Movie Review: Pengabdi Setan (2017)


Pengabdi Setan Red NC

Hari Kamis lalu (20/09/17) akhirnya kesampaian menyaksikan film yang paling ditunggu-tunggu tahun ini, Pengabdi Setan. Film arahan Joko Anwar ini merupakan Reboot dari film berjudul sama yang rilis pada tahun 1980. Saya adalah salah satu penggemar film aslinya yang dinobatkan Rolling Stone Indonesia sebagai Film Terseram. Oleh karena itu ekspektasi saya terhadap film versi terbarunya menjadi sangat tinggi ditambah Pengabdi Setan 1980 memiliki banyak adegan Iconic yang begitu ‘mengganggu’ dan membuat paranoid salah satunya adegan ketika belajar Shalat.

Beruntung, segala pengharapan tentang film versi terbarunya berhasil dipenuhi oleh sang nakhoda, Joko Anwar. Berbekal Passion dan kecintaannya yang begitu besar pada film aslinya membuat Joko Anwar berhasil mengeksekusi Pengabdi Setan menjadi sajian Horror yang tidak kalah ‘mengganggu’ dan membuat merinding dari film aslinya. Malah Joko Anwar menambah Value Pengabdi Setan dengan skenario yang lebih detail dan penokohan yang lebih kuat. Semua kru bekerja dengan sangat baik dan berdedikasi pada Job Description masing-masing. Mulai dari sinematografi, musik, tata suara, artistik hingga departemen akting berhasil bekerjasama dengan amat baik demi menghasilkan karya yang luar biasa.

Sepanjang film penonton benar-benar dibuat terperanjat, memekik, berteriak dan ketakutan. Bukan cuma itu, ada momen lucu, dramatis dan manis yang sesekali diselipkan sehingga ada sedikit waktu bagi penonton untuk bernapas ditengah gempuran adegan-adegan seram yang tidak kalah Iconic dengan pendahulunya. Nilai nostalgia juga tetap dijaga dengan mereka adegan-adegan dari Pengabdi Setan tahun 1980. Banyak kata umpatan hingga bacaan doa yang saya teriakkan selama menonton Pengabdi Setan versi terbaru ini. Sungguh pengalaman yang begitu menyenangkan yang sudah lama tidak saya rasakan. Sepulang dari bioskop pun rasanya masih menempel beberapa adegan menyeramkan yang akan membuat malas ke kamar mandi sendirian atau berjalan di lorong rumah dengan keadaan gelap.

Pengabdi Setan 1980 dan Pengabdi Setan 2017, keduanya saya nobatkan menjadi dua film terseram yang pernah dibuat sepanjang sejarah perfilman Indonesia dan versi terbaru ini menjadi Film paling seram di era 2010-an serta yang paling bagus di tahun 2017. Pencinta film Horror seperti saya tentu akan sangat menikmati dan jatuh cinta pada film ini tapi saya yakin penonton awam pun akan merasa terhibur. Akhir kata, percayalah tanggal 28 September 2017 nanti amat sangat tidak rugi mengeluarkan uang 30-50 ribu rupiah untuk mengapresiasi film Pengabdi Setan ini!

Pengabdi Setan 2017: Sekeren itu! Sekampret itu! Se-EPIC itu! (5/5)

PhotoGrid_1506258938930

Advertisements

2 thoughts on “Movie Review: Pengabdi Setan (2017)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s