Movie Review: The Impossible (2012)


The-Impossible
The Impossible | Antonio Juan Bayona | Naomi Watts, Ewan McGregor, Tom Holland, Samuel Joslin, & Oaklee Pendergast | Apaches Entertainment & Telecinco Cinema | Summit Entertainment

“…No… No… Stay With Us, I Can’t… Look… I’ve Never Looked After Someone Before… I’m Scared…”
Thomas, Samuel Joslin-

Tak ada yang mampu memperkirakan kapan bencana akan datang sehingga tak mungkin ada satupun orang yang bisa menghindarinya termasuk keluarga besar Maria dan Enrique Belón yang tak pernah mengetahui bahwa mereka akan terjebak dalam riak air maha dahsyat yang disebabkan oleh Tsunami pada 26 Desember 2004 silam. Setiap bencana selalu menyisakan kisah yang penuh hikmah dan hal itulah yang membuat Maria Belón mau berbagi kisah hidupnya yang luar biasa untuk bertahan di tengah musibah besar yang menimpanya. Dari cerita yang menginspirasi sekaligus menakjubkan itulah akhirnya pihak Apaches Entertainment dan Telecinco Cinema memutuskan untuk mengangkatnya dalam sebuah film yang rilis September tahun lalu, The Impossible. Film tersebut digarap oleh tangan dingin sutradara Juan Antonio Bayona yang menggandeng Naomi Watts dan Ewan McGregor sebagai dua pemeran utama.

Kisah film ini benar – benar dikemas dengan Real berdasarkan pengalaman hidup Maria Belón bersama sang suami Enrique dan ketiga anaknya Lucas, Tomas, dan Simon yang selamat dari bencana alam Tsunami di Thailand delapan tahun lalu namun dibuat dalam versi yang lebih dramatis dengan sedikit perombakan pada tokoh – tokoh utamanya. Maria Bennett (Naomi Watts) datang ke sebuah resor di Thailand dalam rangka liburan Natal dengan harapan dapat menikmati Natal dalam suasana Tropis dan menyenangkan. Naas nasib Maria dan segelintir wisatawan lainnya karena pada 26 Desember siang gelombang Tsunami berhasil memporak – porandakan sebagian besar daerah yang berada dalam lingkup samudera Hindia termasuk Thailand. Maria harus rela terpisah dari Henry Bennett (Ewan McGregor) dan ketiga anaknya Lucas (Tom Holland), Thomas (Samuel Joslin), dan Simon (Oaklee Pendergast).

The Impossible_1

The Impossible_2

Sutradara, Juan Antonia Bayona, telah begitu berhasil menggiring film The Impossible ini dalam alur yang dinamis dari awal hingga klimaks tanpa keteteran sedikitpun. Mood yang saya rasakan begitu tertata rapi dari mulai pengenalan tokoh, adegan – adegan yang menyeramkan, mendebarkan, mengharukan, hingga adegan puncak yang melodramatis. Sang sutradara memberi banyak ruang untuk penonton menyerap kisah dan berempati dalam waktu yang bersamaan. Dengan cerdas Bayona mengambil resiko untuk meminimalisir penggunaan Visual Effect dengan cara merekam adegan Tsunami dalam sebuah studio yang tentunya melibatkan air sungguhan. Naskah film ini ditulis oleh Sergio G. Sánchez yang dibantu langsung oleh Maria Belón sehingga mampu menghasilkan jalinan kisah yang benar – benar nyata dan intens meskipun di bagian akhir ceritanya dibuat seperti sinetron Tersanjung karena untuk kepentingan dramatisasi. Departemen sinematografi dan Editing juga menunjukan performa yang baik. Angle Bird’s Eye View dan komposisi gambar paska bencana disajikan dengan amat bagus memberikan emosi yang meluap bagi saya. Penata rias The Impossible pun bekerja dengan baik dengan memberikan efek Make-Up yang meyakinkan lengkap dengan segala luka dan darah yang sangat diperhatikan kontinuitasnya.

Berbicara masalah akting The Impossible ini didukung oleh deretan bintang utama dan pendukung yang mampu berakting dengan maksimal. Semua pemain bermain sesuai porsinya dan mampu memberikan momen – momen terbaik kepada karakternya. Naomi Watts dipilih langsung oleh Maria Belón karena beliau begitu menggemari akting Watts dan hasilnya memang tak mengecewakan. Berbekal observasi dan pendalaman karakter yang gigih dibantu oleh Maria Belón, Naomi Watts mampu berakting dengan sangat luar biasa. Bukan hanya berakting, Watts rela menyiksa fisiknya saat berjibaku dengan serangan air buatan selama syuting. Setiap adegan yang melibatkan Naomi Watts benar – benar menunjukan bahwa aktris cantik tersebut memberikan dedikasi sekaligus menjiwai peran Maria Bennett maka dari itu tak heran Watts diganjar nominasi aktris terbaik untuk Academy Awards dan Golden Globe Awards. Sejurus dengan Watts, Ewan McGregor pun memberikan performa akting yang patut diacungi jempol dapat dilihat pada satu adegan yang sangat menguras emosi. Bintang muda, Tom Holland, pun tak luput memberi kontribusi akting yang mumpuni, Ia begitu fasih mengolah mimik serta emosi yang ada pada tokoh Lucas. Holland bahkan memberikan Chemistry yang begitu erat saat beradegan bersama Naomi Watts. Samuel Joslin begitu mencuri perhatian dengan aktingnya yang lugu, interaksinya dengan Ewan McGregor begitu hidup dan menyentuh sama seperti saat Ia satu Frame dengan Oaklee Pendergast yang berperan sebagai adiknya.

The Impossible_3

The Impossible_4

Menyaksikan The Impossible adalah sebuah pengalaman yang berharga dimana saya dapat mengambil banyak pesan moral dari film ini sekaligus terinspirasi dari kisah nyata dan karakter tokoh yang ada di dalamnya. Tersenyum, merinding, menangis, tersentuh, jantung berdebar, menahan nafas, hingga akhirnya lega adalah emosi yang begitu lengkap yang saya rasakan dari suguhan film The Impossible selama 113 menit. Selain kisahnya yang mengalir dengan baik The Impossible juga menawarkan performa akting yang solid dan berkualitas maksimal yang mengindikasikan bahwa Juan Antonio Bayona berhasil mengarahkan Ensemble Cast-nya dengan amat sangat baik. Film ini sangat cocok dinikmati bersama keluarga karena saya yakin kisah hidup Maria Belón mampu memberikan inspirasi kepada penonton sekaligus membuat penonton belajar banyak soal kemanusiaan dan hakikat keluarga yang seutuhnya.

The Impossible Official Trailer:

Movie Score (4/5)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s