thoughts on “Author’s Pick: 25 Best Music Video of 2012 Part 2 (10-1)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s